Skip to main content
Menu

5 Cara Agar Sekolah Diminati Oleh Murid Baru

5 Cara Agar Sekolah Diminati Oleh Murid Baru

Saat ini hampir semua sekolah berlomba-lomba melakukan berbagai cara agar sekolah diminati oleh murid baru saat pendaftaran siswa baru dibuka

Baca Juga

Saat ini hampir semua sekolah berlomba-lomba melakukan berbagai cara agar sekolah diminati oleh murid baru saat pendaftaran siswa baru dibuka. Namun diantara sekolahan tersebut, sepertinya ada yang biasa-biasa saja, meskipun sekolah itu adalah sekolah negeri yang diurus oleh pemerintah.

5 Cara Agar Sekolah Diminati Oleh Murid Baru

Sangat disayangkan itu jika sekolah negeri tidak diminati oleh calon murid baru atau yang mendaftar hanya sedikit. Sehingga dampaknya adalah ruang kelas menjadi banyak yang kosong.

Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus tiap tahun, akibatnya sekolah akan menjadi sepi dan lama-kelamaan akan membuat sekolah bangkrut, bangunan atau gedung terbengkalai, banyak tanamanliar atau semak-semak yang tumbuh, atap sekolah yang ambrol, mushola sekolah sudah tidak digunakan lagi, beberapa bangun sudah tidak difungsikan lagi, dan ujung-ujungnya sekolahan terlihat menyeramkan.

Bahkan saking sepinya murid dan tidak terurusnya sekolahan membuat beberapa siswa baru yang mendaftar di sekolah tersebut ada yang kesurupan. Kalau sudah ada kejadian seperti ini, reputasi sekolah akan semakin anjlok.

Cara Agar Sekolah Diminati Oleh Murid Baru

Menarik minat murid baru adalah tantangan yang jadi senjata rahasia setiap sekolah. Dalam dunia pendidikan yang makin kompetitif ini, sekolah harus punya strategi kreatif buat bikin calon siswa tertarik untuk memilih sekolah tersebut. Nah, berikut beberapa trik bikin sekolah jadi sekolah favorit dan diminati oleh siswa dan guru:

  1. Lingkungan Belajar yang Menyenangkan dan Inklusif

    Buat suasana yang nyaman, berdasarkan kebutuhan siswa namun tetap menjaga keutuhan sebagai siswa yang ada di sekolah, dan bikin mereka merasa aman berada di sekolah.

    Kegiatan ekstrakurikuler yang asyik, ajak siswa dalam program sosial, dan kegiatan kreatif lainnya yang bisa jadi nilai positif di sekolah.

  2. Kualitas Pengajar dan Fasilitas yang Baik

    Siswa dan orang tua pasti tertarik sama sekolah yang punya reputasi pengajar bagus dan fasilitas yang baik meskipun tidak terlalu lengkap namun kebutuhan siswa terpenuhi.

    Guru yang mahir, metode pengajaran inovatif, dan kurikulum yang lengkap bisa meningkatkan reputasi sekolah. Ditambah lagi dengan fasilitas fisik yang canggih seperti laboratorium ilmiah, perpustakaan modern, aula serba guna, dan fasilitas olahraga yang bisa nambahin minat calon siswa.

  3. Program Kepanitiaan untuk Calon Siswa

    Misalnya, mengadakan acara "kunjungan siswa" bisa jadi cara efektif untuk memperkenalkan sekolah ke calon siswa dan orang tua. Program seperti ini bisa ngebantu mereka melihat secara langsung aktivitas sekolah, ngobrol sama siswa dan guru, serta dapet info lebih mendalam tentang program pendidikan yang ditawarin.

  4. Membangun Reputasi yang Baik

    Reputasi sekolah sangat penting buat ngejamin minat murid baru. Membangun citra positif lewat pendidikan berkualitas, prestasi siswa, dan penghargaan yang diakui pasti bakal bikin calon siswa penasaran.

    Testimoni dari siswa dan orang tua yang punya pengalaman berkesan di sekolah juga bisa bantu bangun citra baik.

  5. Program Beasiswa dan Bantuan Keuangan

    Program ini bakal menarik calon siswa dari berbagai latar belakang ekonomi. Ini menunjukkan komitmen sekolah buat kasih pendidikan berkualitas tapi terjangkau buat semua siswa.

  6. Menerapkan Teknologi dalam Proses Belajar-Mengajar

    Memanfaatkan teknologi dalam proses belajar-mengajar juga menjadi inovasi pendidikan di sekolah tersebut. Dengan menggunakan perangkat teknologi modern dan platform pembelajaran online bisa meningkatkan interaksi siswa terhadap materi pelajaran dan kualitas pembelajaran.

  7. Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat

    Melibatkan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan sekolah adalah cara efektif buat bikin ikatan kuat antara sekolah dan komunitasnya. Orang tua bakal mendukung anaknya memilih sekolah ini. Kerjasama dengan masyarakat juga bakal menambah citra positif sekolah di mata calon siswa.

  8. Menggunakan Media Sosial dan Pemasaran Digital

    Udah tahu kan gimana vialnya sosial media jika dilibatkan dalam menyampaikan informnasi? Cara ini bantu sekolah merambah calon siswa yang lebih luas.

    Meskipun saat ini sistem penerimaan siswa baru menggunakan beberapa cara, setidaknya dengan menggunakan media sosial akan membuat Share info tentang kegiatan, prestasi siswa, dan program sekolah di platform online bisa menarik perhatian calon siswa dan orang tua.

Pokoknya, menarik minat murid baru ini butuh strategi jitu dan berkesinambungan. Dengan lingkungan belajar yang seru, pengajaran berkualitas, reputasi yang baik, melibatkan orang tua, masyarakat, dan manfaatin teknologi serta media sosial, sekolah pasti bakal minat buat belajar di sana. Yuk, kejar cita-citamu di sekolah idola!