Skip to main content
Menu

Manfaat Submersible Pump dan Kerugian

Manfaat Submersible Pump dan Kerugian

Mungkin masih belum banyak yang tahu manfaat submersible pump ini,jenis pompa air yang sebenarnya sudah banyak digunakan namun pastinya ada yang belum

Baca Juga

Mungkin masih belum banyak yang tahu manfaat submersible pump ini, jenis pompa air yang sebenarnya sudah banyak digunakan namun pastinya ada yang belum tahu. Jika dilihat dari bentuknya, pompa ini hampir sama dengan pompa yang lainnya. Namun ada perbedaan yang benar-benar berbeda dari pompa biasanya.

Manfaat Submersible Pump dan Kerugian

Pompa air adalah peralatan yang digunakan untuk menyedot dan mengeluarkan cairan apa pun yang ada didalam tanah ataupun diluar permukaan tanah. Pompa memiliki begitu banyak jenis bentuk sesuai dengan fungsinya.

Beberapa jenis pompa air yang sering kita temui adalah pompa sumur. Sesuai dengan namanya, pompa ini digunakan dibagian sumur bor atau air dalam tanah. Namun jika dilihat dari fungsinya sebenarnya pompa itu ada yaitu digunakan untuk menyedot air dan memompa air.

Submersible Pump

Salah satu jenis pompa sumur yang populer dan banyak digunakan adalah pompa submersible. Tidak seperti pump lainnya, pompa ini digunakan dengan cara terendam di dalam air dan harus sesuai dengan prosedur penggunaan.

Apa itu Pompa Submersible?

Pompa ini merupakan salah satu pompa air dengan jenis pompa sentrifugal. Tidak seperti pompa lainnya, pompa ini tidak menyedot air seperti yang Anda pikirkan, cara kerja pompa submersible ini adalah mendorong air.

Prinsip Kerja Pompa Submersible

Dengan memiliki motor tertutup rapat yang terhubung ke badan pompa yang membantu mendorong cairan ke permukaan. Pelat impeler yang digunakan pada pompa ini memiliki tipe melengkung ke belakang, yang membantu mendorong air dengan kekuatan yang besar.

Motor didalamnya mengubah gerakan berputar menjadi energi kinetik, dan bilah diffuser selanjutnya mengubah energi kinetik ini menjadi energi tekanan.

Jenis Pompa Submersible

Berikut ini adalah jenis-jenis pompa submersible yang tersedia di pasaran:

  1. Deep well pump
  2. Bottom suction pump
  3. Stainless steel pump
  4. Oil filled pump
  5. Submersible utility pump
  6. Water cooler pump
  7. Mixed and axial flow pump

Komponen Utama Pompa Submersible

Berikut ini adalah komponen utama dari pompa submersible:

  1. Clamps
  2. Check valve
  3. Submersible pump
  4. Pressure switch
  5. Torque arrester
  6. Tank tees
  7. Drain valves
  8. Relief valves
  9. Impeller
  10. Safety rope
  11. Pump cable
  12. Sediment filter
  13. Inlet and outlet valve

Keuntungan Pompa Submersible

Berikut ini adalah keuntungan utama dari pompa submersible:

  • Masalah utama dalam pompa sentrifugal adalah kavitasi, yang terjadi karena tekanan rendah di kepala hisap. Namun, karena pompa ini mendorong air , pompa ini mengurangi kemungkinan terjadinya head negatif dalam skala besar. Hal ini pada akhirnya mengurangi masalah kavitasi ke tingkat yang sangat besar.
  • Memiliki efisiensi tinggi dari semua pompa sentrifugal.
  • Pompa ini tidak memerlukan cat dasar.
  • Karena tekanan air meningkat secara alami karena desainnya, tidak perlu tambahan tenaga listrik untuk meningkatkan efisiensi.

Kekurangan Pompa Submersible

Berikut ini adalah kerugian dari pompa submersible:

  • Pemeliharaannya rumit dan biayanya lebih tinggi daripada pompa sentrifugal lainnya.
  • Pompa air submersible tertutup rapat, yang berkarat seiring waktu. Sebab, air bisa masuk ke motor dan merusak bagian-bagiannya.
  • Pompa dapat rusak jika tidak terendam dengan benar di dalam air.
  • Memang benar bahwa air didorong melalui pompa ini, tetapi juga benar bahwa air akan dibutuhkan untuk pengoperasiannya. Jika air tidak cukup, dapat menyebabkan pompa menjadi terlalu panas.
  • Karena pompa ada di dalam air, kegagalannya sulit dideteksi.

Pompa submersible memiliki berbagai peringkat untuk kapasitas, kecepatan pemompaan, dan penggunaan energi. Beberapa di antaranya dapat digunakan secara bergantian untuk berbagai aplikasi saat memompa air.

Cairan yang lebih kental dan aplikasi pemompaan pada kedalaman yang lebih besar memerlukan pompa yang lebih kuat yang dirancang agar dapat berfungsi dengan baik.

Air dengan kandungan padat yang tinggi seperti cairan korosif dan abrasif menimbulkan masalah tertentu, seperti halnya cairan yang mengandung bahan padat yang dapat merusak pompa.

Setiap aplikasi menimbulkan tantangan tersendiri. Untuk memastikan Anda memiliki pompa yang tepat untuk aplikasi Anda, hubungi produsen pompa submersible terkemuka untuk mendiskusikan kebutuhan Anda atau baca artikel: Harga Submersible Pump untuk penyedia produsen terpercaya.