Skip to main content
Menu

Mengatasi Form Kontak (Contact Form) Blogger yang Tidak Bisa Kirim Pesan

Mengatasi Form Kontak (Contact Form) Blogger yang Tidak Bisa Kirim Pesan

Untuk saat ini memasang form konta atau contact form Blogger masih mengalami error alias tidak bisa mengirimkan pesan melalui widget formulir kontak

Baca Juga

Bagaimana sih cara mengatasi form kontak atau contact form blogger yang tidak bisa kirim pesan? Pertanyaan ini sudah lama ada pikiran saya sejak kontak form blog ini tidak bisa kirim pesan.

Mengatasi Form Kontak (Contact Form) Blogger yang Tidak Bisa Kirim Pesan

Awalnya sih saya abaikan saja, ternyata karena banyak yang menghubungi saya melalui formulir kontak blogger ini, akhirnya saya mencari info dan caranya. Ternyata info yang saya dapatkan kenapa form kontak blogger tidak bisa kirim pesan dikarenakan aturan default dari Blogger itu sendiri.

Memang error ini tidak terjadi pada semua blog, untuk blog-blog yang masih menggunakan javascript blogger atau masih menyertakan kode default untuk blogger, pasti masih bisa menggunakan kontak form ini dengan baik.

Kecuali jika blog Anda sudah menggunakan template custom alias bukan template bawaan Blogger. Misalkan templat blog Digital Poin, sudah tidak bisa menggunakan widget formulir kontak yang disediakan oleh Blogger.

Untuk memasang widget formulir kontak kedalam blog sebenarnya masih bisa dan bisa tampil dengan baik, namun ketika digunakan untuk mengirimkan pesan, maka tombol kirim tidak akan berfungsi.

Jika tomobl kirim sudah tidak berfungsi, maka pesan tidak akan terkirim. Nah untuk mengembalikan fungsi pada tombol kirim inilah yang perlu dilakukan agar bisa digunakan untuk blog-blog yang menggunakan template custom.

Apakah semua template custom tidak bisa menggunakan form kontak ini? Tidak juga, seperti yang saya sebutkan diatas, selama didalam kode template blog tersebut masih menyertakan JS Blogger atau javascrip blogger, maka contact form dapat berfungsi dengan baik.

Masalah utamanya adalah jika blog Anda menggunakan template custom atau tidak meneyertakan kode JS Blogger didalamnya, maka form contact ini tidak akan berfungsi.

Contohnya adalah blog ini, blog ini sudah tidak menggunakan widget formulir kontak blogger tapi menggunakan layanan pihak ketiga yang menyediakan form gratis yang bisa digunakan untuk mengirim pesan melalui blog dan langsung masuk kedalam email.

Mengatasi Form Kontak Blogger yang Tidak Bisa Kirim Pesan

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, ada 3 pilihan yang bisa digunakan salah satunya untuk mengatasi form kontak yang tidak bisa kirim pesan yaitu:

1. Menggunakan Template Bawaan Blogger

Dengan menggunakan template bawaan blogger maka semua fitur yang disediakan oleh blogger akan berfungsi dengan baik. Termasuk widget formulir kontak, pasti bisa mengirim pesan menggunakan form tersebut.

Karena masalah utama kontak form blogger tidak bisa kirim pesan adalah tidak ada javascript blogger yang digunakan pada blog tersebut. Bukan sebuah solusi jika blog Anda harus mengembalikan tampilan blog dengan menggunakan template yang disediakan oleh Blogger.

Kenapa, karena semua tampilan blog Anda akan berubah total jika harus terpaksa menggunakan template default atau menambahkan kode JS Blogger kedalam kode template blag Anda.

2. Menggunakan Blog Dalam Satu Akun

Ini solusi terbaik yang bisa digunakan untuk mengatasi form kontak yang error atau bermasalah. Khususnya untuk Anda yang menggunakan template custom dan tidak mau mengganti kode template blognya.

Jika Anda masih sebagai pengguna Blogger atau Blogspot, inilah keuntungan buat Anda. Dalam satu akun blogger, Anda bisa membuat banyak blog.

Nah dengan adanya fitur ini, Anda bisa memanfaatkan blognya yang lainnya untuk mengaktifkan widget formulir kontak blogger.

Caranya seperti ini:

  1. Buat blog baru dalam satu dashboard
  2. Gunakan judul blog dengan nama : Kontak Kami atau yang menjelaskan untuk menghubungi Anda melalui kontak form. Misalkan dengan nama blog kirimemail.blogspot.com, hubungikami.blogspot.com, formcontact.blogspot.com, contatus.blogspot.com dan yang lainnya. Setidaknya nama blog yang digunakan masih tersedia.
  3. Pilih dan gunakan template bawaan Blogger. Salah satunya adalah Template Essential dan langsung aktifkan.
  4. Buka menu Tata Letak dan non-aktifkan semua widget yang ada didalamnya.
  5. Tambahkan widget Formulir Kontak Blogger dan pindahkan dengan cara drag tepat diatas kolom Postingan Blog atau diatas kolom Entri yang Diunggulkan.
  6. Simpan dengan cara mengklik icon Save dipojok kanan bawah.
  7. Dan lihat hasilnya dengan cara klik tombol dibawah ini:

    Form Contact

3. Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Form kontak yang ada di blog ini menggunakan pihak ketiga yaitu Jotform https://www.jotform.com/. Anda bisa membuat berbagai form dengan layanan ini. Salah satunya adalah membuat form untuk kontak blog Anda.

Anda bisa menggunakan layanan Jotform ini secara gratis dan tentunya dengan berbagai fitur yang sangat menarik. Bahkan bisa membuat form dengan menyisipkan file gambar atau yang lainnya. Contohnya bisa Anda buka di halaman contact blog ini, Contact.

Bagaimana cara membuat kontak form di Jotform? Caranya sangat mudah dan tentu perlu belajar karena dengan tampilan yang suerfriendly, Anda bisa membuat form dengan sangat mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Form Contact di Blogger Dengan Jotform

Jadi dengan menggunakan 3 cara diatas, Anda sudah tidak perlu ribet lagi dengan form kontak blogger yang tidak bisa kirim pesan. Selain menggunakan form, Anda juga bisa memasang teks link alamat email Anda. Contohnya seperti dibawah ini:

<a href = "mailto: abc@example.com">Send Email</a>
atau bisa juga dengan menggunakan kode html yang ini
<a href = "mailto:abc@example.com?subject = Feedback&body = Message">Send Feedback</a>
Selain cara-cara diatas, teman-teman bisa menggunakan berbagai cara untuk membuat contact form di blog kalian semua. Banyak kok layanan penedia form gratisan yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan email.