Saran Pencarian

Nutrisi Penting Untuk Diet

Nutrisi Penting Untuk Diet
Nutrisi Penting Untuk Diet - Jika kamu termasuk salah satu wanita yang memperhatikan penampilan, tentu kamu akan melakukan berbagai cara untuk men

Nutrisi Penting Untuk Diet - Jika kamu termasuk salah satu wanita yang memperhatikan penampilan, tentu kamu akan melakukan berbagai cara untuk menjaganya, termasuk ketika berat badan kamu mulai berlebih dari biasanya.

Nutrisi Penting Untuk Diet

Salah satu cara yang tentunya kamu lakukan adalah melakukan diet penurunan berat badan. Namun untuk melakukan diet juga tidak hanya sekedar menahan lapar, mengurangi porsi makan, atau hanya sekedar melakukan olahraga saja.

Diet bukan berarti harus menahan lapar atau membatasi asupan makanan yang biasa kamu konsumsi. Jika asupan makanan kamu dikurangi, misalnya kurang karbohidrat, maka secara tidak langsung tubuh akan mengambil energi cadangan yang ada didalam tubuh.

Jika keadaan ini terus-menerus terjadi makan lama-kelamaan tubuh akan kekurangan energi dan ujung-ujungnya lemas dan akhirnya sakit. Untuk itu, meski kebanyakan tips diet menganjurkan agar kamu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, sebenarnya cara tersebut tidak terlalu benar jika kamu tidak memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi

Nutrisi Penting Untuk Diet

Dalam melakukan diet sebenarnya tidak ada yang perlu kamu hindari untuk mengkonsumsi atau makan makanan tertentu. Jika itu kamu lakukan tentunya akan menjadi hal terburuk yang harus kamu hadapi.

Bagaimana jika kamu harus menghindari makanan kesukaan kamu? Dari pada harus memikirkan apa yang harus kamu makan saat melakukan diet, berikut ini ada beberapa nutrisi penting untuk kamu, siapa tahu dibawah ada makanan yang tetap menjadi favorit kamu dan tidak perlu kamu tinggalkan saat melakukan diet:

1. Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat tetap penting untuk dikonsumsi saat melakukan diet namun yang perlu kamu perhatikan adalah saat diet hindari makanan yang tinggi karbohidrat yang berasal dari makanan yang tinggi gula. Lebih baik ganti dengan sumber makanan karbohidrat yang berasal dari sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

2. Protein

Jangan menghilangkan makanan yang mengandung protein saat diet karena protein sendiri merupakan zat yang membantu menurunkan berat badan secara alami. Selain itu, makanan yang mengandung protein lebih mudah membuat kamu cepat kenyang namun lebih lama menunda rasa lapar.

Sumber makanan yang mengandung tinggi protein yaitu daging tanpa lemak, daging ayam ayam, telur, ikan, susu, dan kacang-kacangan.

3. Zat Besi

Zat besi adalah salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan oleh wanita. Zat besi berfungsi membantu sel darah merah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan masalah kesehatan seperti kekurangan darah atau anemia defisiensi besi.

Sumber zat gizi pada makanan terdapat pada daging merah, daging ayam, ikan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

4. Kalsium

Kalsium adalah mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Meski sedang melakukan diet, kebutuhan mineral harus tetap terpenuhi. Salah satu fungsi mineral adalah untuk menjaga kesehatan jantung, memperkuat otot, menjaga tekanan darah dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Sumber nutrisi makanan yang kaya akan kalsium adalah yogurt, susu, keju, bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan sebagainya.

5. Asam Folat
Saat melakukan diet tentu kamu akan merasa lemas karena ada porsi makanan yang biasanya kamu konsumsi harus kamu kurangi. Dalam keadaan seperti ini kamu akan mudah terserang penyakit.

Dan untuk menambah daya tahan tubuh atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makan kamu membutuhkan zat asam folat. Sumber asam folat bisa kamu dapatkan dari buah jeruk, buah berry, sayuran hijau, dan kacang-kacangan

Nah itulah beberapa sumber nutrisi penting yang tetap dibutuhkan saat melakukan diet, dari sumber nutrisi makanan diatas, tentu ada makanan kesukaan kamu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan makanan yang kamu sukai. Namun, pada artikel diatas kami memang tidak menyebutkan porsi yang harus dipenuhi saat mengkonsumsi sumber nutrisi diatas. Untuk porsi dari masing-masing makanan saat diet, akan kamu bahas pada artikel selanjunya.

Ambil Kesempatan Selagi Ada Peluang, Walau Peluang itu Tidak Membuatmu Sukses. Setidaknya Kamu Pernah Mendapatkan Kesempatan. ~ DigitalPoin

Posting Komentar