Skip to main content
Menu

Tips Memilih Sarapan Sereal yang Sehat

Tips Memilih Sarapan Sereal yang Sehat

Tips Memilih Sereal Sarapan yang Sehat - Sereal adalah makanan yang biasanya di makan diwaktu sarapan. Sereal memiliki berbagai jenis namun umumny

Baca Juga

Tips Memilih Sereal Sarapan yang Sehat - Sereal adalah makanan yang biasanya di makan diwaktu sarapan. Sereal memiliki berbagai jenis namun umumnya disajikan dalam bentuk bubur kasar dan disajikan dingin. Sereal ini umumnya berupa campuran susu, gandum, air atau yogurt yang bisa langsung di makan.

Sarapan sereal biasanya dilakukan hanya untuk mengganjal perut dan ini dilakukan karena beberapa hal, sarapan seperti ini yang dilakukan setiap hari memang lebih praktis dan cepat namun jika dilakukan setiap hari, juga kurang baik.

Meski praktis untuk dilakukan namun tetap tidak baik jika dilakukan setiap hari. Karena kandungan sereal tinggi akan gula dan kalori sehingga akan meningkatkan jumlah gula dalam darah yang bisa mengakibatkan terjadi kegemukan dan penyakit gula.

Selain itu, jika mengkonsumsi sereal setiap pagi juga akan membuat Anda mudah lapar karena sebanyak apapun porsi sereal yangdimakan tidak akan bertahan sampai makan siang tiba.

Oleh karenak itu, sarapan seperti ini hanya dilakukan jika dalam keadaan tertentu saja dan tidak boleh dilakukan setiap hari.

Tips Memilih Sarapan Sereal yang Sehat

Tips Memilih Sarapan Sereal yang Sehat

Dengan kandungan komposisi yang terdapat dalam sereal yang biasanya lebih tinggi gula, sebenarnya masih ada beberapa sereal yang memiliki kadar gula atau kalori yang lebih rendah.

Sehingga jenis sereal ini bisa tetap menyehatkan dan tidak membuat khawatir. Untuk memilih sarapan sereal yang baik untuk kesehatan, dibawah ini ada beberapa tips memilih sarapan sereal yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Baca label informasi nilai gizi di kemasan

Saat membeli salah satu sereal di supermarket, pastikan untuk melihat kemasan terlebih dulu yaitu baca informasi nilai gizi yang tercantum disana.

Melihat dan membaca nilai gizi pada kemasan sereal akan mengetahui jumlah kalori didalamnya. Sereal yang baik mengandung 200 kalori pes sajian.

Dengan jumlah kalori yang sesuai maka akan tetap membuat Anda sehat dan tidak berelebihan. Selain mengetahui jumlah kalori, membaca nilai gizi juga akan mengetahui komposisi nutrisi yang terkandung dalam sereal tersebut.

2. Pilih yang terbuat dari gandum utuh

Bahan-bahan sereal terdiri dari tepung beras, gandum dan campuran antara keduanya. Jika mengkonsumsi sereal, saran kami lebih baik memilih sereal yang berasal dari gandum utuh.

Karena, dengan memilih sereal yang berasal dari gandum, memiliki nilai nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan sereal campuran antara tepung terigu dan gandum.

Kenapa memilih sereal dari gandum? Karena gandum kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan.

Terutama mencegah resiko terjadinya diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung, membantu mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, sereal yang mengandung gandum utuh juga membantu perut kenyang lebih lama.

Namun, apapun yang terkandung dalam sereal, pastikan juga jumlah komposisi yang terkandung dalam sereal. Kita semua mengetahui kalau sereal itu rasanya manis dan rasa manis ini berasal dari jumlah gula didalam sereal.

Untuk itu, lihatlah kemasan sereal dan pastikan kandungan serat dalam sereal tersebut lebih tinggi dari kandungan gula.

3. Pilih sereal yang rendah gula

Pernah melihat di kemasan sereal ada tulisan Sugar Free atau Rendah Gula? Jangan mudah percaya sebelum melihat komposisi dari sereal tersebut.

Jika dalam kemasan sereal tersebut tertulis gula 10 gram, lebih baik hindari. Pilih kandungan gula dibawah nilai tersebut.

Karena jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi gula di pagi hari akan membuat Anda lebih mudah lapar dan hal ini akan menyebabkan beresiko diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan kanker.

Jika kandungan gula dalam sereal rendah tentu rasanya akan sedikit hambar, tidak perlu khawatir, untuk menambahkan rasa manis saat makan sereal, sediakan juga buah-buahan sebagai makanan pendampingnya.

4. Perhatikan kandungan lemak jenuhnya

Kandungan lemak jenuh atau trans fat dalam makanan apapun itu akan memudahkan kita terkena serangan penyakit jantung. Untuk itu, lihat kemasan dalam makanan yang dikonsumsi, misalnya sereal, pastikan lemak jenuh yang terkandung tidak lebih dari 2 gram.

5. Pilih yang diperkaya dengan vitamin dan mineral

Sarapan sereal bukan hanya sekedar menahan lapar semata, kalau hanya untuk menahan lapar, segelas susu dan sepotong roti sudah mencukupi untuk menahan rasa lapar. Namun jika Anda mengkonsumsi sereal pastikan komposisi dalam sereal tersebut mengandung vitamin dan mineral.

Jadi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi sereal yang baik setelah membaca artikel tentang tips memilih sarapan sereal yang sehat. Semoga bermanfaat.