Skip to main content
Menu

Google Search Update, Konten Clickbait Bakal Diminimalisir

Google Search Update, Konten Clickbait Bakal Diminimalisir

Google Search melakukan update untuk situs pencarian yaitu dengan melakukan update untuk hasil yang lebih relevan pada setiap hasil pencarian

Google Search melakukan update untuk situs pencarian yaitu dengan melakukan update untuk hasil yang lebih relevan pada setiap hasil pencarian. Jadi apa yang dicari di Google Search Engine (GSE) akan benar-benar sesuai dengan hasil yang dicari.

Google Search Update, Konten Clickbait Bakal Diminimalisir

Begitu juga dengan blog atau website yang menampilkan hasil pencarian tersebut, akan benar-benar menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan yang dilakukan. Benarkah seperti itu?

Untuk saat ini tidak sepenuhnya Google bisa meghapus atau mengabaikan pencarian yang tidak relevan. Masih banyak hasil pencarian yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan di halaman pencarian Google.

Benar sih menampilkan hasil sesuai dengan apa yang dicari atau diketikandi kolom pencarian namun hasil kenyataan yang didapatkan dari blog atau website tersebut tidak berisi konten yang diharapkan.

Nah blog-blog atau website seperti inilah yang seharusnya benar-benar diabaikan dan jangan ditampilkan di halaman pencarian Google. Mereka hanya menarget kata kunci atau keyword tertentu saja.

Apapun cara yang mereka lakukan, entah itu menarget keyword menggunakan keyword long tail dan short tail jika isi dari konten blognya tidak sesuai, lebih baik jangan di index.

Karena saat ini bukan lagi menampilkan sesuatu yang sepertinya ada dan benar namun kenyataannya tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Baca Juga: Clickbait Karena Judul Artikel Download Template Kompi Flexible

Google Search Update

Untuk pembaharuan situs pencariannya, Google sudah menyiapkan rencana agar ada perubahan yang lebih baik dari hasil pencarian. Yaitu konten benar-benar relevan dengan hasil yang ditampikan di halaman pencarian Google.

Dan info terbarunya, Google akan memperbarui atau melakukan update untuk hasil pencarian ini. Google tidak akan menampilkan konten-konten clickbaik dan benar-benar akan menampilkan konten yang relevan dengan hasil pencarian.

Update ini dilakukan karena selain dari sistem algoritma yang digunakan juga adanya laporan yang disampaikan oleh pengguna Google dari setiap hasil pencarian yang didapatkan.

Dikabarkan menurut The Verge, peningkatan kinerja dari hasil Google Search Engine ini akan diluncurkan minggu depan. Dan berlaku untuk semua pengguna layanan ini dalam bahasa Inggris. Hal ini seperti yang disampaikan juru bicara Google, Jennifer Kutz.

Dengan adanya peningkatan di hasil pencarian ini, Google berharap setiap orang yang melakukan pencarian di halaman mesin pencarinya tersebut, benar-benar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

Dan memastikan konten-konten yang tidak relevan atau clickbait tidak akan masuk kedalam peringkat Google atau bisa jadi tidak akan lagi di indeks dengan baik.

Namun pertanyaannya kembali keatas artikel tadi. Apakah bisa Google melakukan itu? Atau mengabaikan web-web atau blog yang menggunakan teknik konten dengan cara memasukkan kata kunci atau keyword yang sedang viral, sedangkan hasilnya tidak sesuai.

Bahkan di beberapa website besar, banyak sekali yang membuat konten dengan cara-cara seperti itu. Mereka sepertinya main kucing-kucingan dengan Google. Dan sepertinya sangat mustahil mengabaikan konten clickbait dari mereka, apalagi jika dilakukan oleh web-web besar yang sudah memiliki authority tinggi.

Seharusnya jika Google memang melakukan update di hasil pencarian, mereka juga harus meberikan penilaian terhadap blog atau website yang melakukan update secara rutin. Terlepas blog tersebut menggunakan tehnik SEO atau tidak, yang terpenting konten update yang dibuat memberikan informasi manfaat kepada orang lain.

Ini kan tidak, tidak semua blog-blog atau website-website kecil yang rutin melakukan update, sangat sulit untuk bisa tampil dihalaman pencarian. Bahkan mereka kalah dengan web-web portal yang kontennya lebih dulu ada atau sudah ada sebelum web portal untuk membuatnya.

Jika penilaian perangkingan di serach engine ini hanya pada faktor domain authority tanpa menilai dari faktor lainnya, blog-blog kecil tidak akan pernah berada di halaman pertama peringkat Google.

Baca Juga Artikel Lainya:

2 komentar

  1. celotehnur54
    Bagiku, untuk tampil di halaman pertama pada mesin pencarian tidak terlalu mengharap. Sebab, konten saya hanya curhatan biasa. Tidak pakai SEO, karena saya menulis menggunakan teori "semau dan semampunya" He he ... Maklum nenek gaptek.Terima kasih telah berbagi, Mas Admin. Oh, Ya. Maaf, Mas. Komenmu tidak muncul di kolom komentar artikel saya. Entah mengapa, akhir2 ini blog saya sering begitu.
    • Admin
      Ga apa2 bu hajjah... Sambil belajar pelan-pelan saja atau mengetahui info-info tentang SEO
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]