Skip to main content

Clickbait Karena Judul Artikel Download Template Kompi Flexible

Beberapa waktu yang lalu, blog ini pernah menulis dan mereview tentang template Kompi Flexible v8 namun setelah beberapa minggu ada laporan kalau artikel pelanggaran dan dilaporkan ke DMCA sehingga keberadaan artikel di halaman Google di hapus oleh Google. Saya sendiri pun langsung menghubungi kang Adhy karena saya mengira beliaulah yang melaporkan artikel review tersebut. Namun setelah mendapatkan jawabannya, ternyata bukan kang Adhy yang melaprokan tapi orang lain.

Usut punya usust, ternyata artikel di blognya kang Adhy yang membahas tentang template Kompi Flexible v8 tersebut, yang merupakan pemilik aslinya, ternyata juga menjadi sasaran pelaporan pelanggaran. Singkat cerita, akhirnya pada waktu itu semua blogger yang mengupas tentang Kompi Flexible, rame-rame mengajukan banding ke DMCA dan akhirnya diproses dan tidak dianggap sebagai artikel pelanggaran. Saya juga mengajukan banding dan diterima.

Namun beberapa hari ini ada laporan lagi yang kami terima lagi dari DMCA, bahwa artikel blog yang membahas tentang review template Kompi Flexible itu dihapus lagi dari halaman pencarian Google, karena pelanggaran. Padahal artikel ini sudah berumur 6 bulan lebih dan sekarang ada lagi yang melaporkan artikel tersebut. Kenapa ya artikel tersebut dilaporkan lagi? Padahal tidak ada konten pelanggaran yang kami buat di artikel tersebut dan murni hanya artikel review yang membahas template kompi flexible. Begitu juga untuk linknya, kami sertakan link langsung menuju ke artikel yang ada di blognya kang Adhy yang membahas tentang topik yang sama, template Kompi Flexible v8.

Atau jangan-jangan karena ada kalimat "Download Template Kompi Flexible" yang kami buat disana? Kalaupun ada kalimat download, kami tidak menyertakan link download langsung karena template ini adalah template premium dan kami sarankan untuk membeli langsung template ini ke kang Adhy. Begitu juga jika di halaman search engine, jika ada artikel blog ini yang berada di halaman pertama dengan kata kunci Download Template Kompi Flexible, yaaa jangan salahkan artikel yang kami buat dong. Kami menyertakan keyword seperti itu bukan untuk memberikan akses download ke template kompi flexible tapi lebih dari sebuah optimasi yang kami lakukan.

Jika merasa dirugikan dan menyebut artikel kami yang menyertakan keyword utama yang kami bidik namun tidak sesuai dengan harapan Anda, setidaknya Anda juga berpikir dan pastinya juga Anda tahu kalau template Kompi Flexible adalah template premium dan bagi kami tidak mungkin untuk memberikan akses langsung. Dan kami tidak akan pernah memberikannya kepada siapapun! Meskipun banyak yang mengirimkan email ke kami untuk meminta template ini.

Pernah tidak buat Anda yang selalu mencari produk yang premium (apapun itu) namun didapatkan secara gratisan berpikir seperti ini "masak iya sih, saya harus menggunakan produk premium dengan cara yang tidak benar?". Apalagi untuk templatenya kang Adhy ini, Anda lihat berapa harganya? Murah banget kok, mungkin lebih mahal dari paketan data internet yang Anda gunakan setiap harinya. Anda bayar 1x untuk membeli template ini dan mendapatkan update secara gratis berkali-kali, masak segitu aja ga mau beli? Apalagi support yang didapatkan jika menggunakan produk premium hasil beli, full support. Kami pernah meminta kang Adhy untuk merubah tampilan homepage dari template kompi flexible ini, yang semula dalam bentuk list view ke grid view. Dan itu gratis!

Jadi jika Anda menemukan salah satu artikel blog ini dihalaman pencarian dengan keyword teratas, semoga masih ada disana dan tidak dilaporkan lagi, jangan salahkan kami. Itu bukan clickbait, itu adalah optimasi yang kami lakukan. Clickbait adalah jika konten yang Anda baca tidak sesuai dengan judulnya yang saat ini banyak dilakukan hanya untuk tujuan viral semata atau bisa juga disebut dengan jebakan.

Dan jika membahas clickbait, clickbait itu bagus kok jika dilakukan dengan baik dan benar. Bikin saja judul yang membuat orang penasaran namun kontenya harus tetap sesuai dengan judul tersebut. Dan didalam kontennya itu, buat lagi link yang mengarah ke sesuatu yang menjadi target Anda, misalnya produk Anda atau produk orang lain. Clcikbait itu juga banyak terjadi di konten-konten video youtube, tengok saja, dan kembangkan apa yang didapatkan disana. Maaf, kami gak bisa ngasi penjelasan panjang lebar pelajari saja sendiri tentang clickbait yang baik dan benar.

Jangan hanya menyalahkan orang lain dan selalu mengeluh jika yang diharapkan tidak sesuai dengan keinginan, apalagi jika itu adalah produk premium. Begitu juga dengan clickbait, clickbait tidak selalu identik dengan salah atau keliru. Jika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan, lebih baik diam jika tidak mampu dan belilah jika mampu.