Skip to main content
Menu

Perawat ini Beresiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung Koroner

Perawat ini  Beresiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung Koroner

Bahaya nih kalau perawat beresiko tinggi terkena penyakit jantung koroner, bisa terganggu saat memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien

Bahaya nih kalau perawat beresiko tinggi terkena penyakit jantung koroner, bisa terganggu saat memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien. Apalagi jika ada pasien yang kritis dan keluarga pasien teriak-teriak, bisa-bisa perawatnya yang terkena serangna jantung.

Perawat ini  Beresiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung Koroner

Beberapa peneliti menununjukkan dan mengungkapkan bahwasannya seorang pekerja yang melakukan pekerjaannya sampai malam atau bahkan sampai larut malam dan menjelang pagi dengan istirahat yang kurang dan hal tersebut dilakukan sampai lebih 10 tahun maka akan memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan penelitian tersebut menunjukkan 15% terjadi pada wanita.

Penelitian tersebut diungkapkan oleh Celine Vetter seperti yang kabarkan oleh NBC, bahwa ada beberapa faktor seseorang bisa terkena penyakit jantung koroner. Kebiasaan merokok, pola makan yang tidak teratur, kurang berolahraga dan memiliki indeks massa tubuh yang tinggi adalah faktor penyebab jantung koroner.

Hal yang sama juga akan terjadi pada seseorang yang bekerja dengan menggunakan metode Shift. Menurut The International Agency for Research on Cancer mengungkapkan bahwa seseorang yang bekerja secara shift.

Pekerja shift malam beresiko terkena penyakit kanker, seperti kanker payudara dan beberapa jenis kanker lainnya. Selain itu juga beresiko mengidap penyakit gula darah atau DM (Diabetes Militus) dan mengalami gangguan tidur.

Studi dari penelitian tersebut dilakukan sejak tahub 1976 dan setiap tahun lebih dari 300 ribu perawat melaporkan kesehatan dan kebiasaan mereka. Sehingga hal tersebut menunjukkan adanya kebiasaan buruk yang terjadi pada perawat.

Apakah resiko penyakit jantung koroner ini hanya terjadi pada pekerja shift malam untuk tenaga kesehatan khususnya perawat? Tentu saja tidak, karena setiap seseorang yang bekerja hingga malam akan memiliki resiko lebih tinggi.

Sebagaimana kita ketahui, penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang menyerang jantung karena adanya penyumbatan pembuluh darah. Dan tidak sedikit yang melakukan penyembuhan penyakit jantung koroner ini dengan dilakukan pembedahan dan pengobatan. Dan rata-rata penderita sering mengalami nyeri dada yang hebat.

Perawat Shift Malam Beresiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung Koroner

Bekerja shift malam memiliki waktu kerja yang relatif lama daripada waktu shift lainnya sehingga hal ini menjadi faktor utama seseorang terkena penyakit jantung koroner. Hal ini juga disebabkan karena waktu istirahat yang tidak teratur, kadang terbangun, kadang tidur dan bahkan tidak istirahat sama sekali semalaman.

Resiko ini akan terjadi pada orang yang bekerja shift malam selama 10 tahun atau lebih, sehingga memiliki risiko 27 persen lebih tinggi bagi Anda yang memang memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Namun hasil berbeda didapatkan jika tidak memiliki tekanan darah tinggi, diabetes atau kolesterol tinggi

Selain terkena penyakit jantung, perawat yang bekerja secara shift juga akan mendapati berat badan yang meningkat. Untuk itu, perawat yang jaga shift malam gunakan waktu sebaik mungkin, jika ada waktu untuk istirahat, gunakan waktu tersebut.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]