--> Skip to main content
Menu

Istilah Singkatan Whatsapp Dari PM, VC, PC, TC, NV, dan P

Istilah Singkatan Whatsapp Dari PM, VC, PC, TC, NV, dan P

Apa sih kepanjangan dari istilah Whatsapp seperti PM, PC dan VC saat menggunakan Whatsapp? Atau istilah lain seperti TC, NV atau P yang juga digunakan

Apa sih kepanjangan dari istilah singkatan Whatsapp seperti PM, PC dan VC saat menggunakan Whatsapp? Atau istilah lain seperti TC, NV atau P yang juga digunakan saat bersosial media. Apakah sudah tahu dengan kepanjangan istilah atau singkatan tersebut?

Atau jangan-jangan hanya sekedar ikut-ikutan menggunakan saja tapi kepanjangannya tidak tahu. Hehehe sama ya, saya awalnya sih seperti itu juga. Apa yang PM itu? Apa ya VC itu? Malahan tahu artinya bukan dari arti kepanjangan istilah tersebut.

Kepanjangan Istilah Whatsapp Dari PM, VC, PC, TC, NV, dan P

Tapi dari kegunaannya, misalkan ada teman yang mkirim pesan dan menyebut "PM aja ya". Setelah ditanyakan ke dia malah jawabannya seperti ini "Langsung kirim pesan saja ke nomer saja, jangan disini". Nah pernahkan mengalami hal seperti itu?

Pastinya pernah dong mengalami hal yang sama seperti itu. Setelah mengalami itu, sekarang bagaiamana apakah sudah tahu arti sebenarnya dan kepanjangan dari istilah PM, VC, PC, TC, NV, dan P ini atau masih ada yang belum tahu dari salah satu istilah tersebut?

Istilah-istilah ini sering digunakan untuk pengguna media sosial seperti Whatsapp, Facebook atau Instagram. Namun biasanya lebih sering digunakan untuk WA atau Whatsapp.

Baca Juga: Cara Gabung/Masuk Kembali Ke Grup WhatsApp Yang Sudah Keluar

Istilah ini digunakan hanya untuk mempermudah dalam percakapan saat chat saja. Untuk pengguna yang sudah terbiasa menggunakan istilah ini tentunya dengan sangat mudah memahami dan mengerti maksud dari pesan singkat tersebut.

Untuk kalian yang belum sepenuh mengerti tentang kepanjangan dari PM, VC, PC, TC, NV, dan P ini yuk kita pahami bareng-bareng :)

1. Kepanjangan dari PM

PM singkatan dari Personal Message. Penggunaan istilah ini digunakan dalam chat secara personal. Sehingga tak jarang yang menyebutkan kalau kepanjangan dari PM adalah Private Message.

Sama-sama benarnya sih sebenarnya karena penggunaannya hanya untuk personal dari 1 orang ke 1 orang yang lain. Dan tidak digunakan dalam chat group.

Biasanya penggunaan PM ini digunakan untuk urusan jual beli. Misalkan kalian menjual barang dan ada yang menanyakan. Maka kalian akan menganjurkan ke orang tersebut untuk melakukan atau meminta untuk di PM atau mengirimkan pesan secara langsung.

2. Kepanjangan dari PC

Sebenarnya hampir sama sih dengan PM, namun untuk PC atau Personal Chat ini lebih ke chat secara personal saja. Misalkan kalian dengan saudara kalian, dengan orang tua, atau dengan kekasih.

Meskipun sama-sama secara personal namun konteks penggunaannya dengan PM tentunya berbeda.

3. Kepanjangan dari VC

PM, PC, dan VC adalah istilah yang sering digunakan. Begitu juga dengan VC yang merupakan singkatan dari Video Call. Sesuai dengan namanya, fitur paa Whatsapp ini digunakan untuk melakukan panggilan video.

Dengan melakukan panggilan video, penguna akan sama-sama mengetahui aktivitas yang sedang dilakukan. Jadi, harus hari-hati ya saat menggunakan video call ini. Jangan sampai ketika melakukan aktivitas tidak terduga malah kepencet tombol icon video call ini.

4. Kepanjangan dari VN

Istilah yang satu ini sebenarnya juga sudah banyak yang menggunakan yaitu Voice Note. Tapi tanpa banyak yang tidak menyadarinya kalau sudah menggunakan fitur VN ini.

VN atau Voice Note digunakan untuk mengirimkan pesan suara saat melakukan chat. Baik itu untuk memberikan penjelasan atau membuat suara-suara yang lainnya.

Dengan menggunakan Voice Note ini, pengguna tidak perlu repot-repot mengetikan pesan yang akan dikirim. Cukup dengan menekan icon micropone sambil berbicara maka pesan suara sudah bisa langsung terkirim.

5. Kepanjangan dari P

Pernah menggunakan gadget Blackberry? Tentu kalian tidak asing dengan istilah Ping Ping dan Ping. Jika ada teman atau orang yang mengirimkan huruf P melalui chat Whatsapp, itu artinya dia sengan melakukan Ping.

Penggunaan huruf P ini adalah untuk menandakan kalau ada pesan yang perlu segera di baca. Atau juga menandakan sebagai kalau ada orang yang akan mengirim pesan segera.

6. Kepanjangan dari TC

Sama halnya dengan pesan chat dengan huruf P, jika ada pesan dengan singkat TC maka itu adalah tanda. Namun untuk penggunaanya berbeda dengan pesan huruf P.

Jika ada pesan TC, itu artinya Test Contact atau Test Chat. Dengan tujuan ingin mengetahui apakah kontak yang dihubunginya aktif atau tidak. Jika tidak aktif maka pesan yang dikirim hanya menampilkan centang satu saja.

Kalau pesan TC terkirim maka akan menampilkan tanda centang dua, biru atau abu-abu. Jika tanda centang biru maka pengguna tidak merubah pengaturan default pesan chatnya. Sedangkan abu-abu, orangnya pura-pura sembunyi :P

Nah itulah beberapa istilah Whatsapp yang sering digunakan saat melakukan chat di WA atau di media sosial lainnya. semoga bermnafaat. Jangan lupa WA saya ya :P

4 komentar

  1. Gustyanita Pratiwi
    wah mantab nih mas roni, aku malah baru tahu loh istilah istilah singkatan dalam apps WA ini selama ini ga pernah pake istilah demikian, kurang update aku kayaknya hahhaha...tapi btw makasih atas informasinya, sekarang aku jadi tahu
    • Roni
      hahaha saya baru tahu juga sebenarnya mbak, tak bikin artikel agar sama-sama tahu juga hahaha.
      Tak pikir-pikir kok rada aneh juga ada istilah-istilah seperti itu, padahal saya hanya menggunakan istilah video call atau vc saja hehee
  2. Andie
    Baru tau istilah PC dan TC wkwkwkwk

    P itu masih misteri sih bagi aku bang.. jaman blackberry udah dari kapan tamatnya, tapi masih ada aja kebawa sampe jaman sekarang ya T.T
    • Roni
      Wkwkwkwk iya nih mas, sama juga baru tahu dan tak bikin artikelnya.
      yang saya tahu dan sering digunakan hanya VC saja selama ini hehehee
      Apalagi yang P, hahaha jadi inget Blackberry
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]