--> Skip to main content
Menu

Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Untuk mendownload sertifikat vaksin di PeduliLindungi syaratnya sangat mudah. Ada 2 syarat utama yang harus Anda lakukan yaitu sudah di vaksin

Untuk mendownload sertifikat vaksin di PeduliLindungi syaratnya sangat mudah. Ada 2 syarat utama yang harus Anda lakukan yaitu sudah di vaksin dan memiliki akun di aplikasi PeduliLindungi ini.

Jika belum melakukan vaksinasi, maka tidak akan bisa download sertifikat vaksin Anda sendiri. Jangan coba-coba menggunakan tanda bukti sudah di vaksin milik orang sebagai keperluan Anda. Jika terbukti, maka anda akan berurusan dengan hukum.

Oleh karena itu alangkah baiknya untuk melakukan vaksin, karena tujuan utama di vaksin ini adalah untuk menjaga kesehatan Anda sendiri dan juga orang lain. Jika Anda sehat maka orang lain juga akan sehat.

Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Tidak usah jauh-jauh memberikan penilaian seperti itu, semisal saja ada salah satu keluarga Anda yang sakit. Pasti anggota orang yang lain akan terkenda dampaknya. Bukan hanya terkena virus corona ini, sakit biasa saja sudah membuat yang lainnya cemas.

Oleh karena itu menjaga kesehatan dari diri sendiri sangat penting sekali. Untuk menjaganya pun banyak usaha yang perlu dilakukan, selain makan-makanan sehat dan bergizi, olahraga teratur, juga melakukan vaksinasi khususnya untuk saat ini.

Dimana saat ini sedang terjadi pandemi virus corona yang melanda hampir diseluruh dunia. Banyak yang meninggal karena virus ini, meskipun banyak juga yang beranggapan kalau meninggalnya bukan karena covid.

Tetapi beruntunglah bagi Anda yang sudah melakukan vaksin. Karena selain sudah memiliki daya imun tambahan dari luar, tentunya dengan vaksinasi ini sudah ikut andil dalam mewujudkan kesehatan secara nasional yang saat ini dilaksankan oleh pemerintah.

Selain itu, jika sudah di vaksin maka sebagai tanda bukti kalau sudah benar-benar di vaksin, Anda akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini bisa Anda dapatkan melalui SMS sesaat setelah di vaksin dan melalui aplikasi layanan PeduliLindungi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Untuk mendapatkan sertifikat ini melalui PeduliLindungi, Anda harus buat akun terlebih dulu.

Baca Juga: Cara Membuat Akun PeduliLindungi Menggunakan Ponsel

Selanjutnya setelah memiliki akun, lakukan beberapa langkah berikut untuk download sertifikat vaksin :

  1. Buka website PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id
  2. Isi semua kolom sesuai dengan data vaksinasi yaitu Nama Lengkap, NIK/No Paspor, Tanggal lahir, Tanggal Vaksin, Pilih Jenis Vaksin (Sinovac, AstraZaneca, Sinopharm, Moderna), Centang tanda bukan robot dan klik tombol Periksa.

    Catatan: Untuk mengganti tahun lahir, klik pada angka tahun maka akan tampil tahun lahir yang diinginkan.

  3. Jika berhasil, maka akan tampil Sertifkat Vaksin atas nama Anda. Jika tahap vaksin lengkap, tahap 1 dan 2, akan muncul 2 dokumen vaksnn tersebut.
  4. Klik pada gambar sertifikat dan klik tombol Unduh Sertifikat
  5. Selanjutnya akan tampil halaman "Apakah Anda ingin menyimpan sertifikat ke dalam ponsel Anda?" Klik tombol Ya, Lanjutkan.
  6. Sertifikat berhasil disimpan.

Jika Anda sudah merasa vaksin dan setelah di cek di aplikasi PeduliLindungi tidak ada, segera lapor. Dengan cara hubungi Call Center 199 atau melalui email sertifikat@pedulilindungi.id, sampaikan keluhan Anda sehubungan dengan sertifikat yang tidak ada.

Itulah cara download sertifikat covid di PeduliLindungi yang bisa dilakukan secara online. Bisa menggunakan aplikasi, melalui website di komputer atau pun di ponsel. Semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. LintasJakarta
    tapi sekarang pedulilindungi kadang ga update nih..
    • Roni
      Betul, beberapa teman saya yang menggunakan pedulilindungi ini banyak yang kecewa semoga aplikasi ini segera dibenahi dan benar-benar mudah digunakan dengan menampilkan hasil data yang diharapkan banyak pengguna
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]