Skip to main content
Menu

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen dari Ponsel

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen dari Ponsel

Meskipun berlaku selamanya, cara menghapus akun Google yang Anda miliki bisa dilakukan kapan saja. Karena Google juga tidak memaksa untuk menggunakan

Baca Juga

Meskipun berlaku selamanya, cara menghapus akun Google yang Anda miliki bisa dilakukan kapan saja. Karena Google juga tidak memaksa untuk menggunakan akun tersebut selamanya. Namun setelah akun di hapus maka ada dampak besar yang akan Anda alami.

Menghapus akun Google bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel ataupun komputer. Namun perlu dipertanyakan juga, Kenapa akun tersebut di hapus? Menjadi hal aneh saja karena untuk membuat akun Google tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Tidak ada alasan jelas tentunya jika akun tersebut di hapus oleh pemiliknya sendiri. Kecuali sudah benar-benar bosan dan tidak lagi menggunakan internet. Dan tidak ingin menggunakan ponsel atau komputer.

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen dari Ponsel

Padalah penggunaan ponsel ataupun komputer secara online, hampir 100% membutuhkan akun Google. Jadi sangat aneh jika ada orang yang dengan sengaja menghapus akunnya tersebut. Kecuali akun tersebut dihapus oleh Google karena pelanggaran penggunaan.

Manfaat Akun Google

Sebelum memutuskan untuk menghapus, simak dulu beberapa manfaat akun Google yang Anda miliki:

  1. Untuk mengakses ponsel secara penuh

    Jika Anda tidak memiliki akun saat menggunakan ponsel Anda, maka beberapa layanan dari aplikasi yang ada didalam ponsel tersebut tidak bisa digunakan.

    Karena untuk menggunakan beberapa aplikasi layanan diharuskan mengaktifkan atau menggunakan akun Google.

  2. Menggunakan sosial media

    Rata-rata pengguna sosial media seperti Tiktok, Facebook, Instagram, Youtube dan sebagainya memiliki akun Google.

  3. Mengirim email

    Rata-rata pengguna akun sosial mengirim email menggunakan Google Mail atau Gmail.

  4. Transaksi Online

    Hampir semua transaksi online dengan notifikasi menggunakan Google, khususnya bagi mereka yang melakukan usaha bisnis.

  5. Lebih aman

    Akun Google adalah layanan online yang saat ini tingkat keamanannya sangat diperhatikan. Jadi semua pengguna layanan ini bisa dengan tenang menggunakannya dengan syarat harus mematuhi aturan dan ketentuan yang ditetapkan.

Alasan Menghapus Akun Google

Setiap akun memang dimiliki oleh setiap orang satu akun. Namun Anda bisa memiliki akun lebih dari satu. Begitu juga dengan penggunaannya, hanya Anda sendiri yang seharusnya menggunakan dan mengakses akun tersebut.

Tidak boleh ada orang lain menggunakannya, apapun alasannya. Bahkan orang terdekat Anda tidak seharusnya diperbolehkan mengakses akun tersebut. Karena setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengakses akun yang dimilikinya.

Kecuali dalam penggunaan 1 akun tersebut jika digunakan oleh 2 orang, maka harus benar-benar memiliki kepercayaan yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

Saya sendiri dalam 1 keluarga saja masing-masing memiliki akun sendiri. Ada istri dan 2 anak. Semuanya memiliki akun Google sendiri-sendiri. Meskipun terkadang saya juga mengakses akun mereka karena beberapa alasan.

Lantas apa sebenarnya alasan yang mendasari akun Google dihapus?

Kalau dipikir-pikir sebenarnya tidak ada alasan yang benar-benar kuat untuk dijadikan alasan. Karena sekalipun akun tersebut tidak digunakan, ia akan tetap aktif selamanya.

Atau jika ada hal-hal lain yang memang mengharuskan akun dihapus, mungkin karena beberapa kemungkinan dibawah ini:

  • Mengganti dan membuat akun Google baru
  • Membatasi diri menggunakan akun sosial media
  • Menonaktifkan beberapa fitur di ponsel yang menggunakan akun Gmail
  • Sudah tidak tertarik menggunakan akun Google alias sudah menggunakan akun yang lainnya
  • Frustasi alias stres.

Bagaimana Cara Menghapus Akun Google?

Tidak seharusnya menghapus akun yang sudah Anda miliki. Karena penggunaan akun tersebut juga tidak batasi oleh Google. Terpenting adalah menggunakan akun dengan sebaik-baiknya sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Google.

Jika masih tetap ingin menghapus akun yang sudah Anda miliki, berikut cara menghapus akun Google Anda yang bisa dilakukan menggunakan ponsel atau hp dan komputer:

  1. Buka salah satu akun Google Anda, baik itu Gmail, Blogger, Google Drive, Youtube dan yang lainnya
  2. Login dengan akun Gmail (email) Anda
  3. Setelah berhasil Login. Buka link ini https://myaccount.google.com/ Link bisa dibuka menggunakan ponsel ataupun di laptop
  4. Pilih menu Data & Privasi (jika dibuka di komputer) atau Data & Personalisasi (jika dibuka di ponsel)
  5. Pilih menu Hapus layanan atau akun Anda
  6. Pilih menu Menghapus Akun Google Anda
  7. Dan tunggu notifikasi akun yang menyatakan kalau akun tersebut akan benar-benar di hapus
  8. Jika setuju atau melakukan konfimasi setuju. Google akan memproses penghapusan akun Anda

Apakah Akun Anda Akan Langsung Terhapus?

Dari beberapa tahapan yang sudah dilakukan diatas, Google masih memberikan jangka waktu kurang lebih 2-3 minggu. Setelah melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka Akun tersebut akan benar-benar di hapus secara permanen.

Dan terakhir sebelum benar-benar menghapus akun tersebut, alangkah baiknya untuk menyimpan file yang digunakan di akun Google Anda. Misalkan file-file seperti gambar, video, atau file lainnya. Siapa tahu file tersebut masih digunakan dilain waktu.

Itulah cara menghapus akun Google yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dengan menggunakan ponsel atau komputer. Dan pastinya pertimbangkan terlebih dulu sebelum Anda benar-benar menghapusnya.