--> Skip to main content
Menu

Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare

Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare

Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare - Jika tampilan blog atau website Anda muncul halaman Invalid SSL Certificate maka itu

Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare

Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare - Jika tampilan blog atau website Anda muncul halaman Invalid SSL Certificate maka itu artinya ada yang error pada host website anda. Host error yang terjadi karena adanya akses CDN yang terputus pada layanan yang digunakan blog tersebut.

Kenapa error? Faktor utamanya adalah bisa jadi penggunaan host dari server jaringan tersebut adalah Gratisan yang bisa terhubung dalam penggunaan CDN. CDN atau content delivery network adalah penghubung konten antara host dan server.

Namun sayangnya untuk menghubungkan lalu lintas jaringan dalam host ini, dibutuhkan sebuah sertifikat yang disebut SSL atau Secure Socket Layer. SSL ini digunakan sebuah website untuk mengamankan semua akses konten yang ada pada website tersebut.

Salah satu penggunaan SSL pada sebuah website adalah aktifnya protokol HTTPS:// Jika website atau blog sudah menggunakan protokol ini pada linknya, maka dipastikan kalau website atau blog tersebut sudah aman untuk diakses dan aman dari beberapa serangan.

Info: Untuk saat ini penggunaan SSL sudah diganti dengan TLS, Transport Layer Security yang lebih komplit dalam memberikan perlindungan lebih dari SSL.

Bagaimana Dengan Blogger?

Apakah blog dengan custom domain masih memerlukan CDN, Host, Server, atau SSL? Awalnya saya berpikir seperti itu, mungkin karena latah ikut-ikutan ya menggunakan semua itu dari luar Blogger. Ternyata saya salah, ini menurut saya...

Karena awalnya saya memiliki ekspektasi besar menggunakan Cloudflare sebagai host content delivery blog ini. Namun ekpektasi itu berubah menjadi bencana, beruntung meskipun beberapa hari ini tidak update artikel, namun setiap harinya saya selalu mengcek blog ini.

Kemarin bencana itu datang, blog Digital Poin ini tidak bisa menampilkan semua konten yang ada. Hanya tampilan halaman error seperti yang terlihat pada gambar diatas yaitu Invalid SSL Certificate. Panik? Tentu saja iya namun saya tetap tenang karena masalah yang terjadi tersebut langsung saya ketahui penyebabnya.

Blog gratisan dengan custom domain ini, saya coba custom juga untuk hostnya. Karena harapan saya adalah untuk mempercepat loading blog ini. Padahal sebelum menggunakan host dari luar, performa loading blog juga sangat baik, bahkan tidak ada perubahan yang signifikan setelah menggunakan host dari luar.

Invalid SSL Certificate

Antara pingin ketawa dengan kebodohan saya, bisa-bisanya blog custom domain pada Blogger mengalami invalid pada protokol sertifikatnya. Padahal Blogger sendiri sudah memberikan semuanya.

Mulai dari server, hosting dan SSL sudah tersedia pada platform ini. Meskipun gratisan namun bisa didapatkan secara gratis selamanya, selama blog masih tayang. Dan tentunya langsung bisa digunakan secara otomatis.

Apakah Perlu Menggunakan CDN Pada Blogger?

Jika itu diperlukan, tentunya perlu menggunakan content network pada blog tersebut. Dengan catatan, layanan CDN tersebut tidak terkoneksi secara permanen pada website Anda. Apalagi blog yang digunakan adalah Blogger.

Jika ingin menggunakan, lebih baik penggunaan content network, host, atau papaun itu beridir sendiri jika blog Anda menggunakan Blogger. Kecuali jika blog atau website Anda menggunakan domain dan hosting yang menjadi satu paket.

Bagaimana Cara Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare?

Jika blog Anda adalah blogger dengan custom domain seperti blog saya ini dan mengalami hal yang sama, yaitu terjadi invalid SLL karena menggunakan CDN gratisan maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah menghapus layanan tersebut agar tidak terhubung dengan domain blog atau menghapus domain pada layanan yang digunakan.

Biasanya host CDN yang terhubung dengan domain blog adalah karena server pada blog sudah diganti dengan server layanan tersebut. Oleh karena itu ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Mengganti dan Mengembalikan Server Domain
  • Hapus Domain Pada Layanan Hosting

Dua cara diatas sudah sangat ampuh untuk mengatasi masalah sertifikat yang tidak valid ini pada blog Anda. Masalah ini juga terjadi karena penggunaan hosting gratisan yang menghubungkan konten pada layanan tersebut kedalam domain blog Anda.

Salah satu layanan yang sering digunakan sebagai host konten adalah Cloudflare. Meskipun terbilang sangat baik, namun jika layanan yang digunakan masih berstatus Gratisan, pasti akan ada masalah dikemudian harinya.

Saya tidak menyalahkan penggunaan Cloudflare sebagai media penyimpanan konten blog atau website Anda. Karena masalah yang terjadi seperti yang saya sampaikan dalam artikel ini, mungkin adalah pengaturan tambahan yang perlu dilakukan pada host tersebut.

Dan bagi saya sendiri, mungkin itu adalah pekerjaan yang membuang-buang waktu saja. Kenapa? Blogger adalah layanan blogger dengan segala keunikan didalamnya dan sudah terintegrasi dengan server yang dimilikinya. Jadi, buat apa harus menggunakan server diluar Blogger?

Meningkatkan performa blog? Untuk meningkatkan performa blog pada blog yang menggunakan Blogger, seperti yang sudah saya sentil sedikit diatas, lebih baik optimasi secara manual untuk setiap penggunaan kode CSS, HTML, Script, iframe serta penggunaan gambar.

Kecuali jika penggunaan host hanya sebagai tambahan yang tidak terhubung secara langsung dengan domain blog. Semoga bermanfaat dan semuanya menjadi pilihan Anda sendiri dalam mengelola blog Anda.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]