--> Skip to main content
Menu

Perbedaan Internet Serat Optik Dengan Dedicated

Perbedaan Internet Serat Optik Dengan Dedicated

Dengan mengetahui perbedaan internet serat optik dengan dedicated, bisa menentukan pilihan untuk menggunakan layanan internet Indihome

Perbedaan Internet Serat Optik Dengan Dedicated

Internet broadband atau internet serat optik dan internet dedicated hadir untuk memberikan kebebasan kepada Anda dalam memenuhi kebutuhan jaringan internet Anda. Kedua jenis internet tersebut merupakan jenis-jenis internet yang banyak digunakan pada masa sekarang ini.

Memahami ciri-ciri dari keduanya, akan membuat Anda mampu menentukan jenis internet apa yang paling cocok Anda butuhkan untuk keperluan Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa tentunya dari kedua jenis tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Berikut beberapa perbedaan yang dimiliki keduanya antara lain.

Internet Serat Optik

Internet serat optic adalah layanan internet yang menggunakan jaringan kabel Fiber Optic dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar dengan kecepatan transmisi data Gigabit per second (Gbps) serta dengan kualitas jaringan (SLA) yang bisa mencapai hampri 100% yaitu 99,5%.

Dengan kata lain, layanan jaringan internet ini bisa digunakan secara bersama pada jaringan yang sama. Batas pemakaian pada layanan ini juga bisa ditentukan oleh penggunanya. Begitu juga pemakaian bersama, semakin banyak yang menggunakan pada jaringan yang sama maka kapasitas dan kualitas aksesnya juga semakin berkurang.

  1. Koneksi internet rumahan yang biasa digunakan pada berbagai perangkat, yang mana kecepatan dan performanya bisa dibagi-bagi antar pengguna.
  2. Kecepatan aksesnya biasanya tidak stabil atau naik turun tergantung dengan trafiknya. Apabila trafiknya padat maka semakin rendah kecepatan, begitu pula sebaliknya. Sehingga biasanya Anda mendapatkan kecepatan yang lebih bagus pada malam hari.
  3. Harga paketnya cenderung murah dibanding internet dedicated.
  4. Jenis ini direkomendasikan untuk rumahan dan usaha kecil terbatas. Seperti contoh kegiatan game perang yang bisa dimainkan anak-anak Anda.

Internet Dedicated

Bisa dikatakan, layanan internet dedicated ini adalah layanan khusus yang bisa digunakan pada satu jaringan dan tidak bisa digunakan secara bersama-sama. Sehingga kapasitas dan kualitas kecepatan internet pada layanan ini benar-benar tetap stabil.

Dan selain itu, dari segi harga internet dedicated tentunya lebih mahal dari internet serat optik. Penggunaan internet dedicated biasanya digunakan untuk perusahaan dan perkantoran.

  1. Koneksi internet untuk lingkungan bisnis, dapat digunakan secara privat sehingga performa dan kecepatannya bisa digunakan secara penuh oleh penggunanya.
  2. Kecepatan aksesnya cenderung stabil dan terjamin dengan sesuai pada kontrak yang telah disepakati. Karena biasanya dipakai sendirian sehingga kecepatannya juga besar.
  3. Harga paketnya lebih mahal dibandingkan dengan jenis satu lainnya.
  4. Biasa digunakan untuk bisnis-bisnis yang bergantung pada penyediaan layanan online ke pelanggan.

Berdasarkan perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis internet tersebut. Tentunya Anda sudah memiliki pilihan untuk memilih salah satu diantaranya bukan? Baik internet serat optik ataupun dedicated bisa Anda dapatkan di layanan IndiHome.

Berbagai kelebihan IndiHome mampu dijadikan pilihan sebagai pemenuhan kebutuhan internet Anda. Mulai dari metode pembayaran yang bisa dilakukan dimana saja baik offline maupun online, channel yang lengkap, yang terpenting dengan akses cepat, juga dengan paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

2 komentar

  1. Ikrom Zain
    terimakasih mas penjelasannya
    saya saat ini maish menggunakan serat optik Indihome
    lumayan kencang kok kecepatannya
    • Roni
      Betul mas, kecepatan memang lebih stabil jika dibandingkan dengan yang lainnya dan tentunya Indihome tetap menjadi pilihan terbaik :)
      Sama-sama mas, terimakasih juga :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]