--> Skip to main content
Menu

Cara Menghapus Blog dan Website Dari Cloudflare

Cara Menghapus Blog dan Website Dari Cloudflare

Kenapa sih harus menghapus blog dan website dari Cloudflare? Tentu ada banyak alasan untuk melakukan penghapusan blog dari layanan jaringan pengiriman

Cara Menghapus Blog dan Website Dari Cloudflare

Kenapa sih harus menghapus blog dan website dari Cloudflare? Tentu ada banyak alasan untuk melakukan penghapusan blog dari layanan jaringan pengiriman konten ini. Salah satunya alasannya adalah tidak ingin menggunakan layanan ini lagi.

CloudFlare memiliki fungsi untuk melindungi konten atau data website dan juga membantu mempercepat loading blog atau website. Jadi ketika blog sudah didaftarkan ke layanan ini, maka seluruh akses yang menuju ke blog atau website Anda akan melalui layanan ini terlebih dulu.

Lantas bagaimana cara menghapus blog dari Cloudflare?

Selain sudah tidak ingin menggunakan layanan ini, alasan lainnya adalah karena ingin mengganti layanan server dengan yang lainnya yang lebih private atau menggunakan layanan server yang berbayar. Meskipun dalam prakteknya cloudflare juga bisa digunakan dalam versi yang premium atau berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga: Mengatasi Invalid SSL Certificate Host CDN Cloudflare

Namun sebelumnya jika ingin menggunakan layanan server ini, Anda harus mengetahui manfaat dan fungsi dari layanan ini. Jangan menggunakan server yang lain sebagai host untuk domain blog jika domain Anda sudah memiliki server atau sendiri.

Apalagi jika Anda mengganti server yang sebelumnya berbayar untuk blog Anda malah diganti ke yang gratisan. Ini yang dinamakan belum mengetahui fungsi dan manfaat dari server host yang digunakan untuk blog atau website Anda.

Atau mengganti server host yang sudah digunakan oleh layanan blog yang Anda gunakan. Misalkan Blogger. Jika menggunakan Blogger sebagai layanan untuk blog Anda, maka sebenarnya sudah tidak perlu menggunakan server dan host yang lainnya.

Karena Blogger sudah memberikan hosting atau penyimpanan untuk semua konten media blog Anda. Mulai dari gambar, kode css, html, script hingga video bisa disimpan kedalam Blogger. Dan itu semua bisa didapatkan secara gratis.

Selain itu, kestabilan dari server dan hosting yang disediakan oleh Blogger tentunya sudah tidak bisa dianggap abal-abal. Karena pemiliknya adalah Google. Raksasa server terbesar didunia, dan khususnya Blogger bisa digunakan secara Gratis dan stabil.

Bagaimana Dengan Blog yang Menggunakan Cloudflare Sebagai Server?

Ada sisi baik dan buruk yang bisa berdampak pada performa blog Anda. Sisi baiknya, selain bisa menggunakan layanan ini secara gratis, juga bisa membantu performa blog menjadi lebih baik. Namun ada dampak buruk yang bisa diterima yaitu sewaktu-waktu server pada layanan ini bisa bermasalah dan tidak stabil yang bisa mengganggu performa blog.

Jika ada dampak buruk yang diterima oleh blog terhadap penggunaan cloudflare ini, maka mau tidak mau Anda harus mempertimbangkan kembali. Dan bila Anda ingin menghapus blog dari Cloudflare maka cara berikut ini bisa menjadi solusi buat Anda:

  1. Login ke Cloudflare

    Untuk menghapus blog dari cloudflare, buka dulu akun dasbor layanan yang Anda gunakan ini.

  2. Pilih Website atau Blog yang Akan Dihapus

    Jika Anda menggunakan layanan ini untuk beberapa blog, pilih salah satu blog yang akan dihapus. Jika cuma hanya ada satu blog, pilih saja blog tersebut.

  3. Pilih Menu Overview

    Setelah memilih blog yang akan dihapus, selanjutnya akan tampilan halaman berikutnya dengan beberapa menu. Pilih menu Overview.

  4. Pilih Remove Site

    Di halaman menu Overview ini selanjutnya scroll kebagian paling bawah dan pilih Remove Site from cloudflare. Dan klik tombol konfirmasi jika Anda benar-benar ingin menghapusnya.

Ganti Nameserver Domain

Menghapus blog dari cloduflare belum sepenuhnya menyelesaikan masalah yang terjadi pada blog Anda. Sebelum atau setelah menghapus blog, Anda wajib mengganti nameserver (NS) domain di layanan domain yang Anda gunakan.

Anda bisa mengganti nameserver default yang digunakan domain blog atau bisa menggunakan nameserver baru. Yang penting, nameserver cloudflare sudah diganti.

Menghapus Script Service Worker Cloudflare

Karena layanan ini sudah tidak digunakan, hapus juga script yang sebelumnya dipasang didalam kode template blog. Kode yang terpasang seperti berikut:

if ('serviceWorker' in navigator) {
    window.addEventListener('load', () => {
      navigator.serviceWorker.register('/sw.js').then(registration => {
      }).catch(registrationError => {
        console.log('SW registration failed: ', registrationError);
      });
    });
  }

Atau jika ada kode script yang lain dari cloduflare yang masih menempel, hapus juga semuanya.

Itulah cara menghapus blog dari cloudflare yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun perlu diperhatikan, ketika Anda mengganti nameserver dan blog belum bisa diakses secara penuh, tunggu saja dulu hingga pengalihan nameserver normal kembali.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]