--> Skip to main content
Menu

Bagaimana Cara Menghindari Invalid Click?

Bagaimana Cara Menghindari Invalid Click?

Bagaimana Cara Menghindari Invalid Click? Ketika memulai membuat blog, tentu banyak yang memiliki tujuan utamanya adalah menghasilkan uang

Bagaimana Cara Menghindari Invalid Click

Bagaimana Cara Menghindari Invalid Click? Ketika memulai membuat blog, tentu banyak yang memiliki tujuan utamanya adalah menghasilkan uang. Dan salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah menghasilkan pendapatan dari Google Adsense. Cara ini masih menjadi banyak pilihan bagi setiap blogger. Namun sayangnya, banyak blogger baru yang belum memahami tentang program adsense ini.

Google Adsense

Program ini sebenarnya adalah program kerjasama antara pengiklan atau advertiser produk dan jasa dengan Google. Dan untuk menayangkan iklan ini, Google membuka layanan publisher atau penayang iklan. Salah satu syarat untuk menjadi publisher iklan adsense adalah dengan memiliki blog.

Namun sayangnya untuk menjadi publisher di blog mereka, banyak yang berpikiran kalau iklan yang sudah tayang di blog bisa menghasilkan uang. Padahal tidak seperti itu, bahkan ketika mereka mulai belajar bahwa penghasilan akan didapat dari iklan yang sudah tayang tersebut jika sudah ada iklan yang di klik.

Invalid Click

Dari sinilah masalah ini muncul. Ketika blogger baru itu sudah menjadi publisher untuk pertama kali. Ternyata masih banyak yang belum membaca panduan dan pedoman yang sudah diberikan oleh Google. Salah satu pedoman ini berisi tentang klik tidak sah atau invalid click.

Bagaimana Invalid Click ini Terjadi?

Tidak hanya yang baru memiliki blog dan bermain dengan adsense, beberapa pemilik blog lama juga menginginkan pendapatan dari program penayangan ini mendapatkan hasil yang banya dengan cara yang cepat. Dan salah satu cara yang mereka anggap benar adalah dengan melakukan klik iklan adsense pada blog mereka.

Ada yang melakukannya sendiri dengan menggunakan berbagai macam trik yang dianggapnya benar. Dan ada yang mengajak untuk melakukan klik pada iklan pada masing-masing blog. Harapan mereka cuma satu, ingin segera mendapatkan penghasilan dari google adsense ini.

Padahal cara tersebut, klik sendiri atau mengajak melakukan klik bersama adalah tindakan yang sangat dilarang oleh Google. Karena klik yang dilakukan, baik itu diketahui atau tidak adalah tindakan yang merugikan pada pemasang iklan atau advertiser.

Apalagi Google (Adsense) juga akan tetap mengetahui melalui analisis yang sudah mereka tetapkan setiap klik yang terjadi pada iklan yang terpasang pada setiap blog. Apakah klik tersebut benar-benar alami atau tidak. Pihak Adsense akan melakukan penghitungan untuk setiap jumlah kunjungan atau trafik blog dengan jumlah klik yang terjadi.

Sederhananya seeperti ini, jika trafik atau pengunjung blog Anda dalam 1 bulan ada 5 ribu kunjungan dengan pageview diatas 10 ribu, belum tentu jumlah trafik tersebut akan melakukan klik pada iklan di blog Anda. Paling tidak 1% - 5% terjadi klik pada iklan.

Namun jika jumlah klik lebih tinggi dari jumlah kunjungan maka Adsense akan mencurigai tindakan klik tersebut. Dan akan melakukan analisa, apakah klik yang terjadi valid atau tidak. Jika ada yang tidak valid maka jumlah klik tidak akan dihitung sebagai pendapatan.

Dan jika klik tersebut masuk kedalam klik invalid yang lebih banyak maka adsense akan melakukan tindakan dengan menonaktifkan akun adsense anda secara permanen atau sementara. Jika akun sudah dinonaktifkan maka iklan tidak akan tampil lagi di blog anda.

Cara yang sama juga berlaku untuk produk adsense yang lainnya seperti Youtube Adsense. Jangan pernah saling berbagi link video youtube jika tujuannya hanya untuk mengakal-akali Google Adsense.

Bagaimana Cara Menghindari Invalid Click?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, klik tidak valid atau tidak sah adalah klik yang dibuat secara sengaja dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan sebagai publisher adsense. Untuk menghindari invalid click ini ada beberapa tips yang perlu dilakukan yaitu:

  • Jangan melakukan klik iklan di blog anda sendiri.
  • Jangan meminta orang lain, teman atau saudara untuk mengklik iklan di blog anda.
  • Jangan menggunakan trafik berbayar dengan cara atau metode apapun yang mereka gunakan.
  • Jangan gabung ke group apapun untuk saling klik iklan di blog. Biasanya group-group seperti ini ada di facebook, telegram, whatsapp dan forum.
  • Jangan mengajak orang lain untuk berlama-lama di blog anda dengan membuka halaman blog secara bersamaan.

Analisis dan rasio yang dimiliki oleh Google lebih baik daripada analisis yang Anda miliki. Apapun caranya suatu saat tindakan curang yang dilakukan pada iklan adsense di blog Anda akan segera diketahui.

Bagaimana jika seseorang dengan sengaja Mengklik iklan Adsense di blog saya?

Untuk beberapa kasus, jika klik yang terjadi dilakukan secara tidak sengaja yaitu hanya 1x klik kemungkinan besar Google Adsense masih bisa mengetahui aktivitas tersebut. Namun jika klik dilakukan dengan sengaja dan terus menerus, maka Adsense akan memberikan kesimpulan kalan tindakan tersebut termasuk dalam Invalid Click.

Untuk mengetahui aktivitas invalid klik atau klik tidak sah, caranya cukup gampang yaitu adanya peningkatan prosentase pada nilai CTR adsense Anda. Jika prosentase CTR 1-3% dan mengalami peningkatan hingga 20% maka kondisi seperti ini bisa dikatakan tidak normal.

Tampilan CTR atau Click-Through Rate ini bisa dilihat langsung di akun adsense Anda. Dan inilah yang menjadi banyak acuan pemilik akun adsense dalam menganalisa pendapatan serta aktivitas iklan yang terjadi.

Mengapa tidak boleh melakukan klik iklan sendiri?

Iklan yang tampil di blog atau website dan Youtube, bukanlah iklan yang dimiliki oleh Google. Iklan tersebut adalah dari pengiklan (Advertiser) yang menggunakan jasa Google.

Pengiklan melakukan sejumlah pembayaran kepada Google dengan jumlah perhitungan setiap kliknya. Misalkan pengiklan membayar Rp 500 - Rp 1000 per klik dari total saldo iklan Rp 500.000

Tujuan melakukan pembayaran sejumlah klik pada iklan tersebut adalah untuk mentargetkan audien yang benar-benar tertarget atau benar-benar membutuhkan info pada iklan tersebut sesuai dengan kata kunci yang di pasang pada iklan.

Jika iklan sudah tertarget maka harapan dari pengiklan adalah audien tersebut benar-benar mendapatkan info atau penawaran dari iklan dan bisa menjadi customer dari pengiklan tersebut.

Nah bagaimana jika iklan yang di klik itu bukan dari orang yang tidak membutuhkan info atau penawaran yang ada pada iklan? Misalkan Anda mengajak orang lain atau Anda sendiri mengklik iklan tersebut?

Tentu saja hal ini sangat merugikan pengiklan, mereka tidak akan pernah mendapatkan apapun kecuali semakin berkurangnya saldo iklan mereka. Hal inilah yang menjadi banyak keluhan pengiklan sehingga mereka meminta Google Adsense untuk memperketat aturan dalam penayangan iklan. Bahkan memperketat untuk ikut dalam program ini sebagai Publisher Adsense.

Bagaimana cara meningkatkan penghasilan adsense?

Untuk meningkatkan penghasilan sebagai publisher, hal pertam yang harus dilakukan dan dipahami adalah dengan membaca Pedoman Adsense sebagai penerbit. Baca dan pahami pedoman tersebut dengan cermat karena saya yakin masih banyak peublisher yang tidak membaca pedoman ini secara lengkap.

Kedua, jika blog yang diajukan sebagai publisher berisi artikel apa adanya. Cobalah ganti artikel dengan beberapa artikel yang menarik yang mudah dipahami dan bermanfaat bagi banyak orang.

Ketiga, gunakan kata kunci atau keyword dengan high paying keyword pada beberapa artikel blog. Kenapa? Untuk memunculkan iklan dengan nilai klik yang lebih besar pada blog Anda. Bagaimana cara menggunakan high paying keyword? Gunakan bantuan pencarian di Google untuk melakukan optimasi ini.

Keempat, update artikel blog secara rutin dan perbaikin tampilan blog seperti memperbaiki loading blog agar lebih cepat dan membuat pengunjung blog menjadi betah.

Kelima, berdoa dan jangan pernah melakukan tindakan yang dilarang oleh Google Adsense. Semuanya memang butuh proses dan tidak bisa dilakukan secara instan, kecuali Anda memiliki banyak karyawan untuk membuat melakukan itu semua.

Kesimpulan

Invalid click terjadi karena adanya klik yang dilakukan dengan sengaja oleh Anda sendiri atau mengajak orang lain untuk melakukan klik pada iklan adsense didalam blog. Klik invalid tidak hanya terjadi pada Blogger, iklan adsense yang tampil di Youtube juga bisa terjadi klik tidak valid atau tidak sah.

4 komentar

  1. Penghuni 60
    sebenarnya saya jg msh blm paham mas knp invalid click itu kadang suka muncul. pdhl saya yakin gak pernah mengkliknya sendiri. Mungkin ada hal2 tertentu yg membuatnya jd invalid click. Tp gak tau apa?

    oya, lam knl sebelumnya, gak sengaja terdampar disini, hehe :D
    • Roni
      Sebenarnya tidak ada hal-hal tertentu yang membuat menjadi invalid tapi karena adanya klik sengaja atau tidak yang dihitung tidak sah oleh googel adsense

      Salam kenal juga, semoga betah disini :)
  2. Gustyanita Pratiwi
    hmmm trima kasih atas ilmunya mas roni

    pantas saja..aku sering klik blog favorit aku sekalian takklik adsensenya eh tapi ternyata mungkin karena invalid jadinya ga masuk ya ke nominalnya...agak sia sia aku ngekliknya...lain kali kupelajari lagi ah..biar blog favoritku itu terapresiasi dengan klik iklanku...dan semoga ga salah klik lagi akunya hahahha
    • Roni
      Sama-sama mbak
      Aih sebenarnya tidak boleh di klik loh mbak, entar bisa-bisa dibanned
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]