--> Skip to main content
Menu

Cara Menjadi Muslim Lebih Baik Setelah Ramadhan

Cara Menjadi Muslim Lebih Baik Setelah Ramadhan

Meski bulan ramadhan sudah berlalu, masih terasa ada suasana yang penuh dengan keberkahan karena hadirnya bulan syawal. Dimana di bulan syawal ini umat muslim diseluruh dunia merayakan hari raya idul fitri. Hari raya idul fitri dalah hari raya dimana umat muslim menjadi silaturrohim untuk saling memaafkan dan saling mempererat tali persaudaran.

Disebut juga, hari raya ini adalah hari raya kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh di bulan ramadhan.

Berlalu bulan puasa ramadhan tidak hanya sekedar berlalu begitu saja, karena setiap ibadah tentunya ada wujud yang bisa ditampakkan dan ada yang tidak ditampakkan. Setiap tindakan setelah menjalankan ibadah puasa, tentu akan dilihat dan dinilai oleh orang lain. Karena mereka yang membandingkan setiap perubahan yang terjadi pada yang lainnya.

Begitu juga dengan perilaku anda, apakah ada perubahan atau tidak dan semua itu mendapatkan penilaian dari orang lain. Namun terlepas orang lain mau menilai baik atau tidak, tentunya anda ingin menjadi seorang muslim yang lebih baik setelah ramadhan.

Puasa bulan ramadhan 1 bulan penuh telah mengajarkan kepada seluruh umat muslim untuk menahan. Bukan hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar. Tapi lebih dari itu, yaitu mengendalikan segala bentuk kebiasaan yang tidak baik menjadi lebih baik di bulan puasa, mengendalikan hawa nafsu dari segala godaan yang nampak atau pun tersembunyi, meningkatkan dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik, serta meningkatkan hubungan yang lebih baik antar manusia yang lainnya.

Selain itu makna dari 1 bulan puasa ramadhan itu tidak hanya untuk bulan puasa itu, tapi untuk "mengendalikan" 11 bulan yang lainnya. Apakah dengan 1 bulan puasa yang penuh dengan kebaikan itu bisa merubah sifat-sifat anda dalam menjalani 11 bulan . Karena masih banyak yang belum memahami makna sebenarnya dari perwujudan bulan puasa ini.

Ketika di bulan puasa ramadhan, semua orang hampir melakukan kebaikan namun ketika bulan ramadhan berlalu dan idul fitri juga berlalu, sifat baik itu menjadi sirna seketika. Angkuh, sombong dan tidak mau tahu keadaan orang lain kembali muncul. Dari sinilah bisa terlihat hasil dari ibadah yang dilakukan saat bulan ramadhan, apakah benar-benar ikhlas atau hanya ingin sekedar dilihat.

Meskipun bulan puasa merupakan cermin dari perilaku ibadah yang anda lakukan, memang setiap orang memiliki perbedaan untuk memahami. Terlepas dari semua itu, setiap orang tentunya ingin menjadi muslim yang baik, setelah ramadhan, setelah idul fitri dan menjalani bulan-bulan berikutnya dengan baik dan lebih baik lagi.

Untuk menjadi seorang muslim yang baik, tentunya membutuhkan tekad dan niat yang kuat. Apalagi jika ingin membiasakan kebiasaan yang baik di bulan ramadhan dan ingin melanjutkan kebiasaan baik tersebut di bulan-bulan setelah bulan puasa ramadhan. Berikut beberapa cara menjadi muslim yang baik setelah puasa ramadhan :

Sholat Wajib Tepat Waktu

Jika di bulan puasa selalu menjalankan sholat lima waktu tepat waktu, maka kebiasaan ini tentunya akan berlanjut setelah puasa berlalu.

Menjalankan Puasa Sunnah

Setelah puasa ramadhan, ada puasa-puasa sunnah yang bisa dikerjakan secara rutin. Beberapa puasa sunnah tersebut antara lain:

  1. Puasa sunnah di bulan Syawal selama 6 hari, yang bisa dikerjakan pada tanggal 2 Syawal selama 6 hari berturut-turur.
  2. Puasa sunnah Ayyaumul Bidh yang bisa dikerjakan tiga hari pada tanggal 13, 14, 15 hijriah setiap bulannya.
  3. Puasa sunnah hari Senin dan Kamis.

Sholat Sunnah dan Sholat Malam

Meningkatkan sholat-sholat sunnah sebelum atau sesudah sholat wajib, mengerjakan sholat sunnah lainnya, dan mengerjakan sholat malam seperti sholat sunnah tahajud secara istiqomah.

Selalu Melakukan Kebaikan

Melakukan kebaikan memang penuh dengan tantangan tersendiri, namun jika dilakukan secara pelan-pelan dan rutin mengerjakan maka akan menjadi kebiasaan yang baik. Beberapa perilaku kebaikan yang bisa dikerjakan adalah peduli dengan orang lain, peduli dengan masjid, peduli dengan anak yatim dan fakir miskin, mengerjakan sedekah atau yang paling mudah adalah menjaga kebaikan pada diri sendiri.

Itulah beberapa cara menjadi muslim yang baik setelah puasa ramadhan. Terlihat mudah namun jika tidak dilakukan secara konsisten atau istiqomah akan sangat sulit untuk dilakukan. Semoga kita semua menjadi manusia yang lebih baik lagi, yang berasal dari diri sendiri dan karena kemauan diri sendiri untuk berubah. Semoga bermanfaat.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]