--> Skip to main content
Menu

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi, Kencing Manis, Kolesterol dan Asam Urat

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi, Kencing Manis, Kolesterol dan Asam Urat

Penyakit umum yang biasanya menyerang semua orang adalah penyakit hipertensi, kencing manis, kolesterol dan asam urat

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi, Kencing Manis, Kolesterol dan Asam Urat

Penyakit umum yang biasanya menyerang semua orang adalah penyakit hipertensi, kencing manis, kolesterol dan asam urat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak mudah terlebih-lebih orang tua yang lebih rentang terserang berbagai penyakit. Saking umumnya, penyakit ini tidak bisa dicegah begitu saja, sudah sangat akrab dalam masyarakat.

Meski sudah menjadi penyakit sehari-hari namun hampir semua orang tidak dapat menghindarinya. Hal ini disebabkan karena faktor kurangnya atau rendahnya masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat. Mereka banyak beranggapan kalau pola hidup sehat itu cukup beraktivitas setiap hari, yang penting mengeluarkan keringat. Tapi mengabaikan asupan gizi atau makanan yang mereka konsumsi.

Padaha tidak semua makanan yang dikonsumsi tersebut selalu dibutuhkan oleh tubuh, malah jika kelebihan zat-zat tertentu akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Misalkan selalu minum kopi dengan gula yang cukup banyak. Jika setiap hari selalu minum kopi 3x atau sampa 4x sehari dengan kandungan gula yang tinggi, maka akan bisa menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Jika kadar gula dalam darah tinggi maka akan menyebabkan penyakit kencing manis atau diabetes melitus (DM).

Baca Juga: Tanda Utama Gejala Diabetes Tipe 2

Begitu juga jika terlalu sering makan-makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging ayam, daging sapi, atau daging kambing akan menyebabkan kadar lemak dalam darah meningkat. Jika lemak dalam darah meningkat tanpa terkontrol maka akan memicu timbulnya penyakit kolesterol tinggi, darah tinggi atau hipertensi dan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

Apakah semua itu cukup hanya dengan berolahraga tanpa memperhatikan asupan makanan yang dimakan setiap hari? Tentu saja tidak, olahraga saja tidak cukup, makan yang banyak pun juga tidak cukup. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit hipertensi, kecing manis, kolesterol dan asam urat tersebut?

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit umum tersebut, maka hal penting yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yang seimbang. Makan teratur dengan komposisi makanan yang berbeda setiap harinya, olahraga teratur paling tidak 1 minggu 3x dengan rentang waktu 30 menit, dan tentunya selalu melakukan medical check up setiap bulan.

Medical check up sangat penting dilakukan untuk mengetahui kadar lemak dalam darah, gula dalam darah, dan pengukuran tanda-tanda vital untuk mengatahui rendah tingginya tekanan darah. Jangan pernah mengatakan "Saya takut cek kesehatan karena nantinya penyakit saya diketahui". Dengan melakukan cek up dan ada yang tidak normal dengan hasil pemeriksaan tersebut, maka anda bisa segera bisa mencegahnya sebelum parah.

Baca Juga: Cek Kesehatan Sangat Penting Dilakukan

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit hipertensi, kolesterol, kencing manis dan asam urat tersebut? Dari beberapa sumber yang kami rangkum, ada beberapa tips untuk mencegah penyakit yaitu:

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi meningkatnya tekanan darah dari batas normal. Jika anda mengalami tekanan darah tinggi, maka segera lakukan pemeriksaan karena penyakit yang satu ini akan beresiko menimbulkan penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.

Agar terhindar dari penyakit hipertensi ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan yaitu:

  • Olahraga tertaur.
  • Kurangi tingkat stres.
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol.
  • Tidak makan-makanan yang tinggi lemak atau tinggi garam.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan.
  • Lakukan cek kesehatan rutin seperti mengukur tekana darah, timbang berat badan dan sebagainya.

Kencing Manis atau Diabetes

Gula darah dalam tubuh cenderung naik maka kemampuan tubuh untuk memproses gula darah atau glukosa sudah terganggu. Jika gula darah ini tidak segera dicegah makan akan berdampak pada kesehatan tubuh dan menimbulkanpenyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Agar terhindar dari penyakit kending manis, ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

  • Olahraga secara teratur. Minimal 3x dalam seminggu.
  • Istirahat yang cukup. Jangan terlalu sering tidur malam karena akan menyebabkan terjadinya peningkatkan metabolisme tubuh yang tidak teratur.
  • Makan teratur, 3x sehari dengan asupan gizi yang seimbang dalam porsi yang cukup. Jangan makan terlalu kenyang ataupun terlalu lapar.
  • Menghindari makanan dan minuman tinggi gula. Contohnya adalah kue-kue dengan bahan pemanis, gorengan, minuman soda, minuman dengan kadar gula tinggi.
  • Kenali tanda-tanda dan gejala kencing manis. Ada beberapa tanda khusus yang harus anda ketahui agar terhindar dari penyakit yang satu ini.
  • Selalu melakukan cek gula darah secara berkala. Dengan melakukan pengecekan secara rutin akan membantu terhindar dari penyakit ini.

Penyakit kencing manis adalah penyakit yang jika gula darahnya tidak terkontrol akan sangat sulit untuk turun. Bahkan akan sering kambuh dan kambuh. Bahkan efek samping yang sangat menakutkan adalah jika terdapat luka akan menyebabkan luka sulit sembuh dan membusuk.

Kolesterol

Semua orang pasti memiliki kolesterol dalam tubuhnya, dalam batas normal kolesterol sangat aman untuk kesehatan. Namun jika kolesterol dalam darah selalu tinggi maka akan memicu timbulnya berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Meski tidak memiliki gejala yang khas namun salah satu tanda dari gejala kolesterol tinggi adalah mudah capek, leher dan pundak terasa kaku. Untuk mengetahui apakah kolesterol dalam tubuh tidak normal maka dilakukan pemeriksaan secara rutin. Dan agar terhindar dari penyakit yang satu ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

  • Makan teratur dan seimbang. Beberapa makanan yang mengandung lemak rendah yaitu gandum, minyak sayur, ikan tuna, makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah.
  • Olahraga teratur. Minimal 3x dalam seminggu selama 30 menit - 1 jam.
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol.
  • Hindari berat badan terlalu berlebih. Obesitas atau kegemukan adalah salah satu tanda kalau dalam tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Asam Urat

tanda dan gejala asam urat tinggi atau hiperurisemia adalah linu-linu dipersendian dan persendian bengkak. Bahkan dalam beberapa kasus penderita asam urat tidak bisa melakukan aktivitas karena tidak bisa berjalan. Nah, agar terhindar dari penyakit asam urat, ada beberapa tips yang bisa dilakuka yaitu:

  • Batasi asupan protein per hari. Biasanya protein tinggi terdapat pada daging.
  • Batasi konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi seperti beras putih. Lebih baik ganti dengan beras merah, kentang atau gandum.
  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Minum air putih secara rutin.
  • Olahraga secara teratur.

Untuk menerapkan pola hidup sehat dan teratur memang sangat susah dilakukan, apalagi tidak dilakukan sejak awal dan tidak menjadi kebiasaan. Namun jika dilakukan secara pelan dan belajar untuk mencoba, maka kebiasaan-kebiasaan baik itu akan berjalan dengan sendirinya.

Apalagi jika harus mengikuti aturan pola sehat seperti makan diatur, melakukan cek up kesehatan dan berolahraga tentunya sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi bagi orang-orang kurang paham menjaga kesehatan dan baru sadar setelah menderita penyakit parah.

Benar kata pepatah "Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati". Jika anda bisa mencegah kebiasaan-kebiasaan buruk dalam hidup anda, maka tidak ada hal yang merugikan yang akan anda alami. Begitu juga dengan kesehatan, jaga sehatmu sebelum sakitmu dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan menjaga kesehatan tubuh, maka secara tidak langsung anda bisa mencegah penyakit hipertensi, kencing manis, kolestero, asam urat dan penyakit yang lainnya.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]