--> Skip to main content
Menu

Cek Kesehatan Sangat Penting Dilakukan

Cek Kesehatan Sangat Penting Dilakukan

Apakah cek kesehatan sangat penting dilakukan? Tentu saja sangat penting. Namun sebagian masyarakat menjadi khawatir ketika mengetahui hasil dari pemeriksaan kesehatannya tersebut. Kenapa? karena jadi tahu penyakit atau masalah kesehatan yang mereka alami.

Banyak yang mengabaikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Alasan mereka tidak mau periksa adalah tidak mau tahu dengan hasilnya. Padahal dengan pemeriksaan dan hasil yang didapat akan lebih mudah melakukan pencegahan dan pengobatan pada penyakit yang ditemukan saat dilakukan pemeriksaan.

Namun sebaliknya, banyak masyarakat yang akan melakukan periksa kesehatannya setelah dalam kondisi tidak baik. Misalkan saat penyakit sudah parah, barulah mereka periksa. Dan ketika dilakukan pemeriksaan dan hasil memburuk, malah menyalahkan tenaga kesehatan yang memeriksanya.

Inilah kenyataan yang terjadi di masyarakat Indonesia, mulai dari yang mengerti tentang kesehatan sampai yang awam, ketika disarankan untuk melakukan check up rutin, mereka tidak mau. Begitu kondisi penyakitnya parah, barulah mereka memeriksakan diri.

Dan setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter dengan menyampaikan kondisi penyakitnya yang dideritanya, mereka menolak dengan hasil pemeriksaan tersebut. Bahkan sampai ada yang marah-marah ketika mereka memeriksakan kondisi penyakitnya ke rumah sakit untuk segera ditangani.

Inilah potret kesehatan masyarakat Indonesia. Saat mereka beranggapan selalu sehat dan beranggapan baik-baik saja, mereka sangat sulit untuk melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dan ketika penyakit sudah mulai menyerangnya dan membuat kondisinya memburuk, mereka menolak dengan hasil tersebut. Mereka masih beranggapan kalau sebelumnya masih sehat-sehat saja.

Baca Juga: Apakah Penyakit Datang Dalam 1 Jam?

Oleh karena itu, sebelum menyalahkan orang lain, sebelum melakukan komplain ke dokter atau perawat karena kondisi penyakit yang anda derita, intropeksi dulu kenapa anda sakit? Kenapa kondisi penyakit anda parah? Meski sebelumnya anda merasa baik-baik saja, namun penyakit yang anda derita tidak datang secara tiba-tiba.

Beberapa hari atau mungkin beberapa bulan sebelumnya, anda sudah sakit namun anda tahan-tahan dan semuanya merasa baik-baik saja. Dan seperti boom waktu, semuanya berubah setelah kondisi penyakit tersebut semakin parah dan anda pun membutuhkan pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan yang baik.

Jadi tidak ada penyesalan sebelum kejadian, penyesalan pasti muncul setelah kejadian. Begitu juga dengan sehat dan sakit. Untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan tidak mudah sakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan selalu melakukan cek kesehatan secara rutin.

Jangan pernah merasa takut, khawatir dari setiap hasil pemeriksaan yang dilakukan. Semakin cepat tahu hasilnya, semakin mudah untuk melakukan pencegahan dan pengobatan. Dan jika hasilnya baik-baik saja, maka puji syukur selalu ucapkan dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

Sehat Sakit Tuhan yang Menentukan

Banyak ucapan dan ungkapan seperti itu, memang betul semuanya Tuhan yang menentukan. Namun Tuhan juga menentukan semua itu dari hasil usaha atau ikhtiar umatNya.

Semoga artikel ini menjadi artikel intropeksi diri kita masing-masing dalam memahami keadaan tubuh kita. Sehat itu sangat penting, cek kesehatan juga lebih penting. Sakit itu susah, sakit itu menderita, tidak ada orang yang ingin sakit, bahkan pusing pun tidak ada yang mau. Oleh karena, jagalah sehatmu sebelum sakitmu.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]