--> Skip to main content
Menu

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Penderita Hipertensi dan Asam Urat

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Penderita Hipertensi dan Asam Urat

Beberapa makanan yang harus dihindari untuk penderita hipertensi dan asam urat untuk membantu akan penyakit tersebut tidak semakin parah

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Penderita Hipertensi dan Asam Urat

Beberapa makanan yang harus dihindari untuk penderita hipertensi dan asam urat untuk membantu akan penyakit tersebut tidak semakin parah. Namun untuk menghindari makanan tertentu apalagi makanan favorit tentu tidak mudah dilakukan. Kalau sudah seperti itu, maka akan menjadi sebuah dilema tersendiri. Makan pun penyakit tambah parah, tidak makan itu adalah makanan favorit.

Menjaga kesehatan itu sangat sulit dan menyembuhkan penyakit itu juga tidak mudah. Namun jika sebelum sakit mampu untuk melakukan kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan, maka hasilnya juga akan baik. Tidak akan sia-sia jika suatu kebaikan itu dilakukan.

Begitu juga sebaliknya, jika tidak memperdulikan kesehatan, maka hasilnya pun sangat menyakitkan. Menderita penyakit akut bahkan kronis harus diterima dengan terpaksa, penuh penyesalan dan bahkan tidak terima dengan keadaanya ketika sudah sakit.

Begitulah, ketika masih sehat semuanya terasa baik-baik saja, dan ketika sudah menderita penyakit tertentu yang mengganggu aktivitas dan penampilannya sudah stres dan ingin segera sembuh. Apalagi jika sudah opname, melampiaskan amarahnya ke petugas kesehatan, meminta untuk segera disembuhkan sakitnya. Seakan-akan dokter atau perawat yang bersalah dan bertanggungjawab dengan penyakitnya. Aneh bukan?

Baca Juga: Apakah Dokter dan Perawat yang Menyembuhkan Penyakit?

Oleh karena itu sebelum menyalahkan orang lain karena penyakit anda, lebih baik intropeksi diri dengan baik. Kenapa anda sakit? darimana datangnya penyakit itu? Jangan menyalahkan orang lain, tidak ada seorang pun yang menyebabkan anda sakit kecuali anda sendiri.

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang yaitu penyakit hipertensi dan asam urat. Kedua penyakit ini adalah penyakit yang sangat familiar dan akrab dengan semua orang. Timbulnya penyakit ini juga karena ulah diri sendiri yang tidak menerapkan cara-cara hidup sehat. Namun ketika anda sudah menderita penyakit ini maka cara terbaik adalah menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat saat sakit adalah dengan menghindari makanan yang menyebabkan penyakit tersebut tambah parah. Begitu juga dengan penderita hipertensi dan asam urat, meskipun makanan tersebut adalah makanan favorit, harus dihindari terlebih dulu.

Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Hipertensi, Kencing Manis, Kolesterol dan Asam Urat

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain. Penyakit jantung, stroke, vertigo adalah sekian dari penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tinggi. Agar terhindar dari masalah hipertensi ini, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari makanan yang memicu hipertensi.

Beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi yaitu:

  • Gorengan. Gorengan mengandung kadar lemak yang tidak baik untuk proses peredarah darah dalam tubuh. Kadar lemak yang tidak baik ini akan memicu semakin meningkatkan tekanan darah.
  • Produk susu murni. Kadar lemak yang tinggi dalam susu ini tidak baik untuk penderita tekanan darah tinggi.
  • Mentega atau margarin. Hati-hati penggunaan mentega dengan kandungan lemak didalamnya.
  • Daging berlemak dan daging olahan.
  • Makanan cepat saji. Makan seperti ini banyak yang menyebutkan tidak mengukur kadar nilai gizi pada setiap makanan yang dibuat.
  • Makananan ringan asin atau asinan. Hindari mengkonsumsi makanan terlalu asin.

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Penderita Asam Urat

Penyakit ini biasanya menyerang usia 30 tahun keatas dan jika tidak diobati akan menimbulkan efek samping yang sangat parah. Selain nyeri, salah satu efek sampingnya adalah muncul benjolan-bejolan disetiap persendian. Dan kondisi seperti itu akan muncul saat sudah berusia 40 tahun keatas.

Jika anda sudah menderita penyakit asam urat ini dan agar tidak semakin parah, maka tips yang harus dilakukan adalah menghindari makanan pantangan untuk penderita asam urat.

  • Tidak boleh makan daging jeroan. Mulai dari otak, hati, paru, dan usus tidak boleh dimakan.
  • Hindari makan daging mereah seperti daging sapi dan kambing.
  • Hindari makan daging bebek.
  • Tidak boleh mengkonsumsi makanan laut seperti kepiting, udang atau kerang.
  • Kurang dan hindari manuman manis-manis. Bahkan yang mengandung alkohol atau soda.
  • Makanan yang mengandung ragi dan tinggi gula.
  • Hindari makan sayuran seperti kembang kol, daun singkong, bayam, brokolo, jamur, buncis, asparagus, daun pepaya, dan bayam.
  • Hindari makan buah nanas, ririn, dan durian.

Sekali lagi, jika sudah sakit memang tidak mudah untuk makan makanan yang enak-enak. Apalagi memikirkan mau memilih makan makanan tertentu. Namun untuk penderita penyakit tertentu, mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan sangat dianjurkan agar tidak memperparah sakitnya.

Semoga beberapa info makanan diatas dapat membantu anda, namun yang pastinya selain mendapatkan info tentang kesehatan di blog ini, saran terbaik yang harus anda ikuti dan anda patuhi adalah nasehat dari dokter anda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]