--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Template Blog Dengan Performa Terbaik Untuk Blogger

Template Blog Dengan Performa Terbaik Untuk Blogger

Sudah memiliki blog? Atau mau membuat blog baru? Nah salah satu syarat sebelum membuat blog adalah persiapkan terlebih dulu template blog yang akan digunakan. Ada banyak sekali template yang bisa pakai, namun jika menginginkan tampilan blog dan performa yang baik, lebih baik persiapkan terlebih dulu. Siapkan semuanya sebelum terlambat.

Kenapa harus menyiapkan template terlebih dulu? Karena template yang digunakan akan memberikan beberapa poin yang bisa menjadikan blog tersebut baik dan tidak. Beberapa hal yang didapatkan dari penggunaan template atau theme yaitu:

  1. Tampilan blog lebih menarik.
  2. Loading blog lebih cepat.
  3. Struktur blog lebih baik.
  4. Memiliki kualitas SEO.
  5. Tidak membosankan.

Dari kelima poin diatas, tentunya semua blogger atau pemilik blog menginginkan blognya seperti itu. Namun yang paling dinilai dari semua itu adalah "tidak membosankan". Bagaimana bisa ngeblog jika melihat blog sendiri saja bosan karena tampilannya tidak menarik? Bagaimana orang lain bisa betah berkunjung ke blog kalau blognya membosankan?

Karena orang yang berkunjung ke blog itu tidak hanya sekedar membaca artikel atau berkomentar saja. Tapi tampilan blog dengan akses yang cepat juga menjadi salah satu faktor penting meningkatkan dan membuat blog menjadi lebih baik. Oleh karena itu salah satu terpenting sebelum membangun blog adalah menyiapkan template terlebih dulu.

Template seperti apa yang harus dipersiapkan?

Blogger sendiri sebenarnya sudah menyediakan berbagai jenis template yang bisa langsung digunakan. Namun dari segi tampilan kurang menarik, baik itu untuk tampilan judul, menu, halaman artikel, dan bagian sidebar kurang menarik, buat saya. Secara keseluruhan lebih baik saya tidak menggunakan template yang sudah ada tersebut.

Apakah harus menggunakan template berbayar?

Bukan karena faktor gratisan atau berbayar, tapi dari kelima poin yang saya sebutkan diatas menjadikan pilihan saya untuk memilih template yang baik. Gratisan asalkan selalu terupdate tentunya memiliki poin tersendiri, namun yang pastinya template berbayar lebih baik dari yang gratisan. Kenapa? Karena pembuat template ini selalu melakukan update untuk meningkatkan performa template agar lebih baik lagi.

Jika performa template semakin baik maka pengaruhnya bisa berdampak pada blog. Mulai dari tampilan, loading blog, struktur blog, dan membuat pemilik blog atau pun pengunjung selalu merasa nyaman untuk mengakses konten atau halaman setiap halaman pada blog tersebut. Oleh karena itu jika memiliki dana lebih, lebih baik gunakan template blog yang berbayar saja.

Namun perlu diperhatikan juga menggunakan template premium atau berbayar ini harus sebanding dengan blog yang Anda buat. Jika blog yang dibuat sudah menggunakan domain sendiri bukan subdomain, maka penggunaan thema berbayar sangat dianjurkan. Jika blog yang dibuat masih menggunakan subdomain gratisan seperti https://asetvirtual.blogspot.com lebih baik janga dulu.

Kecuali Anda memang memperlakukan blog dengan subdomain gratisan tersebut secara baik. Namun rata-rata blog dengan subdomain ini biasanya tidak diurus dengan baik, asal tampil sudah lebih dari cukup. Selebihnya apa kata waktu, toh subdomain yang digunakan tidak bakalan mati meskipun blog tidak diurus. Bahkan akun email yang digunakan untuk mengakses blog tersebut sudah lupa pun blog akan tetap ada selama-lamanya :)

Bagaimana dengan blog dengan domain sendiri? Misalkan blog digitalpoin.com ini, tentunya menjadi kekhawatiran bagi saya jika masa perpanjang domain akan habis alias mau expired. Apalagi tampilan, loading dan akses blog ini juga sudah oke oce, tentunya sangat disayangkan jika domain blog ini tidak diperpanjang. Dan mau tidak mau karena blog ini sudah menjadi bagian dari aktivitas saya, maka setiap tahunnya domain blog ini harus diperpanjang.

Kecuali template yang digunakan pada blog ini, meskipun domainnya harus diperpanjang dengan membayar sekitar Rp 150 ribu tapi tidak dengan templatenya. Cukup bayar 1x sejak pertama pembelian sampai sekarang sudah sangat puas dengan performa template blog ini.

Baca Juga: Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogspot

Oleh karena itu, template atau thema blog adalah bagian terpenting sebelum Anda membuat blog. Ibarat membangun rumah, maka pondasi rumah harus diperkuat terlebih dulu, jika tidak kuat maka kondisi rumah akan mudah retak dan bisa-bisa roboh. Begitu juga dengan blog, thema yang digunakan bisa menjadikan blog lebih baik dari segi tampilan, konten, dan SEO.

Dimana mendapatkan template blog dengan performa terbaik?

Seperti yang saya sebutkan diatas, banyak faktor yang menentukan performa sebuah template blog dan dibawah ini adalah para pembuat template khusus blogger atau blogspot yang rata-rata hasil buatannya sangat bagus. Mulai dari segi tampilan, performa dan faktor SEO sudah terdapat pada hasil template buata mereka.

Template Kompi Flexible

Template kompi flexible ini adalah template blogger yang dibuat oleh kang Adhy, owner Kompiajaib.com. Tampilan template ini sudah saya gunakan pada blog Digitalpoin.com ini namun sudah mengalami beberapa perubahan. Untuk menggunakan template ini silahkan kunjungi template Kompi Flexible v9.

Template Link Magz

Meski hanya 1 kali menggunakan template buatan mas Sugeng dari beberapa template yang sudah dibuatnya, saya menilai kalau template buatannya juga bagus. Begitu juga dengan template link magz yang memiliki tampilan lebih lengkap. Dan untuk menggunakan template ini, Anda bisa mengunjungi blognya mas Sugeng di sugeng.id

Template Jago Desain

Gak tahu juga kok pas nemu webnya jagoan desain ini browser beberapa waktu yang lalu. Meski belum pernah menggunakan template buatannya, namun dari segi tampilannya yang kekinian banget, sangat merekomendasikan template buatan jago desain ini. Silahkan kunjungi saja webnya di jagodesain.com ada beberapa koleksi template blogspot yang kece banget disana.

Ketiga template atau penyedia template diatas adalah yang saya pilih karena dari banyak faktor. Mulai dari tampilan, loading, struktur kode, dan seo template juga sudah bagus. Dan tentunya masing-masing template memiliki kelebihan masing-masing. Selain untuk menggunakan template-template diatas, Anda harus mengeluarkan uang untuk harga template.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

2 komentar

  1. Maman Achman
    Sejak awal, saya suka template buatan kompiajaib, rapi dan fast loading, hingga sekarangpun masih menggunakannya :)
    • Roni
      Betul mas, saya juga suka menggunakan template buatan kang Adhy ini, selain itu untuk edit kodenya juga tidak terlalu ribet
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]