--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Meningkatkan Performa Blog Dengan Skor 100 Pentingkah?

Meningkatkan Performa Blog Dengan Skor 100 Pentingkah

Buat saya penting sekali, bukan karena masalah faktor skor 100 yang ditampilkan karena meningkatkan performa blog bukan hanya sekedar mendapatkan skor 100. Performa blog tidak hanya mencakup angka, meskipun angkanya rendah dengan warna kuning bahkan ada yang merah, namun loading blog tersebut tetap cepat dan stabil. Kenapa seperti itu? Ada banyak faktor yang perlu digaris bawahi, bahwa performa sebuah website atau blog tergantung dari pengkodean dan server yang digunakan dalam blog tersebut.

Saya contohkan disini adalah web Okezone, ada raport merah untuk performa situs ini. Ketika di akses, kecepatan situs memiliki loading yang tidak terlalu lambat. Semua halaman bisa diakses dengan tampilan penuh. Namun jika performa dan kecepatan situs ini di analisis menggunakan tool Lighthouse, PageSpeed Insights, dan GTmetrix, nilai rapor mereka merah. Bahkan di PageSpeed Insights skornya hanya muncul tanda tanya merah alias error.

Jangan Okezone, analisis performa yang saya cek untuk Google.com (tanpa konten hasil pencarian) juga memiliki skor 89 untuk tampilan mobile versi PageSpeed Insights, sedangkan versi desktop dengan skor sempurna, 100. Begitu juga untuk skor di GTmetrix dan saya compare dengan blog Digital Poin ini, skor sama yaitu 100. Namun dari analisis yang ditampilkan gtmetrix, blog ini masih lebih baik.

Dengan tampilan yang sederhana, hanya ada logo Google, link, dan teks, seharusnya dari tool analisis yang biasa digunakan untuk mengecek performa sebuah situs, nilai skor Google harusnya lebih baik dari yang lainnya. Bahkan harus memiliki nilai skor yang sempurna dengan angka hijau.

Dari kedua analisis website berita dan web pencarian diatas, apakah meningkatkan performa blog dengan skor penting dilakukan? Apakah ada nilai tambah misalkan dari segi SEO bisa mendongkrak peringkat blog di halaman pencarian?

Kalau saya sendiri tidak terlalu memperdulikan masalah nilai skor tersebut, namun membuat skor blog menjadi 100 tentunya sangat berdampak dari semua segi blog. Mulai dari tampilan, akses yang mudah untuk pembaca, dan membuat nyaman pembaca blog adalah tujuan utama saya membuat blog ini lebih baik. Dan memperbaiki konten-konten blog ini agar lebih menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Begitu juga dengan S.E.O blog yang dikait-kaitkan dengan skor blog. Saya belum paham, bagian performa yang mana yang dikatakan memberikan dampak meningkatkan peringkat blog menjadi lebih baik? Apakah dari nilai skor yang didapatkan atau dari segi akses yang mudah dengan tampilan penuh?

Jika nilai skor 100 dengan warna hijau memberikan dampak peringkat blog, maka blog ini harusnya sudah memiliki peringkat yang baik. Apalagi konten yang ada di blog ini, semua ditulis sendiri dan asli, meskipun semuanya tidak dengan standart penulisan SEO. Begitu juga dengan askes untuk tampilan halaman blog ini, akses cepat dan mudah digunakan dengan tampilan responsif.

Baca Juga: Meningkatkan Performa Loading Blog

Namun jika nilai skor bukan bagian dari faktor SEO, seharusnya peringkat website Okezone juga tidak baik. Ternyata tidak, saat mereka membuat artikel baru, rata-rata semuanya bisa berada di halaman pertama Google!

Apakah masih penting meningkatkan loading dan tampilan blog menjadi lebih baik lagi? Tentu saja penting banget, untuk segi SEO, tidak ada yang tahu, bahkan Google sendiri hanya memberikan asumsi dan perkiraan untuk performa blog, apakah akan meningkatkan peringkat blog tersebut atau tidak. Karena semuanya sudah diatur dalam bentuk analisis algoritma.

Terpenting untuk dilakukan selain performa adalah memperhatikan semua yang ada di blog atau website kita. Mulai dari konten seperti artikel, tampilan, dan loading yang sebisa mungkin membuat pembaca nyaman berkunjung dan mendapatkan manfaat dari kunjungan mereka.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

6 komentar

  1. Kang Ismet
    semuanya jadi faktor pendukung kang... angka bukan segalanya, tapi minimal membuat struktur blog lebih baik.. tetap intinya Content is king
    • Roni
      iya kang, selalu memaksimalkan dengan baik agar tetap stabil karena terkadang malah error saat terlalu melakukan optimasi hehee.
      Setujua banget, Content is king :)
  2. Maman Achman
    Ini yang sedang saya usahakan mas, lama gak utak-atik blog, sekarang performa blog saya agak kurang bagus, loadingnya terasa berat.

    BTW makasih pencerahannya, akan saya coba aplikasikan pada blog saya nanti.
    • Roni
      Sama-sama mas, sambil mengambil waktu luang untuk berbenah blog mas, semoga lebih baik lagi blognya
  3. Tedi Eka
    Menurut saya juga lumayan penting mas buat blogger kecil modal pas-pasan seperti saya ini. Sebagai senjata andalan selain authority dan konten supaya bisa disayang mbah google.
    • Roni
      iya mas, arah tujuannya juga kesana nantinya, mendapatkan authority agar google tahu kalau blog selalu diurus dengan baik :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]