--> Skip to main content
Menu

Mengatasi Jangkauan Sinyal Internet Telkomsel yang Tidak Tersedia

Mengatasi Jangkauan Sinyal Internet Telkomsel yang Tidak Tersedia

Mengatasi jangkauan sinyal internet tidak hanya terjadi secara global, tapi didalam rumah juga bisa terjadi

Mengatasi Jangkauan Sinyal Internet Telkomsel yang Tidak Tersedia

Apakah Anda ingin menggunakan produk-produk Telkomsel seperti Indihome, Telkomsel Orbit, atau By.U namun terkendala sinyal? Begini saat ingin menggunakan salah satu produk jaringan internet ini ternyata saat cek lokasi untuk mengetahui sinyal ternyata sinyal dilokasi yang dipilih tersebut belum tersedia atau tidak ada jangkauan sinyal internet di lokasi tersebut.

Biasanya dari Telkomsel sendiri sebelum pengguna ingin menggunakan produknya tersebut, pengguna diarahkan untuk mengecek jaringan internet di lokasi pengguna. Apakah tersedia ada atau tidak. Untuk di desa-desa terpencil, nggak terpencil sih yaa agak masuk dari jalan raya atau pelosok gitu, maka besar kemungkinan jaringan internetnya tidak tersedia jika dilakukan pengecekan melalui aplikasi yang disediakan oleh Telkomsel.

Pengecekan ketersediaan ini melalui aplikasi peta yang ada di website Indihome. Jika di aplikasi tersebut menampilkan notifikasi "Layanan IndiHome tersedia di lokasi Anda" maka Anda bisa memasang indihome namun jika notifikasi yang tampil adalah "Layanan IndiHome  tidak tersedia di lokasi Anda" maka layanan tersebut belum tersedia.

Apakah notifikasi "Layanan IndiHome tidak tersedia di lokasi Anda" benar-benar menunjukkan kalau layanan indihome tidak tersedia di lokasi tersebut? Belum tentu alias tidak sepenuhnya benar. Tapi itu memang kebijakan dari Telkomsel memberikan batasan jangkauan yang ditampilkan melalui aplikasi peta poin dari jangkauan sinyal internet mereka. Jika Anda benar-benar ingin menggunakan layanan indihome, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, bukan hanya sekedar melakukan pengecekan ketersediaan lokasi.

Begitu juga dengan layanan lainnya seperti Telkomsel Orbit atau By.U. Dua produk yang masih berada dibawah naungan Telkomsel ini masih diragukan keberadaannya karena sepenuhnya belum menjangkau daerah-daerah yang minim sinyal. Hal ini bisa diketahui ketika Anda melakukan pengecekan lokasi ketersediaan sinyal melalui map. Pasti akan muncul notifikasi kalau jaringan atau layanan masih belum tersedia. Apakah layanan Telkomsel Orbit dan By.U benar-benar tidak tersedia? Belum tentu...

Mengatasi jangkauan sinyal internet tidak hanya terjadi secara global, tapi didalam rumah juga bisa terjadi. Misalkan ketika berada di ruang tamu, sinyal internet sangat kuat, namun ketika pindah kedalam kamar, sinyal sudah berkurang. Lantas bagaimana cara mengatasi jangkauan sinyal internet yang berbeda dan mungkin terbatas tersebut? Jika Anda hanya sebagai pengguna tentunya tidak ada cara terbaik yang bisa dilakukan, karena semua itu bukan dari masalah jaringan tapi karena perbedaan lokasi dan adanya hal-hal yang menghalangi sinyal.

Jika berbicara sinyal internet Telkomsel, memang selalu menimbulkan pro dan kontra. Khususnya bagi yang selalu bermasalah dengan jaringan ini, mungkin ada hal-hal yang belum diketahui kenapa sinyal ditempatnya sangat lambat, sinyal hilang timbul sehingga membuat koneksi internet tidak stabil. Apakah semua itu dari provider atau jangkauan di lokasi tersebut memang tidak kuat?

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Login ke Aplikasi My Orbit Telkomsel

Mengatasi Jangkauan Sinyal Internet Telkomsel yang Tidak Tersedia

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tidak serta hanya terfokus pada apa yang disampaikan oleh aplikasi pengecekan. Khusus indihome, memang harus melakukan koordinasi dengan teknisi dari indihome karena layanan ini membutuhkan alat yang terhubung dengan ODP yang ada dimasing-masing titik lokasi setiap daerah.

ODP ini biasanya terpasang di tiang milik Telkom, bukan tiang listrik milik PLN. Jika di desa Anda ada alat ini atau paling tidak ada tiang telkom yang masuk ke desa, maka bisa dipastikan jaringan indihome bisa dipasang dirumah Anda. Namun dengan syarat, jarak ODP tidak lebih dari 200 - 500 meter. Jika lebih dari itu, maka besar kemungkinan akan ada ketentuan lainnya yang bisa Anda tanyakan ke pihak teknisi indihome.

Lantas bagaimana dengan sinyal internetnya? Semua daerah sudah pasti dijangkau untuk sinyal ini, pasti ada sinyal namun dengan perbedaan penerimaan kekuatan sinyal yang diterima. Intinya semuanya terjangkau, tidak ada wilayah atau daerah yang tidak dijangkau sinyal internet. Semuanya ada.

Sedangkan penunjukan lokasi melalui map yang ditampilkan tersedia atau tidak karena di map tersebut mengacu pada titik ODP yang terpasang dimasing-masing daerah. Jika didaerah itu ada ODP, maka jaringan akan tersedia, jika tidak ada maka jaringan tidak akan tersedia atau bahkan menampilkan notifikasi error.

Bagaimana Dengan Layanan Telkomsel Orbit dan By.U?

Kedua layanan ini berbeda dengan Indihome, untuk telkomsel orbit dan By.U pengguna hanya cukup mempersiapkan modem dan ponsel saja. Khususnya untuk Telkomsel Orbit, sebagai pengguna karena indihome tidak ada kabel atau tiang telkom yang masuk ke desa saya, dan kalau pun ada jarak ODP ke rumah saya sekitar 1 kilometer. Tentu saja bukan solutip untuk memasang indihome di rumah.

Karena keterbatasan itulah saya mencari alternatif lain yaitu menggunakan mode telkomsel orbit! Apakah sinyal orbit masuk ke desa saya? Tentu saja meskipun saat di cek dilayanan ini melalui titik lokasi orbit di map tidak ada layanan orbit di desa saya. Tentu saja saya tidak percaya begitu saja, saya coba membeli dan memasang modem wifi orbit ini dan wuzzz! Ternyata koneksinya oke juga dan hingga kini saya dan keluarga bisa menikmati internetan di rumah dengan santai dan nyaman hehehee...

Oleh karena itu, ketika Anda mencoba titik lokasi akses internet telkomsel tidak tersedia di lokasi Anda, lebih baik coba dulu layanan yang dihadirkan oleh telkomsel tersebut. Dengan mencoba langsung akan mengetahui apakah sinyal memang benar-benar tidak ada atau hanya di map cek lokasi saja yang tidak muncul.

Dari pengalaman ini saya menyimpulkan kalau jangkauan sinyal internet Telkomsel sebenarnya sudah menjangkau ke seluruh pelosok desa. Kecuali di hutan atau lokasi-lokasi tertentu yang memang sangat jauh dari tower atau jaringan internet. Jadi jangan selalu berburuk sangka ke semua provider jika layanan mereka kurang memuaskan, semua itu terjadi karena memang adanya perbedaan dan tata cara yang belum tentu sesuai dengan yang mereka tetapkan.

2 komentar

  1. Supriyadi
    Wah seru nih topiknya. Kebetulan saya sekarang sedang bekerja disalah satu operateor seluler. Secara khusus, IndieHome dan By.U memiliki perbedaan dalam menyampaikan data kepada pelangan.Jika IndiHome menggunakan kabel serat optik yang sambung menyambung antar pelangan hingga ke pusat pengolahan data. Nah, jika celuler, ia menggunakan transmisi gelombang elektromagnetik dengan frekuensi tertentu melalui udara. Biasanya pemancar celuler dipasang berdasarkan perluas wilayah dan penyebaran pemukiman, tergantung dari target pemasaran operator tersebut.

    hehehe panjang bener yak? ya itu dah, artikel ini keren!
    • Roni
      Betul, ada perbedaan spesifik diantara layanan yang disediakan oleh telkomsel ini. Dan seperti yang mas Supriyadi sebutkan, setiap jangkauan frekuensi tergantung dari luas wilayah dan beberapa keadaan yang ditentukan oleh operator. Namun terkadang tidak seperti itu juga, ini yang bikin saya penasaran :)
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]