--> Skip to main content
Menu

Domain Hosting Gratis Dengan Cpanel Untuk Wordpress

Domain Hosting Gratis Dengan Cpanel Untuk Wordpress

Ingin membuat blog menggunakan Wordpress tapi terkendala domain dan hosting? Kenapa tidak menggunakan domain hosting gratis saja? Emang bisa? Bisa

Domain Hosting Gratis Dengan Cpanel Untuk Wordpress

Ingin membuat blog menggunakan Wordpress tapi terkendala domain dan hosting? Kenapa tidak menggunakan domain hosting gratis saja? Emangnya bisa? Bisa banget, bahkan Anda bisa bermain-main dengan Cpanel yang meskipun menggunakan hosting gratis. Tapi jangan menuntut banyak ya karena bagaimanpun juga domain dan hosting gratisan memiliki keterbatasan yang harus Anda terima dulu.

Apa saja batasannya? Tentu saja dari segi kapasitas penyimpanan sedikit, kadang-kadang mengalami down alias server ngadat sehingga bikin blog atau web yang dibuat loadingnya lambta bahkan tidak bisa dibuka. Namun jika hanya untuk belajar dan ingin mencicipi ngblog rasa Wordpress yang dari dulu hanya menggunakan Blogspot saja., seperti saya ini, tak ada salahnya untuk mencoba dan belajar.

Siapa yang tidak ingin menggunakan Wordpress? Pasti semua blogger menginginkan platform web yang satu ini. Fitur lengkap, mudah digunakan, dan bisa segalanya. Mulai bisa digunakan untuk bikin blog atau website, bisa digunakan untuk membuat landing page atau halaman penjualan, dan bisa segalanya dengan mudah dan tidak ribet.

Apakah blog atau web dengan domain dan hosting gratis bisa membuat blog di Wordpress?

Tentu saja bisa, bahkan layaknya menggunakan domain dan hosting berbayar, yang gratisan ini juga sangat bisa. Dan di artikel ini saya akan memberikan caranya untuk teman-teman semua. Dan perlu diperhatikan, menggunakan domain dan hosting tidak berbayar ini tidak, sangat tidak disarankan digunakan sebagai blog utama. Lebih baik digunakan hanya untuk belajar dan belajar.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting Gratis Untuk Cpanel Wordpress

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan tentunya cara yang dilakukan ini adalah cara legal dan tidak menggunakan cara-cara yang dilarang. Untuk mendapatkan domain dan hosting gratis cukup menggunakan layanan yang saya sebutkan dibawah ini. Berikut caranya:

  1. Kunjungi https://www.awardspace.com
  2. Lakukan pendaftaran untuk membuat akun dengan cara klik tombol Free Signup
  3. Daftar menggunakan email dan isi kolom. Untuk email yang digunakan, saya sarankan jangan menggunakan email utama. Klik tombol Register Now
  4. Buka email masuk dan lakukan konfirmasi dengan mengklik link yang ada didalam email masuk. Dengan mengklik link konfimasi, Anda akan langsung otomatis masuk ke halaman dasbor Awardspace dengan tautan cp1.awardspace.net
  5. Di halaman dasbor ini terdapat banyak sekali menu-menu yang nantinya bisa dipelajari. Dan juga Anda sudah memiliki hosting di awardspacr dengan kapasitas Disk Space 1 GB, Bandwidth 5 GB, Domain yang bisa digunakan 1, subdomain yang didapatkan 3, dan untuk melihat kapasitas lainnya bisa di cek dibagian sidebar sebelah kiri.
  6. Namun sayangnya, untuk akun gratis tidak mendapatkan SSL. Oleh karena itu, saya menyarankan jangan menggunakan hosting gratis ini untuk kebutuhan website utama Anda.
  7. Selanjutnya masih di halaman dasbor ada menu Zacky App Builder dan Zacky Website Builder. Untuk membuat website dengan tampilan yang langsung jadi, pilih Zacky Website Builder. Pilih Zacky Website Builder terlebih dulu karena dengan memilih menu ini, Anda akan diarahkan ke kolom domain yang akan di hosting. Jika belum memiliki domain, bisa menggunakan subdomain yang sudah disediakan
  8. Di halaman Zacky Website Builder, klik tombol Create a New Website
  9. Selanjutnya pilih dan klik menu Create a Free Subdomain. Memilih menu karena hanya menggunakan subdomain yang sudah disediakan. Selanjutnya klik dan isi kolom dengan nama blog/website Anda dan pilih subdomain yang diinginkan. Jika sudah selesai, klik tombol Create dan tunggu sampai ada notifikasi kalau subdomain berhasil dibuat
  10. Selanjutnya pilih menu Zacky App Builder di sidebar sebelah kiri untuk menginstal Wordpress
  11. Di halaman menu Zacky App Builder ada keterangan yang bisa Anda baca-baca terlebih dulu. Untuk melakukan instal Wordpress klik tombol Browse and install Apps
  12. Karena akun yang digunakan adalah akun gratisan, maka aplikasi yang bisa di Instal hanya ada 3 yaitu Wordpress, Joomla, dan Grav. Pilih dan klik Wordpress untuk melanjutkan instalasi atau pemasangan
  13. Klik tombol Proceed to step 2 dan dihalaman Step 2 ini, isi kolom berikut:
    • Choose a title for you website: Isi dengan judul website
    • Admin Username: Isi dengan nama usernmae yang nantinya digunakan untuk Login ke akun Wordpress
    • Admin Password: Isi dengan password dan jangan diberitahukan kesiapa-siapa. Password ini digunakan untuk Login ke akun Wordpress
    • Admin Email Address: Masukkan email untuk menerima informasi dan sebagai akun email Wordpress
  14. Jika sudah selesai diisi, klik tombol Install Application. Tunguu hingga proses selesai dan perlu diketahui Wordpress yang dipasang adalah Wordpress terbaru.
  15. Setelah selesai Anda akan mendapatkan link website dengan subdomain dan link website untuk login ke akun Wordpress. Contohnya seperti punya saya ini:
    • Alamat website: http://digitalpoin.mypressonline.com
    • Alamat website untuk login: http://digitalpoin.mypressonline.com/wp-admin/
  16. Selesai

Dari beberapa langkah diatas, Anda kini sudah memiliki website dengan subdomain dan link untuk login ke akun Wordpress Anda. Untuk melakukan login, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka link login /wp-admin/ sebagai contoh adalah milik saya ini http://digitalpoin.mypressonline.com/wp-admin/ dan akan tampil form login seperti tampilan gambar dibawah ini:
    domain dan hosting gratis
  2. Gunakan username dan password yang telah dibuat saat menginstal Wordpress sebelumnya
  3. Jika berhasil login maka Anda akan masuk ke akun dasbor Wordpress blog Anda. Nah dari sini Anda sudah bisa mempelajari bagian-bagian menu yang ada di dasbor ini. Anda bisa menjelajahi semuanya dengan mudah dan bebas.

Meskipun gratisan namun Anda bisa memiliki dan mengelola blog menggunakan Wordpress.org bukan lagi Wordpress.com. Ingat, kedua Wordpress (Wp) ini sangat berbeda dan Anda bisa temukan perbedaannya di artikel blog ini Perbedaan Login cPanel Dengan Blog Wordpress Self Hosting

Dengan akun gratisan ini, setidaknya Anda sudah memiliki modal untuk menggunakan Wordpress dengan domain dan hosting berbayar. Karena ada banyak perbedaan jika Anda membandingkan keduanya, gratis dan berbayar. Baca juga Perbedaan Website Blog Gratis dan Berbayar

Apakah akun gratisan ini bisa digunakan untuk membuat landing page? Tentu saja sangat bisa, anda bisa mempelajari dan membuatnya dengan mudah. Karena selama kapasitas penyimpanan di akun ini masih tersedia untuk memasang plugin yang digunakan untuk membuat landing page, maka selama itu anda bisa membuat landing page.

Melanjutkan pembahasan artikel ini, saya sudah menyiapkan video untuk mempermudah mendapatkan domain dan hosting gratis ini. Serta tambahan penjelasan di dasbor Wordpress. Baca dulu artikel diatas dengan baik dan simak videonya agar mudah dipahami.

Jika mengalami kendala dalam mendapatkan domain dan hosting ini serta ada kendala dalam belajar Wordpress, silahkan tinggalkan komentar, kita akan bahas bareng-bareng. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]