Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Perbedaan Website Blog Gratis dan Berbayar

Perbedaan Website Blog Gratis dan Berbayar
Perbedaan Website Blog Gratis dan Berbayar - Saat pertama kali membuat blog atau website, yang terbayang dibenak Anda adalah kalau membuat blog atau website itu musti bayar. Padahal tidak, membuat website atau blog ada yang gratis dan ada yang berbayar. Namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat kompleks. Untuk Anda yang masih baru atau baru mengenal blog atau website, sebagai pembelajaran sangat disarankan untuk membuat blog dengan fitur gratis terlebih dulu. Kenapa? Silahkan baca alasannya di Membuat Blog Tidak Semudah yang Anda Bayangkan

Membuat blog atau website meskipun berbayar sebenarnya sudah tidak terlalu mahal-mahal banget, kecuali Anda menyewa atau menggunakan jasa orang lain maka harganya lebih mahal daripada membuat sendiri. Membuat sendiri memang tidak mahal tapi proses pembuataannya itu yang bikin mahal, yang membutuhkan waktu yang lebih lama. Ada proses panjang yang harus dilakukan dalam membuat blog, bukan sekedar masalah biaya, termasuk konsistensi dalam mengurus blog yang telah Anda buat.

Perbedaan Website Blog Gratis dan Berbayar
Percuma juga Anda memiliki blog dengan cara dibuatkan oleh orang lain dengan biaya mahal namun tidak pernah Anda urus. Ingat buat blog atau website itu juga bukan hanya awalnya saja tapi memiliki blog itu untuk jangka panjang, bukan jangka pendek. Bagaimana cara mengurus blog atau website Anda yang telah dibuat pertama kali dan mampu bertahan dari banyak blog yang bersaing dengan blog Anda? Itulah yang harus Anda pikirkan, bukan masalah sekedar punya blog atau website.

Terserah cara Anda dalam membuat blog atau website, mau yang berbayar atau yang gratisan. Namun sebagai pemula, sangat disarankan untuk membuat blog atau website gratisan dulu, jangan mudah tergoda dengan iming-iming blog atau website berbayar. Belajar lah membuat blog dari blog gratisan terlebih dulu, cari lah ilmu dan kembangkan skill dengan blog gratisan sehingga saat membuat blog atau website dengan fitur yang lebih lengkap Anda tidak akan bingung.

Perbedaan Website Blog Gratis dan Berbayar

Sedikit penjelasan mengenai blog atau website gratis dan berbayar dan mana yang harus dipilih serta bagaimana mengurus blog atau web yang telah Anda buat untuk pertama kalinya sudah dijelaskan diatas. Mana yang lebih baik antara blog berbayar atau gratis juga sudah dijelaskan diatas namun lebih jelasnya lagi berikut perbedaan website atau blog gratis dan berbayar yang harus diketahui sebelum membuat blog untuk pertama kalinya:

Website atau Blog Gratis
  1. Tidak butuh biaya atau modal, kecuali biaya internet :)
  2. Website atau blog gratis disediakan oleh penyedia layanan blog yaitu wordpress.com, blogspot.com (Blogger.com), dan sebagainya yang bisa Anda cari di internet. Wordpress.com dan Blogger.com adalah layanan blog gratis yang populer atau banyak digunakan.
  3. Tidak perlu membeli domain dan hosting. Untuk domain sudah langsung disediakan oleh penyedia layanan blog. Misalkan di Blogspot.com maka alamat domain yang miliki adalah tampilan.blogspot.com
  4. Memiliki kapasitas penyimpanan tanpa batas (free hosting) khususnya untuk Blogger.com, sedangkan untuk Wordpress.com hanya disediakan penyimpanan 3GB.
  5. Memiliki fitur-fitur terbatas.
  6. Mudah terindeks oleh Google atau mesin pencari khususnya untuk Blogger.com
  7. Sangat cocok untuk pemula yang baru belajar membuat blog.
Website atau Blog Berbayar
  1. Butuh biaya untuk membeli domain dan hosting.
  2. Bisa memiliki nama domainblog atau website dengan nama Anda sendiri atau nama usaha Anda. Misalnya nama Anda adalah Maryam maka nama domainnya adalah www.maryam.com
  3. Memiliki ekstensi domain sesuai keinginan. Misalnya co.id, .org, .net, .info, .ac.id, atau .com, .net, .info dan sebagainya.
  4. Bisa memiliki alamat email dengan domain sendiri. Misalnya alamat emailnya adalah admin@maryam.com
  5. Website atau blog yang dibuat bisa untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk blog pribadi atau personal, web berita, toko online, web perusahaan, dan sebagainya.
  6. Anda memiliki akses penuh terhadap web atau blog Anda.
  7. Pengelolaannya bisa dilakukan secara otomatis.
  8. Tampilan lebih profesional dan elegant.
  9. Kapasitas hosting bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
  10. Anda dapat menuntut pihak penyedia hosting bila terjadi gangguan.
  11. Tidak disarankan untuk pemula yang benar-benar baru dalam membuat blog.
Itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan website atau blog gratis dan berbayar. Masih banyak sebenarnya perbedaan yang terdapat pada keduanya, poin dasarnya seperti ini. Untuk pemilihannya, mana yang lebih baik antara blog atau website gratis dan berbayar, tentunya yang berbayar namun sekali lagi untuk pemula, sangat disarankan untuk membuat blog dengan fitur serba gratisan dulu karena jika blog gratisan di kelola dengan baik, maka hasilnya juga akan baik dan malah menguntungkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.