Skip to main content
Menu

5 Hal Sebelum Memulai Membuat Blog yang Perlu Diketahui

5 Hal Sebelum Memulai Membuat Blog yang Perlu Diketahui

Ingin berbagi cerita, ide, atau pengetahuan dengan dunia? Memulai membuat blog adalah cara yang tepat untuk melakukannya!

Baca Juga

Ingin berbagi cerita, ide, atau pengetahuan dengan dunia? Memulai membuat blog adalah cara yang tepat untuk melakukannya! Blog adalah platform online yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan konten teks, gambar, video, dan multimedia lainnya secara gratis.

5 Hal Sebelum Memulai Membuat Blog yang Perlu Diketahui

Banyak platform yang bisa digunakan untuk memulai membuat blog seperti Blogger, WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya. Ada yang gratisan dan ada yang berbayar yang bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, dunia blogging itu sudah berkembang pesat. Dulu, blog hanyalah halaman web sederhana tempat orang bisa berbagi apapun seperti cerita, pengalaman, review, berita, foto, dan lain sebagainya.

Sekarang ini, blog sudah bisa menjadi profesi penuh waktu bagi banyak orang, bahkan berkembang menjadi media raksasa. Salah satunya adalah TheVerge, merupakan jaringan media berita teknologi Amerika yang dioperasikan oleh Vox Media dengan kantor di Manhattan, New York (Wikipedia).

Blog ini mempekerjakan banyak kreator berbakat untuk memproduksi konten setiap harinya. Oleh karena itu, dengan blog, Anda bisa berbagi berita, ideologi, cerita, dan lain-lain ke seluruh penjuru internet.

Namun, membangun blog yang sukses itu tidak mudah, apalagi dilakukan sendirian. Meskipun banyak blogger yang sukses mengelola blognya secara manual dan dilakukan sendirian, seperti blog Digital Poin ini.

Mengelola blog itu gampang-gampang susah. Jika Anda ingin memulai blog, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar Anda bisa sukses di dunia blogosphere yang luas ini.

Berikut 5 hal terpenting yang harus Anda ketahui sebelum memulai membuat blog :

1. Tentukan niche (tema) yang ingin Anda geluti

Banyak saran yang mengatakan bahwa blogger pemula harus tahu persis apa yang akan mereka tulis yaitu dengan cara hanya memilih satu topik bahasan atau 1 niche dulu.

Memang ini saran yang bagus, tapi menurut saya, terpaku pada satu niche bisa membatasi jangkauan pembaca Anda dan menghalangi Anda untuk menjelajah berbagai ide-ide yang bisa dijadikan artikel yang mungkin akan membuat Anda lebih semangat dan tertarik untuk menulis.

Memang jika hanya dengan satu niche akan membuat Anda lebih mudah dalam mebuat artikel karena lebih fokus, namun bukan seperti itu caranya yang selama ini disebutkan oleh semua blogger senior.

Maksudnya seperti ini, Anda perlu memiliki gambaran kasar tentang apa yang akan Anda tulis. Misalnya, Anda ingin menulis tentang kesehatan. Tapi ada begitu banyak blog yang membahas segala hal tentang kesehatan.

Jika Anda hanya membahasa 1 niche atau 1 topik kesehatan secara umum dan Anda masih baru dalam membuat blog, sedangkan sudah banyak blog atau website yang sudah membahas kesehatan, maka blog baru Anda akan tenggelam dan bakalan kalah saing dengan blog-blog yang sudah ada.

Nah oleh karena itu, gali dan cari niche kesehatan dari sub niche yang pas untuk Anda dan menghasilkan niche atau topik yang unik untuk dijadikan artikel dalam blog Anda.

Contohnya seperti ini:

Coba Anda ambil niche kesehatan jantung, maka topik utama blog Anda khusus membahas tentang jantung dan tidak membahas hal-hal lain. Dengan seperti ini, Anda akan lebih fokus dalam membuat artikel.

2 Pastikan desain blog Anda bagus dan menarik

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah blog atau situs yang membingungkan dan membuat Anda bertanya-tanya, "Apa yang saya lihat ini?". Jangan sampai blog yang baru saja Anda buat sudah membuat pengunjung blog kebingungan.

Oleh karena itu buatlah desan dan tampilan blog yang menarik, tersusun dengan baik mulai dari Judul blog dibagian atas, menu navigasi, badan artikel, bagian sidebar disebelah sisi kanan, dan bagian footer yang menampilkan konten secara jelas.

Banyak yang mengatakan, desain dan tampilan blog yang bagus tergantung dari platform yang digunakan. Pernyataan ini saya kurang setuju karena untuk membuat desain dan tampilan yang menarik itu tergantung dari masing-masing skill dan pengetahuan tentang desain.

Jika Anda masih baru, mungkin masih belum mengusai benar dalam mengatur tata letak dan dsain yang baik untuk tampilan blog Anda. Tidak perlu risau, karena kunci utama untuk mendesain tampilan blog tidak harus menguasai desain dan kode pemograman untuk template atau thema blog Anda.

Kunci utama untuk tampilan blog Anda ada pada thema atau template blog yang Anda gunakan. Jika ingin desain kekinian, Anda cukup membeli template yang sudah memiliki desain yang sangat bagus.

Jika Anda membuat blog dengan platform Blogger, bisa membeli dilayanan penyedia pembuat blog. Salah satunya adalah di Mas Sugeng yang bisa Anda akses di https://sugeng.id

Jika blog Anda menggunakan WordPress.com, Anda cukup menggunakan tema yang sudah disediakan didalamnya. Banyak sekali tema-tena gratisan yang tampilannya bagus dan menarik dan sangat mudah digunakan.

3 Konten adalah Raja

Pastikan semua yang Anda posting di blog ditulis setelah melakukan riset yang baik. Tidak ada yang suka membaca postingan setengah matang dengan informasi yang salah atau tidak akurat.

Pastikan postingan Anda ringkas dan langsung pada intinya. Gunakan gambar di mana pun diperlukan untuk memastikan konten Anda interaktif dan Anda bisa menjelaskan banyak hal hanya dengan penggunaan gambar yang sederhana.

Pemformatan artikel juga harus bagus agar pengguna bisa membaca artikel dengan mudah. Memberikan link ke sumber yang relevan tempat pembaca bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu topik juga merupakan strategi yang bagus untuk memberi pembaca tambahan pengetahuan yang mungkin mereka inginkan.

4 Jika Konten adalah Raja, maka SEO adalah Ratu

Konten dan SEO selalu berjalan beriringan. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Ini adalah proses mengoptimalkan postingan Anda agar mudah ditemukan oleh robot mesin pencari dari Google atau Bing, dan yang lainnya.

Setiap postingan di blog Anda memiliki tiga hal utama yang perlu dirayapi oleh robot mesin pencari, yaitu:

  1. Judul Artikel, yaitu judul utama yang Anda berikan pada setiap postingan Anda.
  2. Meta Description, yaitu beberapa kalimat di halaman mesin pencari yang memberi tahu pembaca tentang isi link dari artikel tersebut.
  3. Schema, yaitu semua data tambahan seperti peringkat bintang, thumbnail video dan detail lainnya, dan banyak hal lain yang bisa dirayapi robot mesin pencari di halaman Anda.
    1. Untuk mendapatkan ketiga poin utama diatas, Anda cukup membuat artikel yang dan menggunakan template blog yang sudah dikustom secara SEO Friendly.

      Dan selain membuat artikel yang baik, sambil lalu Anda bisa belajar pelan-pelan mengenai SEO agar ngblog Anda juga berkembang dengan baik dan hasilnya bisa Anda nikmati sendiri.

      5 Membangun Blog yang Sukses Membutuhkan Waktu

      Banyak orang yang beranggapan kalau membuat blog itu sangat mudah dan bisa langsung menghasilkan uang. Tidak seperti itu, semuanya butuh proses dan dilakukan pelan-pelan tapi secara rutin selalu update.

      Kalau secara sederhana, memang membuat blog itu sangat mudah. tapi untuk melakukan ke 5 poin diatas itulah yang butuh proses, butuh waktu, sampai benar-benar mampu menjadikan blog sebagai mesin uang Anda.

      Belajar belajar dan selalu belajar dari awal untuk sesuatu yang baru akan sangat berguna karena itu akan lebih membuat Anda mendapatkan pengalaman yang berharga dari setiap proses yang Anda jalani.