--> Skip to main content
Menu

Cara Aman Membuat dan Menggunakan Password

Cara Aman Membuat dan Menggunakan Password

Cara aman membuat dan menggunakan password adalah dengan menjaganya agar tidak diketahui oleh orang lain

Cara Aman Membuat dan Menggunakan Password

Password adalah kata sandi yang digunakan untuk membuka akun email, akun website atau akun sosial media, bahkan Pin juga termasuk dalam kata sandi. Dalam penggunaannya, sebuah password terkadang menggunakan kata atau nama, menggunakan angka berurutan, menggunakan tanggal lahir dan hal-hal yang bisa membuat kata sandi tersebut mudah di ingat. Bahkan ada kecenderungan menggunakan kata sandi yang sama untuk akun berbeda.

Beberapa hal dalam membuat password adalah tidak hanya sekedar mudah diingat, namun ada yang harus diperhatikan karena sebuah kata sandi yang baik dan aman adalah kata sandi yang tidak mudah di akses atau mudah di tebak atau mudah diketahui oleh orang lain. Untuk membuat password yang aman dan mudah di ingat, memang gampang-gampang susah apalagi dalam kata sandi tersebut berisi karakter yang mungkin sangat mudah dilupa.

Sebenarnya, untuk kata sandi atau password tersebut tidak hanya untuk di ingat. Ingatan yang baik dalam menyimpan sesuatu adalah dengan tulisan atau di catat. Begitu juga dengan kata sandi, alangkah baiknya selain di ingat, Anda harus mencatatnya, apalagi jika Anda memiliki akun lebih dari 3, lebih baik untuk mencatat kata sandi tersebut di buku harian Anda. Kecuali nomor Pin, karena Pin juga termasuk dalam kata sandi, khususnya untuk Pin ATM, selain di catat, tentunya harus di ingat dengan baik karena nomor sandi ini selalu dibawa kemana-mana bersama dengan kartu ATMnya.

Cara Aman Membuat dan Menggunakan Password

Untuk membuat kata sandi yang baik dan aman sangat mudah dilakukan namun tetap harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Ingat, kata sandi yang baik adalah kata sandi yang tidak mudah diketahui atau ditebak oleh orang lain. Jika sudah seperti ini, hacker pun tidak akan mudah meretas akun Anda.

1. Jangan menggunakan nama sendiri

Menggunakan kata sandi dengan nama sendir sama halnya dengan memberikan akun ke orang lain. Tentunya sangat mudah diketahui. Tidak hanya nama sendiri, nama kesayangan yang digunakan sebagai kata sandi atau password juga sama rentannya diketahui. Jangankan hacker, orang awam atau teman Anda sendiri bisa saja dengan mudah mengetahuinya. Termasuk nama kesayangan adalah nama kekasih, nama anak, nama hewan peliharaan, dan nama-nama yang biasa digunakan sehari-hari.

2. Jangan menggunakan tanggal lahir

"Selamat ulang tahun Adi...", "Barakallah fii umrik Adi...", dan bentuk ucapan selamat ulang tahun lainnya yang biasanya menjadi status di facebook. Tahukah Anda bawah dengan mengucapkan selamat tersebut sudah membuka data pribadi seseorang ke publik yaitu tanggal lahir. Jika tanggal dan bulan lahir itu digunakan sebagai kata sandi, maka dengan mudah orang lain akan mencari tahu untuk membuka akun yang Anda gunakan. Oleh karena itu, lebih baik jangan gunakan tanggal dan bulan lahir sebagai password.

3. Jangan menggunakan kata-kata umum

Biasanya ini berhubungan dengan kesukaan atau hobi Anda. Misalkan kesukaan Anda adalah bunga mawar, jangan gunakan sebagai kata sandi karena cara ini sangat mudah ditebak.

4. Jangan menggunakan angka atau huruf berurutan

1234567, abcdef, atau menggunakan kombinasi nama dan angka seperti roni1234 adalah penggunaan kata sandi yang sangat buruk dan mudah diketahui oleh yang lain.

5. Jangan menggunakan kombinasi di keyboard

Di keyboard memang ada abjad yang tidak beraturan tempantnya dan mungkin Anda beranggapan bisa digunakan sebagai kata sandi. Misalkan tombol qwerty, tombol asdfgh, tombol zxcvbn atau diacak qweasd, poiulk, sekilas memang terliha rumit namun seorang hacker bisa melakukan scanning dengan alat yang mereka gunakan untuk mengetahui kata sandi yang dibuat menggunakan abjad-abjad di keyboard.

6. Jangan memberitahu password ke orang lain

Akun yang Anda miliki adalah privasi Anda, jangan mudah membaginya ke orang lain, bahkan ke pacar Anda yang belum tentunya menjadi suami atau istri Anda. Simpan baik-baik akun dan kata sandinya.

7. Jangan login sembarangan

Jika belum mengetahui layanan online yang digunakan untuk apa, lebih baik untuk tidak login atau melakukan pendaftaran untuk membuat akun disana. Kalau memang mendesak atau ingin tahu, lebih baik buatlah akun email cadangan, jangan gunakan akun email utama.

8. Gunakan kombinasi angka, kata dan simbol

Penggunaan kombinasi angka, huruf dan simbol sangat direkomendasikan karena dengan cara ini sangat sulit untuk diketahui oleh siapapun bahkan seorang hacker sekalipun. Misalkan menggunakan password seperti ini 4&^jua12A Jika diperhatikan ternyata katasandi ini adalah bentuk tulisan dari ANDAJUARA.

9. Gunakan minimal 8 karakter

Saat ini hampu semua layanan di internet menganjurkan untuk menggunakan password dengan minimal 8 karakter hingga 12 karakter bahkan ada yang lebih. Penggunaan kombinasi untuk 8 karakter ini tetap diterapkan.

10. Ganti password minimal 1 bulan sekali

Setidaknya untuk tetap menjaga keamanan akun Anda, gantilah password minimal 1 bulan atau maksimal 3 bulan.

Dan agar lebih mengamankan kata sandi Anda, gunakan verifikasi dua langkah yang sudah disediakan oleh masing-masing layanan pada akun Anda. Misalkan di email, Google sudah menyediakan fitur verifikasi dua langkah ini, begitu juga di Facebook juga sudah disediakan, di Twitter juga ada, di Instagram juga ada, dan di Whatsapp juga sudah dijelaskan pada artikel Agar Whatsapp Tidak Bisa Di Hack Dengan Cara Apapun

Luangkan sedikit waktu untuk menjaga keamanan akun Anda dengan menerapkan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas. Tidak sulit jika semua itu demi kemanan akun di internet yang Anda gunakan. Sekali lagi, jangan menggunakan kata-kata yang mudah ditebak untuk membuat password akun Anda di internet. Semakin sulit, semakin baik yang penting hanya Anda yang mengetahuinya, bisa di ingat juga lebih baik, tidak mudah di ingat, di catat saja. :)

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]