--> Skip to main content
Menu

Tanaman Mugwort Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan

Tanaman Mugwort Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan

Beberapa media diviralkan dengan tanaman Mugwort yang menjadi pro kontra karena manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini

Tanaman Mugwortphoto: corinnawood.com

Beberapa media diviralkan dengan tanaman Mugwort yang menjadi pro kontra karena manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini. Sekilah jika melihat bentuknya, tanaman ini seperti tanaman liar yang banyak tumbuh dibelakang rumah atau di ladang-ladang. Banyak yang mengatakan bahkan dari beberapa penilitian yang dilakukan pada tanaman mugwort ini memiliki kandungan yang berguna untuk kulit.

Apalagi untuk beberapa brand produk kecantikan rumornya banyak yang menggunakan bahan herbal dari tanaman Mugwort ini. Meski ada yang menyatakan kalau tidak semua kulit merespon dengan baik terhadap kandungan dari mugwort ini. Salah satu efek samping yang ditimbulkan adalah alergi pada kulit.

Meski manfaat dari tanaman ini adalah untuk mengatasi permasalah kulit atau membantu menjaga keadaan kulit, memang untuk semua bahan kosmetik tidak serta merta cocok untuk semua kulit. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan produk kecantikan untuk kulit, lebih baik lakukan tes terlebih dulu pada kulit. Jika ada perubahan waran misalkan kemerahan, gatal, perih dan panas, itu menandakan kalau produk yang digunakan tidak cocok.

Begitu juga dengan mugwort, tanaman yang saat ini viral karena memiliki manfaat untuk kecantikan ini, tidak serta digunakan secara langsung. Tentunya butuh proses sehingga benar-benar aman untuk digunakan. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari mugwort ini? Nah dibawah ini saya jelaskan mengenai tanaman ini...

Apa itu Tanaman Mugwort?

Mugwort dalam bahasa latin memiliki nama Artemisia Vulgaris L dan masuk dalam keluarga Asteraceae yaitu golongan tanaman perdu dan berbunga. Untuk tanaman jenis ini biasanya tersebar di beberapa wilayah seperti di Eropa, Asia dan Amerika Utara. Untuk penampakannya sendiri tanaman mugwort ini memiliki batang dengan warna cokelat kemerahan, daun yang pahit dan dengan warna bunga kuning atau orange.

Ternyata menurut beberapa sumber media yang saya baca, tanaman ini sangat terkenal di Korea yang digunakan sebagai bahan obat herbal seperti untuk perawatan kulit, sebagai pengobatan karena tanaman ini memiliki kandungan antibakteri atau antijamur dan juga sebagai antioksidan.

Jadi tidak heran jika tanaman ini menjadi viral karena kandungan dan manfaat yang didapatkan dari tanaman ini.

Apa Saja Manfaat Tanaman Mugwort?

Seperti yang telah disebutkan diatas, tanaman ini banyak digunakan untuk bahan produk kecantikan dan untuk bahan pengobatan. Dibawah adalah manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan produk dan bahan tanaman ini.

1. Membantu mengurangi jerawat

Dengan kandungan antibakteri dalam tanaman ini dipercaya dapat membantu masalah kulit seperti jerawat.

2. Membantu masalah kulit tipis

Kulit tipis lebih beresiko lebih sensitif daripada kulit normal karena pada jaringan luar untuk kulit tipis rentan mengalami kerusakan seperti kemerahan, luka, dan bahkan sering mengalami gangguan kulit lainnya. Dengan menggunakan produk berbahan mugwort, kulit tipis bisa menjadi lebih kuat dan sehat karena didalam mugwort sendiri mengandung protein yang berguna untuk menjaga lapisan kulit luar.

3. Membantu melebabkan kulit

Tanaman jenis seperti ini biasanya mengandung bahan minyak alami dan vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan. begitu juga dengan mugwort, kandunagn vitamin E dalam tanaman ini sangat baik untuk meningkatkan kolagen dalam kulit. Kolagen sendiri bermanfaat unutk menjaga elastisitas dan kelembapan kuli.

4. Membantu mengatasi iritasi kulit

Kandunagn antiinflamasi pada tanaman ini sangat bagus untuk menjaga keadaan kulit yang disebabkan oleh beberapa polutan yang menempel pada kulit seperti debu yang bisa membuat kulit mudah iritasi.

Seperti yang telah disebutkan diatas, tidak semua kulit cocok dengan bahan dari produk kecantikan, semuanya butuh uji coba terlebih dulu dalam penggunaan bahan-bahan seperti itu. Begitu juga dengan tanaman mugwort, meskipun kandungan didalam tanaman ini bermanfaat untuk kulit, belum tentu cocok dengan kulit Anda.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]