--> Skip to main content

Manfaat Potong Kuku Secara Rutin

Manfaat Potong Kuku Secara Rutin

Sudah tahu nggak nih manfaat potong kuku secara rutin? Selain untuk menjaga penampilan agar jari-jari tangan terlihat lebih rapi, ternyata ada hal baik lainnya yang bisa dirasakan dengan merapikan atau memotong kuku secara rutin. Tentunya teman-teman disini tidak ingin terlihat kurang rapi kan kalau memiliki kuku-kuku yang panjang? Oleh karena itu, yuk rajin-rajin membersihkan dan memotong kuku setiap waktu.

Apalagi jika memiliki aktivitas yang padat, tentunya untuk memberikan waktu luang membersihkan kuku terkadang sering terlupakan. Atau mungkin juga karena keadaan kuku yang masih terlihat bersih meskipun sedikit panjang juga menjadi alasan untuk tidak memotong kuku. Atau terkadang juga ada jadwalnya sendiri dalam melakukan perawatan kuku tangan atau kaki.

Namun yang agak risih itu kalau melihat kuku yang sedikit panjang dan terdapat kotoran menghitam disana. Tentu itu menjadi pemandangan yang kurang sedap untuk dilihat, biasanya keadaan kuku seperti ini dimiliki oleh abang-abang yang bekerja di lapangan. Atau pada anak-anak kecil yang sering bermain tanah, pasti akan terdapat kotoran pada kukunya.

Bukan hanya sekedar digunakan untuk menggaruk-garuk, jari-jari tanpa kuku juga terlihat lebih rapi dan bersih. Berbeda dengan kuku-kuku yang panjang, apalagi yang tidak terawat, terlihat kurang apik untuk dilihat. Begitu juga dengan yang panjang, sekalipun diberi hiasan atau aksesoris itu hanya untuk menutupi keadaan kuku saja.

Nah ternyata untuk mendapatkan manfaat dari kuku, kita harus membersihkannya setiap hari. Dengan membersihkan kuku setiap hari yaitu dengan cara memotongnya secara rapi akan membuat kuku lebih indah dan ada manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat tersebut berkaitan dengan kesehatan, kuku yang bersih dan diopotong rapi membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kok bisa?

1. Membantu menjaga pencernaan tetap sehat

Kuku yang panjang adalah tempat bakteri atau kuman berdiam diri, sekalipun kuku tersebut terlihat bersih, ada jutaan kuman yang bersarang disana. Jika kuman atau bakteri tersebut tertelan, baik itu melalui makan atau menyentuh mulut maka proses pencernaan bisa terganggu. Terganggunya proses pencernaan bisa membuat terjadinya diare.

Bagaiman jika cuci tangan sebelum makan? Sama saja, kecuali saat mencuci tangan menggunakan sikat halus untuk membersihkan sela-sela kuku. Kalau hanay sekedar cuci tangan tanpa menggosok sela-sela kuku, kuman atau bakteri masih nyaman disela-sela kuku tersebut.

Namun dengan memiliki kuku yang bersih dan dipotong setiap hari, maka kuman dan bakteri dalam kuku juga berkurang atau bersih.

2. Mencegah kuku tumbuh kedalam

Biasanya kuku yang tumbuh kedalam itu adalah kuku kaki, namun untuk di jari-jari tangan juga bisa mengalami hal yang sama. Jika kuku tumbuh kedalam maka ada resiko yang bisa terjadi yaitu terluka.

3. Mencegah penebalan pada kulit kuku

Pernah kan mengalami kulit disekitar kuku menebal? Dan terkadang dengan sengaja dikelupas sendiri? Nah efek samping jika kuku tidak dipotong seperti itu. Namun jika selalu rutin dipotong maka pertumbuhan kulit disekitar kuku juga akan lebih baik, rapi dan tidak menebal.

4. Terhindar dari cidera

Kuku yang panjang bisa beresiko melukai diri sendiri dan orang lain, bahkan bisa membuat kuku jadi patah dan terluka. Berhubungan dengan cidera ini, sengaja atau tidak, kuku bisa membuat bagian-bagian tubuh terkena. Mulai dari resiko terkena mata, luka pada kulit, luka pada hidung yang biasa digunakan untuk korek-korek, dan sebagainya.

Oleh karena itu jika ingin tetap aman, lebih baik potong kuku secara rutin.

5. Aktivitas lebih nyaman

Kuku tanpa kuku panjang jika digunakan untuk garuk-garuk tentu saja lebih aman dan tidak akan melukai kulit. Begitu juga dengan aktivitas lainnya, misalnya mengangkat barang, tentu lebih aman tanpa adanya kuku yang panjang. Atau jika Anda seorang blogger yang harus mengetik untuk menulis, tentu akan terganggu dengan keberadaan kuku yang panjang ini.

Itulah manfaat potong kuku secara rutin yang bisa didapatkan setiap hari. Untuk memulai hidup sehat itu, memang harus dimulai dari kita sendiri dan bukan orang lain. Yuk jaga kesehatan untuk kesehatan kita dan lingkungan.

Komentar interaktif
Gunakan kode-kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, video, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:

    Menambahkan Gambar:
  • [img]Tulis link gambar di sini[/img]
    Menambahkan Video Youtube
  • [youtube]Tulis link Video Youtube di sini[/youtube] atau gunakan kode < i rel="youtube">Tulis link Video Youtube di sini< /i >
    Menulis Catatan (Blockquote)
  • [quote]Tulis catatan di sini[/quote] atau [blockquote]Tulis catatan di sini[/blockquote]

Belum ada Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini