--> Skip to main content
Menu

Bahaya Membuat Password Menggunakan Tanggal Lahir

Bahaya Membuat Password Menggunakan Tanggal Lahir

Bahaya membuat password menggunakan tanggal lahir adalah akun mudah diretas dan data dicuri

Bahaya Membuat Password Menggunakan Tanggal Lahir

Biasanya orang-orang yang bekerja di instansi pemerintah, dalam membuat password sering menggunakan tanggal lahir mereka. Hal ini saya temukan karena saya pernah membuatkan mereka akun email atau akun-akun di sosial media seperti Facebook. Mereka selalu meminta menggunakan tanggal lahir untuk membuat password dengan alasan agar mudah diingat. Atau menggunakan tanggal-tanggal yang lainnya seperti tanggal hari jadi dengan pasangan, tanggal lahir anak, dan yang lainnya.

Membuat password memang sah-sah saja menggunakan tanggal lahir, namun dampak yang ditimbulkan sangat besar dan bisa saja merugikan. Apalagi untuk kemudahan dalam mengingat kata sandi tersebut, memang sangat lumrah menggunakan kata sandi atau password dengan angka-angka yang mudah diingat. Khsususnya untuk para ibu-ibu yang bekerja dikantoran, tentunya mereka ingin semuanya terlihat mudah dilakukan dan mudah di ingat.

Bahkan tidak hanya pemilihan kata sandi dengan menggunakan angka dari tanggal lahir saja, dalam penggunaannya, mereka juga cenderung sering membagikan kata sandi tersebut ke teman-teman mereka sendiri. Khsusunya kata sandi email karena disetiap instansi ada beberapa hal yang perlu dilakukan melalui email. Jika keadaannya seperti ini, sungguh menjadi masalah yang sangat serius jika kata sandi dari akun yang digunakan tersebut bisa diakses atau digunakan oleh yang lainnya.

Tapi mereka kan teman kantor saya? Tidak ada istilah teman dalam penggunaan data pribadi seperti akun email ini. Karena akun email yang kita miliki adalah privasi kita yang harus benar-benar di jaga sekalipun didalam akun email tersebut tidak ada data penting. Kecuali orang lain atau teman tersebut benar-benar sangat menjaga dengan baik dan tidak memiliki niat atau tujuan apapun. Karena dikahwatirkan suatu saat mereka bisa saja berubah pikiran dengan membuka akun email atau akun Facebook Anda dan menggantinya.

Bahaya Membuat Password Menggunakan Tanggal Lahir

Selain dari penggunaan akun yang bisa diakses oleh orang lain, mungkin karena akun tersebut dibuatkan oleh teman atau saudara, bahaya lainnya menggunakan password dengan tanggal lahir atau angka-angka yang mudah diingat adalah:Mudah Diketahui Oleh Orang Lain

Mungkin Anda beranggapan hanya teman atau saudara Anda yang mengetahui kata sandi dari akun email atau akun media sosial yang Anda gunakan. Namun tanpa disadari ternyata ada orang lain lagi yang mengetahui password tersebut. Kok bisa? Mereka bisa saja mengetahui dari banyak cara, salah satunya adalah tanggal lahir Anda!

Tanggal lahir Anda mudah ditemukan di media sosial khususnya di Facebook, Instagram atau Twitter yaitu melalui ucapan selamat. Misalkan ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat hari jadi, dan sebagainya. Dari sinilah orang lain bisa mengetahui kata sandi yang digunakan. Apalagi jika profil akun Anda berisi data lengkap dan bisa dilihat oleh orang lain.

Tahukah Anda kalau Facebook adalah penyumbang terbesar dalam peretasan akun di internet karena profil pengguna akun sosial media ini bisa terlihat oleh orang lain. Oleh karena itu, jika Anda pengguna aktif di facebook atau media sosial lainnya, lebih baik jangan menampilkan data pribadi seperti email, tanggal lahir, nomor ponsel, dan yang lainnya secara umum. Karena resiko pencurian data bisa terjadi bila hal tersebut tidak dicegah.

Jika orang lain saja atau orang awan yang iseng-iseng melihat data akun Anda di facebook bisa menggunakan data tersebut, bagaimana dengan hacker? Tentu saja akan lebih dilakukan. Data yang diambil tersebut bisa digunakan untuk segala hal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Misalkan orang tersebut mengaku sebagai diri Anda dan melakukan penipuan. Menipu orang lain, teman, dan yang paling menakutkan adalah menipu keluarga Anda!

Jadi kedepannya, jika ingin membuat password, baik itu untuk email atau akun sosial media, gunakan password yang lebih aman, jangan menggunakan password dengan tanggal lahir atau tanggal-tanggal yang lainnya, apalagi menggunakan nomor ponsel, sangat tidak dianjurkan. Jika akun email atau akun facebook atau akun sosial lainnya lebih aman dan tidak mudah di curi oleh orang lain, silahkan baca diartikel Cara Aman Membuat dan Menggunakan Password.

Apalagi saat ini, aktivitas di internet seakan-akan lebih banyak dilakukan, baik itu untuk membuka facebook, instagram, atau membaca-baca berita di portal-portal berita yang tentunya ada interaksi yang terjadi baik dengan teman sendiri atau orang lain. Bahkan yang lebih dipantau ini adalah anak-anak dalam mengakses internet atau bermain game online. Data mereka cenderung terbuka dan terkadang sangat mudah diberikan ke orang lain.

Khusus untuk anak-anak ini, lebih baik selalu dipantau, mereka sangat rentan menjadi korban peretasan akun. Atau jika Anda menganggap akun akan adalah privasi mereka, selalu ingatkan untuk selalu menjaga akun tersebut dan aktivitas di internet. Ingatkan bahaya yang bisa menimpanya, khususnya akun yang digunakan.

Itulah bahaya membuat password menggunakan tanggal lahir. Selain penggunaan kata sandi atau password yang mudah diketahui, berhati-hati dan bijak dalam menggunakan akses internet adalah salah satu cara yang dapat mencegah akun tidak mudah diketahui oleh orang lain. Semoga bemanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]