--> Skip to main content

Agar Sepeda Motor Tidak Dicuri

Agar Sepeda Motor Tidak Dicuri

Untuk mengatasi agar sepeda motor tidak dicuri oleh orang lain saat di parkir, tentunya banyak cara yang bisa dilakukan. Namun yang paling utama adalah kehati-hatian dalam memarkir kendaraan roda dua tersebut dengan baik dan benar. Terkadang sepeda motor sudah terkunci masih saja dengan mudahnya pencuri mengambil kendaraan tersebut. Bahkan hal ini bisa saja terjadi dihalaman depan rumah, baik itu rumah yang sudah di pagar atau pun tidak. Dan juga ada kejadian sepele yaitu kunci kendaraan tertinggal yang lebih memudahkan pencuri membawa motor tersebut.

Kendaraan roda dua atau motor atau sepeda motor adalah aset yang berharga yang menjadi incaran para pencuri. Mereka dengan sangat mudahnya menjebol kunci kendaraan yang sudah terkunci, bahkan tidak segan-segan untuk merusak kunci tersebut. Aksi pencurian seperti ini terkadang tidak hanya merusak kendaraan yang akan dicurinya, tetapi pemilik kendaraan juga diciderai dengan menggunakan apa saja yang bisa melumpuhkan pemilkinya.

Sepertinya tidak ada tempat yang aman untuk memarkir kendaraan dari incaran maling motor ini. Di tempat parkir yang jelas-jelas sudah ada tukang parkir masih saja ada kesempatan untuk menggondol. Apalagi di tempat parkir yang bebas parkir seperti di supermarket, mereka dengan leluasa untuk mengambil. Jangankan di tempat-tempat tersebut, di halaman atau didepan rumah yang dipagar saja, maling masih bernai masuk dan mengambil sepeda motor. Atau juga di tempat kost yang rame dengan anak-anak kost, para maling ini dengn mudahnya mengincar motor yang akan dibawanya.

Sungguh kejadiaan yang sering terjadi berulang-ulang dengan benda yang sama namun beda waktu, beda tempat, beda pelaku dan beda korban. Kejadian yang tidak hanya menghilangkan harta benda tapi nyawa juga menjadi taruhannya untuk mempertahankan motor tersebut. Kejadian seperti ini tentunya sudah bukan rahasia umum, pihak kepolisian juga banyak menangani kasus seperti ini, pihak produsen kendaraan juga sudah tahu kalau kendaraan yang mereka buat sering dicuri. Kenapa tidak ada solusi dari kedua layanan ini? Bahkan solusinya yang ada hanyalah dari orang-orang yang memiliki kendaraan tersebut, mereka memutar ide agar sepeda motor tidak dicuri dengan mudah.

Katakanlah pada produsen motor, setiap tahun kendaraan roda dua ini selalu melakukan upgrade dan inovasi, baik dari segi kenyamanan dan keamaan dalam berkendara. Namun untuk keamanan sendiri saat motor itu diam atau dalam posisi parkir, masih belum terjamin. Misalkan memberikan sistem keamanan otomatis dengan mengunci semua bagian yang ada di motor seperti roda terkunci seperti layaknya handrem pada mobil, rantai motor terkunci otomatis, sehingga tidak hanya stang stir saja yang terkunci yang saat ini dengan mudahnya di buka dengan menggunakan alat tertentu.

Semoga kedepannya ada inovasi yang lebih canggih dari kendaaran roda dua ini untuk mengamankan kendaraan. sambil menunggu adanya inovasi terbaru tersebut, bagi kalian yang ingin mengamankan kendaraan roda dua kalian, bisa dicoba tips dibawah ini agar sepeda motor tidak muda dicuri yang bisa dilakukan dimana saja:

1. Jangan lupa kunci motor

Sengaja atau tidak baik diparkiran ataupun dirumah, diantara kalian pasti ada yang mengalami kunci motor ketinggalan alias masih nyantol. Bersyukur kalau pak tukang parkir masih berbaik hati, kalau seandainya yang menemukan orang lain? Dan ada niat jelek untuk mengambil motor? Pasti ludes itu motor.

2. Arahkan stang stir motor saat motor dikunci

Biasanya ketika memarkir motor, kalian pasti akan selalu mengarahkan stang stir kearah kiri. Coba mulai sekarang ganti posisinya kearah kanan. Dengan mengarahkan stang stir kearah kanan maka akan mempersulit pencuri motor untuk membuka paksa kunci karena terhalang oleh stang stir ini.

3. Gunakan kunci ganda

Tentunya sudah pada tahu kan manfaat kunci ganda ini? Biasanya dipasang di roda, di rantai atau di stang stir. Ribet? Memang awalnya ribet, namun untuk keamanan kendaraan lebih baik tetap dilakukan.

4. Gunakan baut atau sekrup panjang sebagai kunci

Gunanya adalah sebagai penahan roda jika sekrup atau baut ini dipasang pada lobang rem cakram atau pada lobang yang lainnya yang bisa menahan roda tidak bergerak. Intinya sama dengan menggunakan kunci ganda, hanya untuk penggunaan sekrup ini agar tidak terlihat oleh si pencuri.

5. Gunakan standar tengah

Standar tengah sepeda atau jagrak bisa digunakan untuk meminimalisir terjadianya pencurian kendaraan bermotor. Dengan menggunakan jagrak tengah akan memperlambat kerja si maling motor.

6. Parkir ditempat yang terlihat dan terjangkau

Jika ke supermarket yang notabene bebas parkir, lebih baik parkir motor pas didepan pintu, jangn terlalu jauh. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam memantau kendaraan.

7. Selalu kunci pagar rumah

Karena ada kesempatan dan peluang maling selalu bereaksi, begitu juga dengan memarkir kendaraan. Begitu juga dirumah, meskipun dirumah sudah ada pagar, lebih baik selalu dikunci agar Anda lebih tenang dan aman.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, setidaknya mengurangi angkat kemalingan kendaraan bermotor dan tentunya membuat diri lebih tenang. Kecuali Anda ikhlas membiarkan pencuri berkeliaran dirumah Anda.

Komentar interaktif
Gunakan kode-kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, video, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:

    Menambahkan Gambar:
  • [img]Tulis link gambar di sini[/img]
    Menambahkan Video Youtube
  • [youtube]Tulis link Video Youtube di sini[/youtube] atau gunakan kode < i rel="youtube">Tulis link Video Youtube di sini< /i >
    Menulis Catatan (Blockquote)
  • [quote]Tulis catatan di sini[/quote] atau [blockquote]Tulis catatan di sini[/blockquote]

2 Komentar

  1. wow saya sudah ngalami bang motor hilang mesti nerapkan ini kayaknya, gimana kabarnya bang template semakin hebat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas, semoga setelah menerapkan tips diatas, motor jadi aman :)
      Alhamdulillah kabar baik mas, yuk ah edit-edit lagi :D

      Hapus