--> Skip to main content
Info Ramadhan

Kenapa Sinyal Internet Lemot Saat Listrik Padam?

Kenapa Sinyal Internet Lemot Saat Listrik Padam

Kenapa sinyal internet lemot saat listrik padam? Itulah pertanyaan yang selalu muncul ketika mati lampu? Ngedumel, sumpah serapah, dan bahkan bikin emosi saat lagi serius-seriusnya ngeNet tiba-tiba jaringan atau koneksi internet lambat alias lemot. Semula di status bar ponsel ada icon atau logo 4G, tiba-tiba berubah menjadi 3G dan lebih buruk lagi menjadi 2G. Eh ada yang lebih buruk lagi, icon sinyal tidak tampil, hanya menampilkan bar 1 baris saja.

Kok bisa ya seperti itu? Kenapa ya? Padahal jaringan listrik dan jaringan internet itu tidak ada hubungan sama sekali. Jika listrik padam maka yang terganggu adalah jaringan listriknya. Begitu juga sebaliknya, jika jaringan internet lambat atau lemot, daya listrik tidak akan mengalami penurunan daya, apalagi sampai padam. Lantas apa yang menyebabkan terjadinya koneksi internet jadi lambat saat listrik padam?

Cerita sedikit yuk biar nambah-nambah pengetahuan gitu... Hehehe. Saat ini keberadaan jaringan internet dan aliran listrik yang stabil adalah dambaan semua masyarakat dimana saja berada. Listrik sangat dibutuhkan untuk menopang berbagai aktivitas kehidupan, mulai dari hiburan sampai dengan tahlilan. Semuanya membutuhkan listrik. Bagaimana kalau listrik padam? Apalagi disiang bolong?

Gerah, pengab, dan panas menjadi satu saat disiang hari listrik biarpet, apalagi samapi mati total beberapa hari. Wis angel, ngdumel kabeh, apalagi emak-emak tuh.. Jadi berghibah ria sesama tetangga yang menyalahkan PLN ga ada kerjaan lah main padam-padaman segala, nyala lama lah, dan berbagai cuap-cuap yang muncul diantara mereka. Apakah mereka salah? Tentu saja tidak dong, namanya pelanggan, kita ini kan pelanggan yang selalu bayar iuran listrik secara rutin tiap bulan. Dan ketika listrik padam ya harus ngedumel, kalau bisa demo tuh kantor PLN hehehe...

Karena terkadang dari pihak lapangan yang ngecek-ngecek masalah pembayaran listrik bulanan ini jika terlambat, mereka tuh kadang main putus saja. Atau peringatan jika tidak bayar, akan dicabut instalasi listriknya. Emang semudah itu main cabut? Kalau nantinya main cabut ini semudah itu, setidaknya layanan pemasangan instalasi baru juga harus dipermudah dan tidak perlu ada ini itu, harus ngurus ini atau itu. Karena hanya tidak bayar, setidaknya jangan dicabut tapi harus diselesaikan secara baik-baik dengan membuat perjanjian tertulis.

Kasihan kan kalau yang dicabut listriknya itu orang yang tidak mampu yang bekerja pontang panting untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dan membayar iuran litrik setiap bulannya. Semoga tidak ada kejadian seperti ini karena saya yakin layanan paling baik dan cepat tanggap itu adalah PLN. Sekalipun adanya padam, mereka tetap bekerja dengan baik, baik siang ataupun malam, selalu melakukan pengecekan ke lokasi yang mengalami pemadaman. Kecuali adanya padam serentak, maka secara bertahap permasalahan tersebut ditangani.

Begitu juga dengan jaringan komunikasi seperti internet, terkadang sinyal yang ada dalam suatu daerah berbeda dengan daerah lainnya. Kenapa bergitu? Karena dari informasi yang saya dapatkan, perbedaan sinyal disetiap daerah itu berbeda karena dilihat dari banyaknya pengguna yang menggunakan layanan komunikasi. Misalkan daerah A pengguna jaringan seluler Telkomsel banyak dan daerah B hanya sedikit yang menggunakan, maka arah sinyal dari tower yang ada lebih condong ke daerah A.

Kenapa Sinyal Internet Lemot Saat Listrik Padam?

Apa hubungannya listrik padam dengan sinyal lemot? Tentu saja ada, yaitu jika listrik padam maka aliran listrik yang digunakan untuk memancarkan sinyal juga mati. Otomatis, sinyal yang ada di ponsel kalian juga akan lemot. Kok bisa?

Sekarang kalian cek di daerah kalian masing-masing, apakah disana ada BTS? Itu loh tower telekomunikasi seluler. Jika ada, coba cek apakah tower itu menggunakan genset atau tidak? Bagaimana cara ngeceknya? Biasanya ada mesin dibawahnya dengan nama Generator yang dilindungi dengan bangunan kotak kecil.

Genset atau generator set inilah yang sewaktu-waktu digunakan untuk menyalakan aliran listrik pada tower dengan harapan sinyal tetap terpancar dengan baik. Nah bagi kalian yang berada dilokasi tower dan masih dapat menggunakan sinyal jaringan internet di ponsel dengan sangat baik meskipun listrik padam, bersyukur deh karena tidak semua tower-tower tersebut dilengkapi dengan genset.

Lantas siapa yang menyalakan genset? Makhluk halus. Tentunya petugas yang bertanggungjawab lah untuk menghidupkan genset tersebut. Atau bisa saja menggunakan genset otomatis.

Sedangkan bagi kalian yang berada disekitaran tower tapi sinyal internet tidak terhubungan dengan baik, mungkin kalian akan menyalahkan pihak PLN. Tidak, bukan salahnya PLN karena di tower tersebut tidak dilengkapi dengan genset. Jadi jangan heran bila koneksi internet lemot meskipun berada di area tower. Karena aliran listrik di tower tersebut juga mati. Dan sinyal yang didapat di ponsel adalah dari tower terjauh yang masih nyala.

Mungkin terbesit tanya dibenak kalian, Kenapa tidak dilengkapi genset semua? Tentu saja tidak, biasanya tower yang memiliki atau terpasang genset adalah tower-tower yang padat penduduk, di daerah perkotaan, dan dipinggir jalan raya utama. Hal ini dilakukan untuk tetap memudahkan masyarakat tetap bisa menggunakan jaringan seluler atau internet.

Terlebih-lebih tower yang berada dipinggir jalan raya atau tidak jauh dari jalan raya, ini fungsinya sangat vital sekali yaitu untuk memudahkan pengendara selama dalam perjalanan. Misalkan untuk menggunakan akses Maps mengetahui lokasi secara online dan sebagainya.

Jadi buat kalian jangan berprasangka jelek dulu atau menyalahkan kedua layanan ini ya, karena setahu saya kedua layanan ini benar-benar maksimal dalam memberikan layanannya untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Namun terkadang ada beberapa kendala yang tidak memaksimalkan dalam layanan tersebut. Dan harapa dimaklumi.

Dari ulasan diatas, sekarang sudah tahu semua kan kenapa sinyal internet lambat saat listrik padam? Semoga dengan dari informasi diatas memberikan manfaat bagi kita semua.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

4 komentar

  1. Himawan Sant
    Oh, jadi penyebabnya karena tak semua menara atau tower tak dilengkapi genset.
    Pahamlah sekarang aku.
    Terimakasih untuk penjelasan dan ulasan informatifnya.
    • Roni
      Kurang lebih seperti mas karena saya pernah ngomong2an sama yang bagian teknisinya
      Sama-sama mas Sant :)
  2. HendraDigital
    Nice, pantesan kalo mati listrik, sinyal internet langsung down. Ternyata BTS juga ikutan mati, karena gak ada pasokan aliran listrik. Meski begitu, sinyal tetap ada, ttapi konek ke BTS yang jauh, makanya jadi lemot.... WOW that's awesome 👍👍

    Makasih Infonya Bang
    • Sahroni
      iya mas Hendra, awalnya saya menduga hanya main2 saja, kalau listrik padam, sinyal mesti lemot, ternyata seperti kejadiannya.
      Sama-sama mas
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]