--> Skip to main content

Operator Seluler Terbaik Di Indonesia Bukan Telkomsel Sepenuhnya

Operator Seluler Terbaik Di Indonesia Bukan Telkomsel Sepenuhnya

Operator Seluler Terbaik Di Indonesia Bukan Telkomsel Sepenuhnya - Saat ini banyak yang setuju kalau Telkomsel adalah operator seluler terbaik di Indonesia. Namun berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan Opensignal dengan mengambil beberapa unsur seperti pengalaman, ketersedian jariangn 4G, kecepatan internet saat digunakan untuk tayangan video atau kecepatan internet saat bermain game ternyata Telkomsel bukan lah yang terbaik untuk semuanya.

Berdasarkan laporan dari hasil survei tersebut yang dirilih oleh Detik.com, Opensignal melakukan analisa terhadap penyedia layanan komunikasi secara online yang ada di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren dan Tri. Analisa jaringan ini dilakukan selama 90 hari sejak tanggal 1 Agustus 2020 di 28 kota terbesar Indonesia dan dilakukan secara nasional.

Dari hasil riset tersebut didapatkan, secara umum memang Telkomsel yang menjadi operator seluler terbaik untuk semua kategori yaitu mulai dari pengalaman, kecepatan dan ketersedian jaringan internet 4G. Namun secara khusus operator yang lainnya tidak kalah dengan Telkomsel.

Tri misalnya, operator ini memiliki aksesibilitas yang baik untuk digunakan bermain game dan aplikasi suara. Atau Smartfren yang memegang peranan dalam ketersediaan jaringan 4G.

Namun perlu digarisbawahi lagi, riset yang dilakukan adalah di kota-kota besar di Indonesia. Tentunya semua operator tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan hampir semuanya akses jaringan internet yang ada juga sama-sama tersedia dengan baik. Tapi lainnya ceritanya jika riset yang dilakukan juga membandingkan ketersedian jaringan internet dipedesaan.

Jika diakses dipedesaan dari kelima operator tersebut, XL dan Indosat yang memegang peranan penting dalam ketersediaan jaringan. Untuk Telkomsel terkadang tidak bisa diakses dengan baik atau mengalami penurunan konektifitas. Bahkan ketika ada masalah dengan jaringan operator ini, Anda bisa Tanya Veronika Asisten Virtual untuk mengetahui permasalahan tersebut lebih lanjut.

Keadaan tersebut tentunya saling melengkapi satu sama lain, yang terpenting adalah kedepannya semua operator tersebut semakin baik dalam memberikan layanan konektivitas kepada pelanggannya diseluruh Indonesia.

Jaringan 5G

Ketika suatu layanan sebelumnya sudah baik, maka perlu dilakukan upgrade agar layanan tersebut lebih baik lagi. Begitu juga dengan layanan jaringan komunikasi dan internet, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau dan banyak penduduk. Untuk memberikan layanan komunikasi yang merata, tentu harus dilakukan berbagai upaya untuk memenuhi target tersebut. Namun sayangnya, janji hanyalah janji.

Bahkan dikatakan dari berbagai sumber, jaringan internet di Indonesia masih memiliki kualitas yang buruk. Padahal saat ini, operator komunikasi yang ada, selalu menggaungkan kecepatan internet dalam 4G yang sangat ngebut. Padahal tidak. Bahkan kecepatan internet 4G yang diharapkan banyak pelanggan berubah menjadi jaringan H+ dan baka masih 3G! Tentu hal ini mengundang tanya, apakah semua operator yang ada di Indonesia ini sudah siap menuju jaringan 5G?

Seharusnya mereka melihat cermin dulu untuk melihat tampilan dan keadaannya. Jika masih acak-acakan, jika masih belum rapi dan belum maksimal untuk berhadapan dengan khalayak ramai, berceminlah secara maksimal agar semuanya terlihat baik dan hasilnya memuaskan. Baik itu bagi diri sendiri dan khususnya bagi orang lain yang melihatnya.

Begitu juga dengan layanan internet di Indonesia yang kabarnya akan beralih ke internet lebih cepat, 5G. Wot? Sebelum beralih ke 5G, lebih baik bikin survey dulu atau kalau tidak perbaiki kualitas internal dari semua oprator di Indonesia ini. Jangan bikin bengek dan emosi gara-gara sinyal yang masih super lemot. Pake 5G, jaringan masih berasa 3G! Aneh!

Komentar interaktif
Gunakan kode-kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, video, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:

    Menambahkan Gambar:
  • [img]Tulis link gambar di sini[/img]
    Menambahkan Video Youtube
  • [youtube]Tulis link Video Youtube di sini[/youtube] atau gunakan kode < i rel="youtube">Tulis link Video Youtube di sini< /i >
    Menulis Catatan (Blockquote)
  • [quote]Tulis catatan di sini[/quote] atau [blockquote]Tulis catatan di sini[/blockquote]

13 Komentar

  1. Faktanya belum seluruh daerah di Indonesia ter-cover jaringan Internet dengan koneksi yang memuaskan, loh. Di tempat saya sendiri saja meskipun jaringannya 4G tetapi di musim penghujan sinyalnya masih sering timbul-tenggelam. Saya jadi sangsi, apa jangan-jangan kita latah aja ya dengan negara maju yang sudah lebih duluan mengadopsi jaringan 5G? 😶

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ga latah ya mbak, sebelum jaringan 4G ini benar-benar wuss kualitasnya dan dirasakan oleh semua daerah yang tentunya sudah menggunakan konektivitas internet

      Hapus
  2. Iyahh saya pun berpikir demikian.. walaupun disini 4G tapi kecepatan internetnya masih kalah telak sama 4G dinegara lain... Tapi yah saya masih berharap Indonesia bisa berkembang lebih baik lagi dalam urusan internet terutama pemerataan jaringan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, harapan saya juga semoga jaringan internet di negeri ini lebih kenceng lagi, khususnya yang di daerah-daerah

      Hapus
  3. sepertinya masih lama Indonesia menuju 5G,seperti komentar yang di atas, 4G aja masih belum merata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, meskipun sekarang sudah ada info-info tentang 5G, setidaknya memperbaiki sinyal sebelumnya yaitu 4G adalah jalan terbaik untuk semuanya

      Hapus

  4. Diakui atau tidak, di pedesaan memang telkomsel yang merajai. Selamat malam Mas Hamza. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak si merah ini memang tersebar kepelosok namun terkadang kendala sinyal mampet hehehe
      Salam kenal juga mbak

      Hapus
  5. aku pakai telkomsel tapi tergantung daerah mas roni...kalau di kota ya bagus 4g kalau pas pulkam ya blom tentu terutama pas nginep tempat ortu yang masih ketutupan banyak pohon tinggi nya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, apalagi didesa saya ini, kalau 4G hilang timbul dan bikin mampet hidung hehee

      Hapus
  6. Iya sih tapi di daerah saya skrg provider lain sinyalnya parah. Hujan sedikit hilang sama sekali huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hujan itu memang ada aturannya mbak, kenapa signal pada ngumpet semua, diartikel terbaru sudah saya ulas :)

      Hapus