--> Skip to main content
Menu

Masakan Khas Medan yang Sangat Enak Dan Istimewa

Masakan Khas Medan yang Sangat Enak Dan Istimewa

Masakan Khas Medan yang Sangat Enak Dan Istimewa - Pada tahun 2002 saya sudah pernah menikmati masakan khas Medan untuk pertama kalinya yang menurut saya itu enak banget, terutama rasa pedasnya yang membuat selera makan saya meningkat. Apalagi masakan kuahnya, yang waktu itu dimasakin oleh keluarganya pak Haji waktu itu. Meskipun sudah lama, namunmasih terngiang rasa dan bentuknya.

apalagi waktu pulang dari Medan, waktu itu rencananya mau naik pesawat namun karena beberapa hal akhirnya saya menggunakan bis ALS, dari Medan ke jakarta. Sepanjang jalus lintas Sumatera waktu itu ada 2x bisa berhenti untuk sekedar memberikan waktu bagi penumpang untuk makan, sholat atau mandi.

Saat bis berhenti itulah saya selalu membeli makan masakan khas Sumatera yang tentunya juga menjadi masakan khas Medan. Sungguh masa-masa yang tidak pernah terlupakan saat berada disana, apalagi orang-orangnya sungguh sangat mudah akrab meskipun kalau ngomong terkadang sangat lantang. Khsususnya para emak-emak, sabar dan lantang kalau berbicara

Pada artikel ini, saya akan mengulas beberapa masakan yang menjadi masakan favorit di Medan yang pernah saya cicipi meskipun 1x. Masakan-masakan ini hampit tidak pernah ditemui diluar kota Medan, kecuali kalau orang-orang Medan sendiri yang menjualnya.

1. Soto Sinar Pagi

Masakan berkuah ini memang benar-benar sedap dan tentunya agak berbeda dengan Soto Kraksaan. Meskipun sama-sama merupakan masakan yang sudah ada sejak lama, tentunya ada rasa tersendiri yang bisa Anda dapatkan pada soto sinar pagi ini.

2. Lontong Medan

Citarasa pada masakan kuah ini memang masih domain pada rasa kuahnya namun untuk lontongnya sendiri memang benar-benar enak, empuk dan tidak keras. Masakan lontong sangat terkenal, baik dari Medan sendiri ataupun dari luar Medan.

3. Bihun Bebek Asia

Menjadikan masakan ini khas adalah karena rasa bihun dan daging bebek yang empun dan enak. Selebihnya terdapat pada citarasa kuah masakan ini.

4. Mie Balap

Kenapa diberi nama mie balap? Karena proses pembuatan dan penyajiannya sangat cepat. Sedangkan untuk citarasa yang diberikan sungguh sangat enak denga berbagai isian didalamya yang bisa kita pilih sendiri.

Masakan-masakan lokal diatas tersebut memang hanya ada di Medan dan belum pernah saya temui di kota lainnya. Jika Anda benar-benar ingin merasakan masakan khas Medan ini, jangan lupa untuk selalu mencari masakan-masakan yang sudah disebutkan diatas.
Hamza Irawan
Penulis:
Hamza Irawan
Sosmed optimasi | Video creator | Writer magic

2 komentar

  1. Parpining Media™
    Wah, kirain ada saksang nya gan, haha
    • Roni
      Hahaha sepertinya doyan nih :P
    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]
statistik blog digital poin