Skip to main content

Membuat Artikel Dari Ide Konten Video

Membuat Artikel Dari Ide Konten Video

Salah satu kendala seorang penulis, entah menulis dimanapun, adalah menemukan ide untuk dijadikan bahan dalam membuat artikel. Bahkan seorang penulis novel atau buku bercerita pun membutuhkan ide besar untuk membuat sebuah buku. Apalagi seorang blogger, yang harus mengisi blognya dengan artikel-artikel yang menarik.

Pada artikelnya sebelumnya yang ada di blog, saya sudah membahas tentang cara menemukan ide dalam membuat artikel blog dan beberapa artikel dengan kategori yang sama. Bisa Anda buka melalui lin dibawah ini:

Baca Juga: 6 Cara Mencari dan Menentukan Ide Membuat Artikel Blog

Kategori: Artikel Blog

Untuk menjadi seorang penulis itu, hal utama yang harus dikuasai adalah menemukan ide untuk membuat tulisan dan membuat tulisan yang menarik, enak di baca dan bisa membuat pembacanya terhanyut dalam tulisan tersebut.

Begitu juga dengan menjadi seorang blogger, tidak semudah yang dibayangkan. Mengurus 1 blog dengan menulis artikel setiap hari susahnya minta ampun. Kecuali dengan semangat membara, apapun keadaannya pasti akan selalu menulis buat blognya tersebut.

Karena selama menjadi seorang blogger ini, saya banyak melihat blog-blog baru yang bertumbangan yang sudah tidak diurus. Bahkan blognya para senior pun, sudah banyak yang tidak di urus, sudah tidak ada artikel baru di blog mereka, sudah tidak ada update.

Buntu? Mungkin iya. Sibuk dengan urusan lain, bisa jadi. Malas? Bisa jadi. Tidak ada bahan untuk dijadikan artikel? Banyak yang mengalami. Dan berbagai keadaan lainya yang membuat blog tidak terurus, bahkan ada yang 1 tahun lebih, tidak artikel baru dalam blog tersebut.

Jika sudah mengalami beberapa masalah diatas, tentunya hanya diri sendiri yang bisa mengatasi, yang memotivasi. Dan semuanya juga bisa kembali dengan melihat tujuan awal membuat blog. Jika tujuannya hanya untuk menghasilkan uang, saya yakin blog Anda tidak akan bertaha. Namun jika tujuan ngblog adalah untuk berbagi informasi, ngblog akan terasa lebih enjoy...

Nah, bagaimana jika belum menemukan ide dalam membuat artikel baru untuk blog Anda?

Video. Saat ini video online sudah menjadi bahan tontonan yang mengalami tren peningkatan yang sangat signifikan. Orang-orang sudah mulai banyak yang beralih dari membaca menjadi menonton. Keadaan ini berubah karena isi video lebih menarik untuk di lihat.

Bahkan saat ini, video-video dengan kejadian unik, horor, video salah (prank), dan video-video kejadian disekitar kita lebih mudah cepat beredar dan menjadi viral di internet. Dengan mudahnya paran insan dunia maya ini menyebarkan semua video tersebut ke jejaring sosial media.

Dengan adanya video yang menarik dan viral ini, sebagai seorang blogger, setidaknya kita bisa mengambil sesuatu yang berharga dari sana, yaitu dengan menjadikan video tersebut menjadi artikel unik dan menarik.

Jika video tersebut dijadikan artikel, maka besar kemungkinan artikel yang dibuat juga bisa viral dan ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan bersama blog Anda.

Lalu bagaimana caranya?

  1. Cari video yang sedang viral atau menarik.
  2. Tonton video tersebut sampai selesai dan pahami.
  3. Buat judul yang hampir sama dengan judul video tersebut. Judul harus sesuai dengan isi video. Buat judul yang bisa membuat pembaca menjadi penasaran.
  4. Buat artikel dengan cara gaya Anda sendiri. Mengaranglah dengan tulisan yang menarik yang membuat pembaca penasaran dengan isi tulisan tersebut.
  5. Gunakan gambar yang menarik. Ambil gambar dari potongan video yang viral tersebut.
  6. Proses semuanya kedalam blog Anda. Proses disini maksudnya adalah artikel sudah dibuat, gambar sudah terpasang dan masukkan juga video kedalam artikel. Jika sudah selesai, terbitkan artikel tersebut.
  7. Sebarkan link artikel ke sosial media seperti facebook, instagram, dan twitter. Gunakan hashtag yang sama dengan video yang viral tersebut.

Dengan cara diatas, setidaknya sudah ada artikel yang menarik yang sudah dibuat menjadi artikel baru. Dan kelebihan lainnya adalah akan ada banyak trafik blog yang datang ke blog Anda.

Mejadikan video sebagai artikel blog terlihat lebih mudah jika dibandingkan dengan mengarang sendiri. Didalam video sudah ada konten yang bisa dijadikan bahan untuk membuat artikel. Semoga bermanfaat.

4 Komentar

  1. Tribuns sering bikin artikel model gini... saya kadang bikin juga tapi idenya dari channel sendiri.. jadi artikel dapet video dapet saling mendukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kombinasi yang benar-benar menguntungkan banget ya mas, dan biasanya artikel seperti ini lebih bagus di serp

      Hapus
  2. Boleh juga cara depetin ide nya. Nyoba nanti ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas Yuli, semoga berhasil dan lebih mudah menemukan video yang lagi viral

      Hapus