Skip to main content

Tips Menjaga Rahim Agar Kuat Saat Hamil

Saat hamil identik dengan berbagai masalah yang sering dialami oleh wanita hamil. Mulai dari perasaan was-was, keluhan mual muntah, pinggang nyeri, duduk tidak nyama, tidur tidak enak, mau makan ini itu terkadang dibatasi, gerak yang terbatas, dan sampai khawatir terjadinya keguguran. Kekhawatir ini tentunya sangat wajar karena dalam proses kehamilan akan muncul berbagai macam pikiran yang tidak-tidak.

Tips Menjaga Rahim Agar Kuat Saat HamilFoto: Google

Namun, Anda tidak perlu khawatir selama masa kehamilan selau melakukan pola makan dan pola hidup yang seimbang. Serta selalu melakukan check up kehamilan secara berkala. Pentingnya melakukan pemeriksaan secara rutin selama masa kehamilan sangat penting dilakukan. Hal ini untuk mengetahui proses perkembangan kehamilan, keadaan ibu dan janin dalam rahim.

Kecemasan terbesar pada wanita hamil adalah khawatir terjadinya keguguran. Banyak yang beranggapan masalah keguguran dikaitkan dengan karena rahim yang lemah. Memang salah satu faktor terjadinya keguguran adalah rahim yang lemah. Namun tidak hanya itu, faktor lain terjadinya keguguran adalah masalah kesehatan ibu dan janin.

Mmebahas tentang rahim yang lemah pada wanita hamil. Ada beberapa tips menjaga rahim agar kuat saat hamil. Tips ini kami dapatkan dari berbagai sumber yang tentunya sangat aman untuk dilakukan. Dan tentunya tidak membutuhkan biaya atau melakukan sesuatu yang berat-berat.

Berikut beberapa tips menjaga rahim agar tetap kuat selama kehamilan:

Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama akan menyebabkan area pinggul mengalami gangguan sirkulasi darah. Jika selama masa kehamilan selalu duduk makan akan menyebabkan terjadinya endometriosis. Apa itu endometriosis? Terbentunya lapisan dalam dinding rahim yang tumbuh di luar rahim.

Jangan menahan BAK dan BAB. Menahan buang air besar dan kecil terlalu lama atau bahkan membiarkan untuk tidak dikeluarkan akan menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih. Dan pada prosesnya akan mengganggu kehamilan.

Menjaga pola tidur. Wanita hamil juga identik dengan rasa malas karena bawaan hamil. Begitu juga untuk bangun tidur pada pagi hari, bawaannya ingin selalu tidur. Tahukah Anda, pola tidur yang baik akan membuat kehamilan menjadi sehat. Oleh karena itu, selalu bangun tidur setiap hari pada waktu yang sama.

Jaga asupan gizi dan nutrisi. Pada masa kehamilan semua wanita sudah mengetahui bahwa makanan yang sehat akan menjaga kehamilan dan janin serta ibu selalu dalam keadaan sehat. Hindari dulu kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan atau minuman.

Jangan stres. Stres akan menyebabkan penurunan daya tubuh. Bila daya tahan tubuh menurun akan menyebabkan kesehatan terganggu. 

Berdoa. Selalu taat beribadah dan berdoa agar selalu diberi kemudahan, kelancaran dan kesehatan selama masa kehamilan adalah kunci utama agar keadaan tetap merasa aman dan nyaman. Percayalah, hamil adalah anugerah terindah dari Allah yang belum tentu dimiliki oleh setiap wanita.

Beberapa tips kehamilan diatas sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Jika dilakukan dengan baik maka hasilnya juga akan baik. Namun selain tips diatas, secara rutin tetap melakukan check up kehamilan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar

Posting Komentar