Skip to main content

5 Cara Agar Bisa Menghafal Al Quran Dengan Mudah

Membaca dan menghafal Al Quran tidak sama dengan membaca atau menghafal pelajaran umum karena dalam proses membaca Al Quran ada banyak tehnik dan ketentuan yang harus diketahui terlebih dulu. Begitu pula dengan menghafal Al Quran, Ada beberapa cara yang harus dilakukan secara baik dan benar.

5 Cara Agar Bisa Menghafal Al Quran Dengan MudahFoto: Stutterstock

Kenapa membaca atau menghafal Al Quran berbeda dengan yang lainnya?

Karena ada perbedaan bacaan dari setiap ayat yang harus dipahami. Berbeda dengan membaca tulisan biasa atau belajar matematika. Tata bahasa dari kedua ilmu ini sangat berbeda. Jika dalam membaca Al Quran tidak sama cara bacanya maka akan mengubah arti dari bacaan tersebut.

Oleh karena itu, dalam membaca Al Quran harus mengetahui tata bahasanya terlebih dulu dengan baik dan benar. Baimana dengan menghafal? Sama saja, harus mengetahui tata bacaan dalam setiap ayat-ayat Quran tersebut atau yang disebut dengan tajwid.

Bagaimana jika belum mengetahui tajwid tapi ingin bisa menghafal Al Quran?

Tidak ada sesuatu yang sulit dikerjakan bila dilakukan dengan baik dan benar. Begitu juga dengan menghafal Al Quran. Khususnya bagi anak-anak, meskipun belum sepenuhnya memahami tentang ilmu tajwid namun mereka dengan mudah untuk menghafal Quran dan sejalan dengan hafalannya tersebut akan membuat anak mengerti tentang ilmu tajwid itu sendiri.

Bagaimana cara agar anak bisa menghafal Al Quran? 

Untuk bisa menghafal dengan baik tentunya harus dilakukan latihan dan membaca Al Quran secara rutin. Namun tidak boleh terus menerus, dalam artian setiap waktu anak selalu membaca dan menghafal. Jelas ini salah. Cara ini akan membuat anak menjadi bosan dan bahkan stres.

Ingat, seorang anak selain waktunya digunakan untuk belajar, anak juga butuh waktu untuk bermain, istirahat dan makan.

Selain melakukan latihan secara rutin, Ada beberapa cara yang memudahkan anak dalam menghafal Al Quran yaitu:

  1. Meminum madu. Madu sangat bagus untuk petumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu madu sangat bagus dalam menjaga stamina dan meningkatkan konsentrasi anak.
  2. Menjaga wudhu. Sebisa mungkin anak dan orang tua selalu menjaga wudhu karena dengan dalam keadaan berwudhu, akan memudahkan anak untuk memegang Quran setiap saat.
  3. Menghafal di hari Jumat. Jumat adalah hari yang baik untuk melakukan sesuatu yang baik. Begitu juga dengan menghafal Quran.
  4. Sholat tahajud dan hajad. Lakukan sholat ini secara rutin dan memohon doa untuk kelancaran dan kemudahan dalam menghafal Al Quran.
  5. Jauhi maksiat. Anak kecil mungkin jauh dari perbuatan atau tindakan maksiat. Namun belajar menghafal Al Quran tidak hanya dari sang anak. Perbuatan dan perilaku orang tua juga harus di jaga dengan baik.

Dengan melakukan cara sederhana diatas, maka besar peluang dalam menghafal al quran bisa dilakukan dengan sangat mudah. Selain latihan rutin.

 Selain itu tentunya perbanyaklah membaca sholawat dan istighfar serta berdoa agar menghafal Al Quran bisa dilakukan dengan mudah dan lancar.

Belum ada Komentar

Posting Komentar