Skip to main content

Amalan Istri Untuk Meningkatkan Rezeki Suami

Amalan Istri Untuk Meningkatkan Rezeki Suami - Terkadang masih banyak seorang istri yang menuntut suaminya untuk ini dan itu agar kebutuhannya terpenuhi. Namun di saat suami melakukan kebaikan misalnya untuk berhijab, mengajarkan anak ngaji, berbusana yang baik dan sopan, berkata baik, dan melakukan sholat malam, mereka (istri) malah sering mengabaikan. Padahal ajakan dan perintah suami itu sangat baik.

Bahkan tak jarang, seorang istri malah membuat syarat akan mentaati seluruh ajakan atau perintah suami jika kebutuhannya dipenuhi dengan baik. Apakah salah bila seorang istri meminta kebutuhannya selalu dipenuhi? Tentu saja tidak karena seorang istri adalah sosok yang mampu membuat suaminya bisa sukses dan bangkrut.

Istri yang baik selalu mendoakan suaminya, apapun hal-hal baik yang dilakukan oleh suaminya dan apapun hasilnya akan selalu diterima oleh istri. Oleh karena itu, sukses tidaknya suami tidak hanya dari kerja keras yang sudah dilakukan oleh suami tapi ada peran serta dan doa dari istri. Sudah kah engkau wahai para istri mendoakan suamimu hari ini?

Amalan Istri Untuk Meningkatkan Rezeki Suami

Bukan hanya sekedar tuntutan yang diajukan karena setiap waktu meskipun suami bekerja tentunya ada batasan dari yang dihasilkan oleh suami tersebut. Bisa saja suami mengabulkan semua keinginan istri namun suatu ketika suami juga bisa tidak mengabulkan permintaan istri karena ada masalah. Misalkan ada kebutuhan anak atau keluarga yang harus didahulukan.

Baca Juga: Tipe Calon Suami yang Baik untuk Muslimah

Jadi tidak serta merta istri itu harus mengedepankan egonya jika sudah berkeluarga. Buang ego tersebut, karena saat ini Anda sudah berada di kehidupan yang tidak sendirian lagi. Ada suami, ada anak-anak, dan ada 2 keluarga kalian yang suatu saat butuh perhatian kalian.

Dalam Islam, keberadaan seorang istri menjadi penyejuk, penyedap, pembawa kebahagian, pemberi semangat, dan menjadi penghibur bagi suaminya. Dan suami menjadi pendamping yang selalu bertanggungjawab dalam segala hal. Memuat istri menjadi aman dan nyaman dalam keadaan apapun. Dan selain itu, istri juga berkewajiban menjaga kehormatan keluarga dan menghormati suami, baik diluar rumah atau didalam rumah. Didalam rumah juga harus menjaga diri dengan tidak memposting apapun yang bisa mengumbar keadaan diri dan keluarganya.

Banyak kan seorang istri main Tik Tok, beragama Islam, menggunakan celana pendek, paha mulus, loncat-loncat hingga kedua dadanya kemana-mana, bagaimana mungkin rezeki suami bisa lancar sedangkan kelakuan istri seperti itu? Meskipun sudah tidak keluar rumah tapi videonya ada di media sosial.

Oleh karena itu, istri itu sebagai ibu rumah tangga, juga sebagai wakil suami didalam rumah dengan menjaga anak-anak dan keluarga. Dan sangat tidak dibenarkan melakukan hal-hal yang melampaui batas dan mengambil keputusan sendiri dengan apa yang dilakukannya. Hormati suamimu dimanapun Anda berada. Kecuali.. Kecuali suami senang dengan apa yang Anda lakukan dimanapun Anda berada, itu terserah kalian berdua.

Namun yang pastinya, istri yang baik tetap menjaga diri dan bersabar dalam mendampingi suami. Jika kelak suami yang salah, maka tegur lah dengan ramah dan baik. Jangan pernah membalas kelakuan buruk suami dengan hal-hal yang tidak baik juga. Bersabar dan mendoakan suami adalah yang paling penting.

Begitu juga dengan rezeki yang didapatkan oleh suami, berapapun yang rezeki atau penghasilan yang didapat oleh suami, beryukurlah dan doakan suami. Doa seorang istri sangat mustajab, oleh karena itu jangan pernah lelah mendoakan suamimu. Selain itu ada amalan istri untuk meningkatkan rezeki suami yaitu:

1. Tawakkal
Seorang istri yang sabar dan tawaqal akan selalu mendapatkan Rahmat dari Allah, sebagai firmanNya dalam Al Quran surah Ath-Thalaq 3 yang artinya "Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya."

2. Sedekah
Tidak hanya dilakukan oleh yang berkeluarga, sedekah sangat baik untuk mendatangkan segala kebaikan, begitu juga dalam hal rezeki. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 261 yang artinya "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui."

Jadi jika ada istri yang melakukan sedekah secara rutin maka hal tersebut sudah menjadi bagian dari jembatan rezeki suami.

3. Taat pada Suami
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kewajiban istri adalah mentaati segala kebaikan-kebaikan yang terdapat pada suaminya. Jika suami berlaku tidak baik, juga kewajiban istri untuk menegurnya dengan lemah lembut dan bersabar.

4. Mendoakan Suami
Istri yang mendoakan suaminya akan membantu meningkatkan rezeki suami. Doa istri adalah doa yang paling mustajab yang bisa dilakukan secara rutin setiap waktu.

5. Pandai Bersyukur
Berapapun rezeki yang dibawa dan diberikan oleh suami, istri wajib bersyukur, bukan mengeluh. Karena rezeki yang didapat dan diberikan oleh suami itu asalnya dari Allah. Pemberian dari Allah melalui suami Anda. Istri yang selalu bersyukur atas pemberian Allah, akan mendapatkan rezeki tambahan yang tidak terduga.

Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surah Ibrahim aya t yang artinya "Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya azabku sangat pedih".

Itulah amalan istri yang bisa membuat suami semakin sayang kepada Anda. Jika suami sudah sayang, maka ia akan tambah semangat dalam mencari nafkah untuk keluarga. Semoga bermnafaat.

2 Komentar

  1. Saat ini saya masih harus banyak belajar untuk melakukan amalan yg
    bisa mendukung suami seperti itu. Semoga bisa istiqomah

    BalasHapus