Skip to main content

Tipe Calon Suami yang Baik untuk Muslimah

Tipe Calon Suami yang Baik untuk Muslimah - Masih bingung menentukan pilihan pasangan hidupmu? Mencari pasangan hidup yang sempurna memang sangat tidak mudah. Baik yang laki-laki atau pun yang wanita pasti menginginkan calon suami atau istri yang baik. Tidak hanya baik, tapi sempurna. Sempurna dalam segala hal. Adakah manusia seperti itu?

Meskipun manusia adalah mahluk Tuhan yang paling sempurna, namun dalam menjalani hidup ini, tidak ada manusia yang sempurna. Begitu juga dalam urusan jodoh. Tidak ada calon suami atau istri yang sempurna dalam segala hal. Itulah kenapa semua manusia yang ada di muka bumi ini harus memilih pasangan hidupnya. Agar satu sama lain saling melengkapi.

Tipe Calon Suami yang Baik untuk Muslimah

Seorang pria tidak akan bisa hidup tanpa ada seorang pendamping hidupnya. Begitu juga dengan wanita, tidak akan aman tanpa ada yang menjaganya. Manusia saling berpasang-pasangan agar saling melengkapi, saling mengisi dan saling memberi. Serta menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing jodohnya.

Agar kesempurnaan dalam mencari jodoh atau pasangan hidup bisa Anda dapatkan, maka Anda harus mengetahui asal usul dan kriteria atau tipe calon pasangan Anda. Asal usul ini tidak hanya sekedar harta dan tahta saja tapi agama dan akhlak juga harus diperhatikan. Sebagaimana dalam sebuah riwayat disebutkan Nabi SAW bersabda yang Artinya:

"Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Jika tidak, akan terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi." (HR At-Tirmidzi)

Oleh karena itu dalam menentukan calon suami, ada beberapa tip atau kriteria yang bisa saya share dibawah ini:

1. Karakter yang Baik
Dalam menentukan pilihan, sebaiknya Anda mencari calon suami yang memiliki karakter yang baik. Karakter yang baik disini adalah bertanggungjawab terhadap keluarga, berlaku adil, berlaku jujur, tidak ringan tangan, sikap santun dan hormat serta karakter baik yang lainnya.

Dengan mendapatkan calon suami dengan karakter yang baik. Maka kehidupan keluarga Anda akan berjalan dengan normal.

2. Bertanggung Jawab
Calon suami yang baik tidak hanya menampakkan rasa tanggung jawabnya kepada istri mereka tapi juga bertanggung jawab terhadap kedua orang tuanya. Namun secara khusus tetap bertanggungjawab terhadap keluarganya, istri dan anak-anaknya. Termasuk dalam hal ini adalah bekerja atau menafkahi keluarga dengan baik.

3. Daya Tarik
Saat ini banyak berita yang tersiar ada kakek-kakek yang menikahi perempuan muda dan ada pemuda yang menikahi nenek-nenek. Tahu kah Anda makna jodoh yang baik itu adalah berasal dari pasangan yang baik termasuk daya tarik yang baik. "Seseorang tidak menikahi anak wanitanya dengan lelaki yang sudah tua, tetapi dia harus menikahinya dengan yang serupa."

Kenapa harus yang serupa? Karena perjalanan hidup ini tidak ada yang tahu kapan masanya akan berakhir. Jika Anda memilih jodoh dengan usia yang lebih tua maka akan ada kebosanan yang akan Anda hadapi. Dan jika ini terjadi, maka kehidupan keluarga Anda tidak akan harmonis.

Dari 3 tipe calon suami yang baik diatas tentunya yang Anda baca hanya terlihat sangat mudah. Tapi dari 3 tipe diatas tentunya jangan lupa untuk menilai dan memilih dari segi iman dan taqwanya. Karena iman dan taqwa seorang laki-laki sangat berharga dalam menjalani kehidupan berkeluarga.