Skip to main content

Kenapa Favicon Blog Tidak Dipasang?

Kenapa Favicon Blog Tidak Dipasang? Dalam ngeblog saya sering perhatian dengan blog-blog yang lain yang saya kunjungi. Saya perhatikan tampilannya, saya perhatikan struktur artikelnya, dan bagiannya lainnya termasuk favicon yang digunakan pada blog tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah mencari tahu siapa admin blog tersebut. Kenapa harus mengetahui admin blognya? Nanti kita bahas di artikel berikutnya ya... Sekarang kita bahas mengenai Favicon.

favicon blog

Apa itu Favicon Blog?

Teman-teman blogger pasti sudah tahu apa itu favicon blog. Karena sejak dari awal pembuatan blog, yang juga menjadi perhatian utama adalah logo dan icon blog. Termasuk favicon ini. Sehingga sudah pasti tahu apa itu favicon dan dimana letaknya. Namun yang menjadi perhatian saya saat melihat dan membaca blog yang saya kunjungi adalah kenapa favicon blog tidak dipasang? Dan anehnya lagi adalah blog tersebut memiliki logo yang sudah dipasang tapi favicon tidak terpasang. Kenapa?

Masalah sepele sih sebenarnya dan mungkin juga masalah selera. Mau dipasang atau tidak, itu terserah saya. Atau jangan-jangan yang tidak memasang favicon blog itu memang benar tidak tahu tentang apa itu favicon? Meskipun terlihat sepele, keberadaan icon blog yang ada dibagian address bar itu sangat berarti dan memiliki fungsi penting dalam sebuah blog. Kenapa?

Favicon adalah favorit icon yang menjadi icon sebuah blog atau website. Favicon ini berada dibagian address bar pada halaman sebuah blog atau website. Atau seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Kenapa Favicon Blog Tidak Dipasang

Favicon blog ini juga dikenal dengan sebutan icon blog, icon website, shortcut icon atau bookmark icon. Namun yang lebih familiar dan sering disebut adalah favicon.

Apa Manfaat Favicon Blog?

Sebagai icon blog tentunya keberadaan sebuah icon ini sangat penting. Namun meskipun begitu dari beberapa blog atau website yang saya kunjungi, masih banyak yang tidak menggunakan icon blog. Coba Anda perhatikan sendiri, jika blog atau website Anda tidak memiliki favicon. Dan bandingkan dengan blog atau website yang sudah ada favicon blognya. Tentu sangat beda dan perbedaan tersebut terlihat pada tampilan. Blog yang sudah memiliki favicon lebih terlihat bagus jika dibandingkan dengan yang tidak memiliki favicon.

Selain itu, sebuah icon blog adalah salah satu identitas sebuah blog atau website. Orang bisa mengingat blog Anda dari nama blog, link blog dan icon atau logo blog.

Bagaimana Dengan Blog yang Tetap Menggunakan Favicon Bawaan Dari Blogger?
Sama saja, meskipun blog yang digunakan adalah blog gratisan. Baik itu dengan subdomain bawaan atau yang sudah di custom domain, tetap harus mengganti favicon bawaan blogger tersebut. Atau favicon dari Wordpress. Dengan mengganti dan memiliki icon sendiri yang terpasang pada blog, akan menunjukkan kalau blog Anda tetap diurus dengan baik. Dan juga menunjukkan kalau blog Anda lebih unik dari yang lainnya dengan identitas yang mudah dikenali.

Bagaimana Cara Memasang Favicon?
Untuk memasang icon pada address bar blog, sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang bisa Anda baca di Cara Memasang dan Mengganti Favicon Blog. Silahkan gunakan panduan tersebut jika Anda ingin mengganti icon blog Anda.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai favicon blog yang keberadaannya sangat penting untuk digunakan pada blog. Sebagai icon dan tentunya juga sebagai logo blog. Apa bedanya icon dan logo blog? Perbedaan keduanya hanya pada ukuran saja. Icon memiliki ukuran yang lebih kecil dari logo dan begitu juga sebaliknya.