Skip to main content

Kenapa Favicon Blog Tidak Dipasang?

Kenapa Favicon Blog Tidak Dipasang? Dalam ngeblog saya sering perhatian dengan blog-blog yang lain yang saya kunjungi. Saya perhatikan tampilannya, saya perhatikan struktur artikelnya, dan bagiannya lainnya termasuk favicon yang digunakan pada blog tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah mencari tahu siapa admin blog tersebut. Kenapa harus mengetahui admin blognya? Nanti kita bahas di artikel berikutnya ya... Sekarang kita bahas mengenai Favicon.

favicon blog

Apa itu Favicon Blog?

Teman-teman blogger pasti sudah tahu apa itu favicon blog. Karena sejak dari awal pembuatan blog, yang juga menjadi perhatian utama adalah logo dan icon blog. Termasuk favicon ini. Sehingga sudah pasti tahu apa itu favicon dan dimana letaknya. Namun yang menjadi perhatian saya saat melihat dan membaca blog yang saya kunjungi adalah kenapa favicon blog tidak dipasang? Dan anehnya lagi adalah blog tersebut memiliki logo yang sudah dipasang tapi favicon tidak terpasang. Kenapa?

Masalah sepele sih sebenarnya dan mungkin juga masalah selera. Mau dipasang atau tidak, itu terserah saya. Atau jangan-jangan yang tidak memasang favicon blog itu memang benar tidak tahu tentang apa itu favicon? Meskipun terlihat sepele, keberadaan icon blog yang ada dibagian address bar itu sangat berarti dan memiliki fungsi penting dalam sebuah blog. Kenapa?

Favicon adalah favorit icon yang menjadi icon sebuah blog atau website. Favicon ini berada dibagian address bar pada halaman sebuah blog atau website. Atau seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Kenapa Favicon Blog Tidak Dipasang

Favicon blog ini juga dikenal dengan sebutan icon blog, icon website, shortcut icon atau bookmark icon. Namun yang lebih familiar dan sering disebut adalah favicon.

Apa Manfaat Favicon Blog?

Sebagai icon blog tentunya keberadaan sebuah icon ini sangat penting. Namun meskipun begitu dari beberapa blog atau website yang saya kunjungi, masih banyak yang tidak menggunakan icon blog. Coba Anda perhatikan sendiri, jika blog atau website Anda tidak memiliki favicon. Dan bandingkan dengan blog atau website yang sudah ada favicon blognya. Tentu sangat beda dan perbedaan tersebut terlihat pada tampilan. Blog yang sudah memiliki favicon lebih terlihat bagus jika dibandingkan dengan yang tidak memiliki favicon.

Selain itu, sebuah icon blog adalah salah satu identitas sebuah blog atau website. Orang bisa mengingat blog Anda dari nama blog, link blog dan icon atau logo blog.

Bagaimana Dengan Blog yang Tetap Menggunakan Favicon Bawaan Dari Blogger?
Sama saja, meskipun blog yang digunakan adalah blog gratisan. Baik itu dengan subdomain bawaan atau yang sudah di custom domain, tetap harus mengganti favicon bawaan blogger tersebut. Atau favicon dari Wordpress. Dengan mengganti dan memiliki icon sendiri yang terpasang pada blog, akan menunjukkan kalau blog Anda tetap diurus dengan baik. Dan juga menunjukkan kalau blog Anda lebih unik dari yang lainnya dengan identitas yang mudah dikenali.

Bagaimana Cara Memasang Favicon?
Untuk memasang icon pada address bar blog, sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang bisa Anda baca di Cara Memasang dan Mengganti Favicon Blog. Silahkan gunakan panduan tersebut jika Anda ingin mengganti icon blog Anda.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai favicon blog yang keberadaannya sangat penting untuk digunakan pada blog. Sebagai icon dan tentunya juga sebagai logo blog. Apa bedanya icon dan logo blog? Perbedaan keduanya hanya pada ukuran saja. Icon memiliki ukuran yang lebih kecil dari logo dan begitu juga sebaliknya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jangan pasang link ya...

20 Komentar

  1. Setuju sekali, keberadaan dan fungsinya penting sekali
    Bisa menjadi ciri khas atas blog itu sendiri.
    Saya sudah pasang sejak lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas dan saya sudah mengetahui sejak lama kalau blog Djangkarubumi sudah menggunakan favicon :)

      Hapus
  2. Mana tombol ikuti blognya om ? Ko gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan om, ada di menu Sobat Blogger :)

      Hapus
  3. Malah saya bingung dibuatnya, milih ikon favorit yg seperti apa yg pantas untuk saya. Makanya sering ganti2, karena masih blm bisa menemukan yg tepat mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menggunakan icon sesuai dengan kategori blognya kang atau menggunakan inisial dari judul blognya kang Syahri, KS

      Hapus
  4. tapi knpa yah kadang kalo blog baru.. favicon nya gk terindex di google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang cepat dan ada yang lambat, jika faviconnya mengganti di Tata Letak, coba pasang juga di kode meta tagnya

      Hapus
  5. Saya salah satu blogger yang tidak menggunakan favicon blog, mungkin masalah selera kali ya mas Roni, soalnya menurutku tidak penting.

    Tapi jika ada favicon nya, blog kelihatan berbeda dan punya kelebihan.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Benar sesuai selera saja mas.
      Kalau dipasang terkadang bikin bingung, bisa gonta ganti karena ga cocok :)

      Hapus
    2. Dulu waktu di mywapblog aku malah pasang favicon, lalu kalo dilihat di history chrome ada logo faviconnya, jadi kelihatannya keren.😁

      Hapus
  6. Blog saya memang ada favicon.
    Mula-mula bdrblog memang bersrmangat letak favicon ni.

    BalasHapus
  7. Keberadannya memang puny pengaruh terhadap blog yang kita kelola ya. Bisa dibilang identitas atau ciri khas suatu blog. Awal awal ngeblog saya sering gonta ganti pavicon.

    Proses membuat pavicon juga cukup simple, bisa disesuaikan dengan nama blog. Apalagi nyari gambar atau nyari logo gratisan juga lebih mudah di internet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas dan bisa mudah dikenali, seperti miliknya mas Hendra. Di fb saya inget.. :)

      Hapus
  8. Tampilan blognya keren mas, bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak mas, tapi masih acak-acakan ini :]

      Hapus
  9. Coba kulihat blog ku sudah kuoasang favicon belum sih kok aku malah lupa, mas ...

    BalasHapus
  10. Awalnya dulu saya bikin blog tanpa favicon. Kesannya malah nampak terlalu pribadi. Akhirnya saya pasang favicon.

    Salam kenal mas bro...

    BalasHapus
  11. Favicon memang yang paling penting di sebuah blog,klo aku pasang sesuai avatr, rencananya emang mau gnti sih.. Blm dpt logo yg pas

    BalasHapus