Skip to main content

Dampak Google+ Ditutup Terhadap Akun Blogger

Dampak Google+ Dinonaktifkan Terhadap Akun Blogger - Beberapa waktu yang lalu Google telah mengumumkan kalau salah satu layanan sosial media mereka yaitu Google+ telah dinonaktifkan dan ternyata dengan dinonaktfikannya Google+ tersebut berdampak pada salah satu layanan Google yang lainnya yaitu Blogger. Apa dampaknya?

Google+ atau Google Plus adalah media sosial atau jejaring sosial yang merupakan salah satu produk dari Google Inc. Usia layanan dari Google ini sebenarnya masih sangat muda yaitu masih 8 tahun, mulai dari 28 Juni 2018 sampai April 2019 ini. Selama 8 tahun ini sebenarnya keberadaan Google Plus sangat dinikmati oleh para netter (blogger, internet marketing, dan sebagainya) namun entah dengan alasan apa, akhirnya Google menutup penggunaan Google+ pada bulan April 2019.

Dampak Google+ Ditutup Terhadap Akun Blogger
Padahal keberadaan Google+ sangat bermanfaat untuk para blogger dan internet marketing. Salah satunya adalah sebagai sumber trafik blog dan untuk menampilkan profil dari pemilik akun Blogger tersebut. Namun keterkaitan profil ini membuat akun Blogger tidak bisa di akses sebelum penggunaan profil Google+ untuk blogger dialihkan ke profil Blogger.

Baca Juga Google+ Ditutup: Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger

Selain mempengaruhi akses Blogger yang tidak bisa di buka, dampak dari Google+ dihentikan adalah seluruh konten pengguna yang berhubungan dengan Google+ akan dihapus semuanya, termasuk foto atau video yang di unggah di halaman Google+. Sedangkan untuk Blogger sendiri yang tidak bisa di buka dikarenakan adanya profil Google+ yang terkait atau terhubung dengan akun Blogger.

Jadi jika Anda tidak bisa membuka akun blogger namun akun gmail masih aktif maka ada 2 kemungkinan yang membuat akun blogger tersebut tidak bisa yaitu masalah cookies dan adanya hubungan dengan adanya penggunaan profil Google Plus di Blogger. Untuk masalah cookies, Anda bisa menghapus riwayat browsing di browser. Untuk panduannya bisa dicari di Google.

Sedangkan untuk masalah profil Google+ yang terhubung dengan akun Blogger, ganti akun google+ dengan profil blogger. Caranya bisa Anda baca di Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke Akun Dashboard Blogger

Meskipun dampak Google+ ditutup tidak terlalu berpengaruh pada layanan Google yang lainnya namun jika tidak mencermati segala perubahan yang terjadi, juga akan membuat pengguna merasa bingung. Misalnya ada nya beberapa foto atau gambar yang sudah tidak bisa diakses atau hilang. Padahal sebelumnya Google sudah menyampaikan jauh-jauh hari agar semua konten yang ada di Google+ untuk di backup. Bagaimana jika saat ini melakukan backup konten Google+? Kami kira itu sudah terlambat namun tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Baca juga Simpan Konten Google+ Anda Sebelum Tanggal 31 Maret 2019

Belum ada Komentar

Posting Komentar