Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Bagaimana Cara Meningkatkan Page Views Blog?

Bagaimana Cara Meningkatkan Page Views Blog?
Bagaimana Cara Meningkatkan Page Views Blog? Banyak blogger yang menginginkan trafik blog melimpah dan sedikit melupakan page views, padahal page views memiliki peranan penting dalam perkembangan blog. Memang trafik blog yang banyak juga membuat blog semakin bagus namun meningkatnya trafik blog belum tentu meningkatkan page views blog. Lantas bagaimana aga pageviews blog tetap meningkat?

Bagaimana Cara Meningkatkan Page Views Blog
Perlu diketahui bahwa banyaknya trafik blog atau pengunjung blog yang datang jumlahnya sama dengan jumlah page view jika pengunjung blog tersebut hanya membuka atau membaca satu halaman blog saja. Misalkan jumlah trafik blog adalah 500, maka jumlah pageview sama dengan jumlah trafik. Namun jika jumlah page view meningkat, maka jumlah trafik blog tidak ikut meningkat. Kenapa?

Meningkatnya jumlah page views karena pengunjung blog banyak membuka halaman blog, bukan hanya 1 halaman tapi bisa lebih dari 3 halaman yang di buka. Jadi jika jumlah trafik blog adalah 500 maka jumlah page view bisa meningkat 2x lipat bahkan lebih, bisa menjadi 1000 tampilan. Kenapa jumlah page view lebih banyak dari jumlah trafik blog? Karena konten blog Anda sangat menarik sehingga pengunjung blog yang membaca konten blog Anda tidak hanya membaca 1 artikel tapi lebih dari 5 artikel!

Apakah penting jumlah page views blog? Sangat penting. Karena semakin banyak jumlah page view, maka akan membuat blog Anda semakin populer dan tentunya akan menurunkan persentase bounce rate blog Anda.

Lalu bagaimana cara meningkatkan page view blog?
Konten, konten adalah faktor utama yang menentukan page view meningkat. Jika konten blog Anda menarik dan dibutuhkan banyak orang maka bukan hanya trafik blog yang meningkat tapi jumlah page view juga meningkat. Namun perlu diperhatikan juga, bukan hanya sekedar konten yang harus diurus tapi penempatan Link konten yang lainnya kedalam konten tersebut yang juga harus diperhatikan. Yaitu link yang relevan didalam konten tersebut. Dan berikut beberapa tips yang bisa membantu page view blog Anda meningkat :

A. Memasang Link Internal Disetiap Artikel
Link internal adalah link artikel blog lainnya yang ada pada blog tersebut. Link internal disetiap artikel merupakan salah satu cara yang bisa membantu menaikkan pageviews blog. Seperti apa link internal ini? Biasanya link internal yang dipasang ditandai dengan kata "Baca Juga..." atau link yang disematkan dalam artikel. Contohnya seperti dibawah ini:

Baca Juga Cara Memasang Link Blog Didalam Artikel

B. Memasang Widget Artikel Populer
Fungsi widget populer memberitahukan ke pengunjung bahwa ada artikel populer didalam blog Anda dan biasanya mereka ini membaca artikel populer tersebut. Pasang dan letakkan kolom widget populer dibagian sidebar blog, sebagai saran lebih baik pasang di kolom disebelah Kanan.

C. Mereview Beberapa Artikel
Maksudnya adalah membuat artikel dan mengulas beberapa artikel yang lainnya. Misalkan 15 artikel penting, ditulis menjadi satu dalam satu artikel. Dengan begitu, pembaca akan lebih banyak membuka halaman artikel yang lainnya hanya dari 1 halaman artikel. Dan pastikan setiap artikel memiliki link dengan target menuju tab baru, bukan pada halaman yang sama.

Contohnya bisa Anda lihat di artikel: 17 Cara Membuat Blog Dengan Panduan Terlengkap & Terbaru

D. Memasang Script Artikel Terkait
Daftar artikel terkait biasanya dipasang dibawah artikel blog, dan ini sangat bagus untuk meningkatkan page views blog karena artikel terkait menampilkan artikel-artikel yang berhubungan dengan artikel utama yang dibaca oleh pengunjung blog. Jika didalam artikel terkait ada yang berhubungan dengan artikel utama maka pengunjung blog akan membaca artikel terkait itu juga.

E. Share Artikel Ke Facebook
Facebook adalah salah satu lahan yang bisa digarap untuk mendatangkan trafik blog yang melimpah. Manfaatkan secara baik-baik facebook ini. Caranya? Bikin fanspage atau group yang membahas tentang topik yang sama dengan topik blog Anda. Atau jika tidak, share saja link artikel ke group-group facebook yang lainnya yang memiliki aturan untuk saling berbagi. Yang penting jangan melakukan spam.

Itulah beberapa tips meningkatkan page views blog yang bisa dilakukan dengan cara mudah. Sekali lagi, agar page view selalu meningkat, buatlah konten yang menarik dan benar-benar dibutuhkan oleh orang lain, bukan hanya untuk diri sendiri. Selamat mencoba.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.