Skip to main content

Agar Link yang Di Klik Terbuka di Tab atau Halaman Baru

Agar Link yang Di Klik Terbuka di Tab atau Halaman Baru - Bahasa pemograman HTML sebenarnya sangat menarik untuk dipelajari dan salah satunya adalah membuat link HTML. Ada banyak link HTML yang perlu dipelajari dan setiap link tersebut memiliki pengertian dan penggunaannya yang berbeda. Seperti halnya membuat link agar terbuka di tab baru saat di klik bisa diatur secara otomatis atau manual.

Sebenarnya pemasangan link didalam artikel blog secara default tetap terbuka pada halaman yang sama dan tidak terbuka pada tab baru atau halaman baru dalam halaman browser. Namun ada beberapa perlakuan yang bisa dilakukan agar link tersebut bisa terbuka pada halaman baru saat link tersebut di klik. Bagaimana caranya?

Agar Link yang Di Klik Terbuka di Tab atau Halaman Baru
Di Blogger, di halaman posting sudah disediakan cara yang lebih mudah dalam memasang link dan menetapkan agar link tersebut bisa terbuka di halaman baru atau tidak. Dan juga bisa dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menambahkan atribut tag HTML pada link tersebut yaitu target blank. Selain itu ada juga cara otomatis yang tidak perlu memasang atribut target blank , tapi memasang kode tag otomatis kedalam kode template blog. Namun cara yang terakhir ini tidak kami rekomendasikan karena jika Anda mengganti template baru lupa memasang kode ini maka semua link yang Anda buat sebelumnya tidak akan terbuka pada tab baru.

Cara Membuat Link Dibuka Pada Tab atau Halaman Baru
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk memasang link agar bisa terbuka di tab baru saaat di klik, ada 3 cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Cara Semi Otomatis
Saat memasang atau menyisipkan link kedalam artikel, gunakan menu Link yang ada di toolbar postingan. Dan pastikan saat menulis artikel dalam keadaan mode Compose.

Perhatikan gambar berikut:
Gambar dibawah ini menunjukkan langkah-langkah dalam memasang link agar saat di klik bisa terbuka di halaman baru.

memasang link blog

Keterangan:
  1. Halaman posting dalam mode Compose
  2. Blok kalimat atau kata yang akan disisipi link
  3. Klik tanda icon Link di menu Toolbar postingan
  4. Masukkan link kedalam kolom link
  5. Centang bagian Open this link in a new window
  6. Klik OK
2. Cara Manual
Cara manual ini adalah dengan menambahkan atribut HTML target="_blank" kedalam link yang telah dipasang. Untuk memasang link secara manual ini kedalam artikel, pastikan Anda menulis artikel di halaman posting menggunakan mode HTML atau mode teks biasa.

Contoh:
<a href="https://www.digitalpoin.com/2019/08/cara-memasang-link-blog-didalam-artikel.html">Cara Memasang Link Blog</a>

Jika ditambahkan atribut target="_blank" maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
<a href="https://www.digitalpoin.com/2019/08/cara-memasang-link-blog-didalam-artikel.html" target="_blank">Cara Memasang Link Blog</a>

3. Cara Otomatis
Agar semua link bisa terbuka secara otomatis tanpa menambahkan atribut target blank di setiap link, Anda bisa menggunakan kode berikut ini dan dipasang kedalam kode template blog. Namun, kami tidak menyarankan untuk menggunakan kode ini karena jika Anda mengganti kode template blog dan lupa untuk memasang kode ini, maka semua link yang telah dipasang didalam artikel akan terbuka di halaman yang sama.

Jika ingin menggunakan cara ini, silahkan tambahkan kode <base target="_blank"> diantara kode <head> dan </head> didalam kode template blog. Atau jika bingung pasang kode <base target="_blank"> setelah kode <head>

Atau Baca Juga: Cara Menambahkan Kode Template

Apa Untungnya Membuat Link Terbuka Di Tab atau Halaman Baru?
Keuntungan yang didapat adalah meningkatkan page views blog dan menurunkan bounce rate blog. Bukankah dengan membuat link terbuka di tab baru bisa mengganggu pengunjung blog? Selama link yang terbuka bukan link iklan yang muncul terus menerus, kami yakin pembaca blog tidak akan terganggu karena link yang terbuka adalah link artikel yang memang dibutuhkan untuk dilihat dan dibaca.

Itulah 3 cara yang bisa digunakan untuk membuat link agar bisa terbuka di halaman baru saat di klik. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk Anda yang sedang belajar membuat blog.

Belum ada Komentar

Posting Komentar