Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Cek DA PA atau Domain Authority dan Page Autority Blog Jangan Menggunakan Cara ini

Cek DA PA atau Domain Authority dan Page Autority Blog Jangan Menggunakan Cara ini
Cek DA PA atau Domain Authority dan Page Autority Blog - Teman-teman blogger sudah pasti tahu apa itu PA dan DA, yaitu Page Authority dan Domain Authority. PA dan DA adalah salah satu yang digunakan oleh mesin pencarian atau search engine dalam menentukan dan mengukur kualitas sebuah blog atau website. Ini hanyalah satu cara, masih banyak cara lain yang digunakan dalam menentukan atau dijadikan tolak ukur kualitas sebuah blog. Dan karena kedua faktor ini juga merupakan salah satu algoritma yang dikembangkan oleh Moz.

Cek DA PA atau Domain Authority dan Page Autority Blog Jangan Menggunakan Cara ini
Namun yang pastinya, nilai PA dan DA sebuah blog sudah cukup menjadikan dan menentukan blog tersebut berkualitas. Karena semakin tinggi nilai Page Authority dan Domain Authority. Dengan semakin naik atau tingginya nilai skor blog, maka nilai skor yang lainnya juga akan akan dan tentunya nilai buruk atau spam score juga menjadi turun.

Lantas Bagaimana Cara Cek Skor DA PA Blog atau Website?

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan skor PA DA blog yaitu:

Cara Pertama: Layanan Moz
Namun kami menyarankan untuk tidak menggunakan cara yang pertama ini karena cara pertama ini berhubungan dengan pengembang dari DA PA ini yaitu Moz, jangan menggunakan layanan Moz untuk mengecek nilai DA blog Anda. Karena Moz sendiri sudah menggunakan Domain Authority 2.0, update terbaru dari domain authority itu sendiri.

Update ini sudah berjalan sejak awal tahun ini, 05 Maret 2019. Jika Anda menggunakan Moz untuk mengecek nilai atau skor otoritas domain blog atau website Anda, maka jangan terlalu berharap untuk mendapatkan skor yang sama ketika Anda terakhir mengecek PA DA blog Anda. Jika Anda menggunakan maka hasilnya akan membuat Anda puyeng, jangankan blog kita, website sebesar Google, Facebook dan Moz itu sendiri masih memiliki skor DA PA nol (0).

Jika ingin cek skor Domain Authority dan Page Autority blog Anda menggunakan Moz, buka link https://www.checkmoz.com ini dan masukkan alamat blog Anda.

Mungkin karena masih ada dampak dari Domain Authority 2.0 sehingga skor yang dihasilkan masih nol (0), namun tidak perlu khawatir karena meskipun ada update pada Domain Authority, bukan berarti skor SERP blog juga menghilang dari search engine. Tapi jika Anda ingin mengikuti aturan terbaru dari faktor-faktor yang menentukan meningkatkannya skor DA PA pada Domain Authority 2.0, maka Anda harus mengupdate blog atau website Anda juga. Karena ini juga sangat penting.

Cara Kedua
Cara kedua ini menggunakan layanan yang masih bisa menampilkan skor PA DA blog secara keseluruhan karena masih belum terhubung dengan update terbaru Domain Authority 2.0. Silahkan gunakan 2 layanan berikut ini (pilih salah satu) atau gunakan layanan lainnya yang kalian meiliki:
  1. https://smallseotools.com/page-authority-checker/
    https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/
  2. Masukkan link url alamat blog Anda kedalam kolom.
  3. Jika ada cek capctcha, isi saja.
  4. Cek tombol.
  5. Hasilnya akan terlihat, skor DA PA blog Anda.
Dan untuk skor DA PA blog Digital Poin ini sudah lumayan meski umur blog masih baru 6 bulanan dan jarang update, apalagi jika dibandingkan dengan blog-blog yang sudah berusia 1 tahun lebih. Semoga saat umur blog sudah 1 tahun, skor DA PA blog ini lebih baik lagi.

Kenapa Kami Membuat Artikel Tentang Domain Authority dan Page Autority Blog?

Alasannya tentu ingin membuat blog ini lebih baik, khususnya untuk SERP masing-masing konten yang ada di blog ini. Dan selebihnya ada manfaat lebih yang bisa kami dapatkan yaitu meski usia blog masih baru, ternyata sudah ada yang mau memasang review di blog ini. Bahkan banyak yang kirim email untuk bekerja sama dalam artikel review meski tidak semuanya berjalan mulus karena mereka masih ada yang menginginkan blog dengan trafik yang lebih baik lagi.

Sedangkan sebagian dari yang sudah bekerja sama dengan blog ini, menilai blog dari skor DA PA yang dimiliki blog ini. Terimakasih buat yang telah bekerja sama dengan kami.

Faktor-Faktor yang Menentukan Skor Domain Authority dan Page Autority Blog Meningkat
Banyak yang mengatakan, faktor utama skor blog bisa meningkat adalah karena banyak trafik atau kunjungan yang datang ke blog tersebut. Namun menurut sumber yang ada di Moz, berikut beberapa faktor utama DA PA meningkat:
  1. Usia blog
    Untuk mendapatkan skor DA PA, setidaknya blog sudah berusia 4 bulan lebih.
  2. Kecepatan loading blog
    Saat ini blog yang memiliki akses cepat sangat diminati oleh para pembaca media online. Jika mesin pencari saja senang dengan blog yang memiliki loading cepat, maka human juga betah berada didalam blog Anda.
  3. Jumlah backlink ke situs web Anda
    Gunakan backlink yang berkualitas dalam mengoptimalkan blog atau web Anda.
  4. Skor Spam
    Skor spam ini maksudnya adalah jika adalah dihitung dari blog yang memiliki niche atau topik yang sama. Misalkan topik blog Anda adalah tentang kesehatan, dan blog saingan Anda memiliki topik yang sama juga yaitu kesehatan. Maka akan dihitung dan dilakukan perbandingan dari masing-masing konten yang ada di kedua blog tersebut. Mana blog yang kontennya original dan tidak. Selain konten, jika ada beberapa penilaian dalam menentukan skor spam sebuah blog.
  5. Kualitas tautan atau link
    Jika ingin memasang tautan atau link kedalama blog atau keluar blog, lihat dulu kualaitas dari link tersebut. yaitu kualitas yang ada pada blog secara keseluruhan termasuk konten blog.
  6. Kualitas konten blog
    Jika Anda membuat sendiri konten didalam blog Anda, maka besar kemungkinan akan memiliki kualitas terbaik jika dibandingkan dengan blog yang memiliki konten dari hasil copy paste.
  7. Sosial media
    Seberapa besar aktivitas sharing pada blog Anda? Selama tidak melakukan aktivitas spam pada sosial media, besar kemungkinan blog Anda akan memiliki peringkat yang lebih baik.
Bagaimana Cara Meningkatkan Skor DA PA Blog?
Cara sangat mudah, optimasi saja 7 poin faktor domain dan page authority diatas. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan cara kuno yaitu Blogwalking. Percaya atau tidak, blogwalking memiliki peranan penting untuk kemajuan blog ini dari awal sampai sekarang.

Selain 7 poin diatas, banyak sekali faktor yang bisa meningkatkan skor domain dan page authority yang bisa Anda lakukan, begitu juga untuk melakukan cek DA PA atau Domain Authority dan Page Autority blog juga bisa dilakukan dengan banyak cara dengan beberapa layanan yang tersedia. Silahkan dicoba.

UPDATE
Cek DA PA atau Domain Authority dan Page Autority menggunakan layanan MOZ sudah bisa menampilkan skor DA PA blog termasuk MOZ Rank dan Alexa rank. Silahkan di cek.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.