Skip to main content

Beberapa Faktor Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Online

Beberapa Faktor Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Online
Beberapa Faktor Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Online - Sama halnya dengan membuat blog, beberapa faktor ini juga bisa disiapkan saat Anda akan memulai sebuah bisnis di internet atau bisnis online. Faktor penting ini sangat mudah disiapkan bahkan bisa dikatakan adalah faktor utama yang harus benar-benar ada dan harus disiapkan. Tidak mahal, mungkin hanya ada 1 - 2 faktor yang bisa dikatakan agak sedikit mahal. Apa saja faktor-faktor penting sebelum menjalankan bisnis online tersebut?

Beberapa Faktor Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Online
Dalam menjalankan bisnis online, kadang sangat mudah dilakukan dan kadang tidak. Meskipun sama-sama memiliki niat yang kuat untuk menjalankan bisnis di internet ini, namun nyatanya masih banyak yang gagal dalam mendapatkan profit dari bisnis yang dijalankan atau dari produk yang dijual di internet.

Internet memang memberikan kemudahan dan keleluasaan, namun kemudahan itu tidak akan terlihat dengan mudah ketika Anda menjual produk di internet. Bahkan ketika Anda sudah memiliki formulanya yang biasanya didengungkan yaitu "Amati Tiru Modifikasi" belum tentu memberikan hasil yang sama dengan formula yang Anda miliki. Bukan salah atau tidak benar tapi karena memang setiap individu memiliki mekanisme dan proses yang berbeda dalam keberhasilan mereka.

Namun hal terpenting yang Anda lakukan adalah Stop Dreaming, Start Action, motto semangat dari seorang Joko Susilo. Internet marketer kawakan yang sudah berpengalaman di bisnis online selama 12 tahun lebih. Sepertinya tidak ada yang sekuat Joko Susilo dalam menjalankan bisnis di internet ini, siapa Joko Susilo? Cek blognya di http://www.jokosusilo.com yang berisi tips-tips bisnis online.

Apa Saja Faktor-Faktor Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Online?
Beberapa hal berikut dibawah ini sebenarnya sudah menjadi bagian dari diri Anda dan Anda sudah sangat familiar dengan hal-hal berikut ini karena sudah sering digunakan setiap hari yaitu:

Smartphone atau Ponsel
Dalam bisnis, ponsel sangat vital keberadaannya, tanpa ponsel sangat sulit mengembangkan bisnis Anda, khususnya dalam melakukan promosi secara masiv, mudah, murah dan otomatis.

Komputer atau Laptop
Digunakan dalam skala lebih luas yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Jaringan Internet
Dulu untuk melakukan pemesanan produk hanya bisa dilakukan dengan sangat terbatas, namun dengan adanya jaringan internet mengembangkan bisnis yang Anda lakukan terasa lebih sangat mudah dan gampang.

Media Sosial
Facebook, Instagram dan Twitter adalah media sosial yang sangat berarti keberadaannya saat ini. Bukan hanya sekedar untuk berbagi status, tapi juga untuk menghasilkan uang dari promosi bisnis yang Anda jalani.

Media Komunikasi Online
Dulu ponsel hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon saja, bahkan SMS menjadi alat komunikasi efektif yang bisa digunakan untuk segala hal, termasuk berbisnis. Namun keberadaan SMS sudah diganti dengan aplikasi-aplikasi online yang lebih canggih, lebih lengkap dan lebih mudah yaitu Whatsapp, Telegram, Email dan aplikasi lainnya.

Saat ini Whatsapp dan Telegram adalah aplikasi media komunikasi yang memiliki multi fungsi, selain untuk kirim pesan juga bisa digunakan untuk mengembangkan usaha Anda yaitu dengan cara promosi, dan membuat group atau channel.

Website atau Toko Online
Tanpa blog atau website atau toko online, melakukan bisnis di internet masih bisa dilakukan. Namun jika Anda memiliki produk sendiri, alangkah baiknya untuk membuatkan website atau toko online produk tersebut. Kenapa? Banyak sekali keuntungan jika Anda memiliki website atau toko online yaitu menambah trust atau kepercayaan konsumen Anda.

Produk
Jika ingin menjalankan bisnis online tentunya harus ada produk yang ditawarkan atau dijual. Tidak harus produk sendiri, menjual produk orang lain juga bisa dilakukan baik itu berupa jasa, barang atau informasi.

Modal
Jika Anda diimingi-imingi sebuah bisnis tanpa modal. Itu bohong, mungkin itu hanya pemanis dalam berpromosi. Apapun jenis usaha online yang akan Anda lakukan semuanya butuh modal, meskipun hanya sekedar modal paketan internet. Itu juga modal, modal yang masuk dalam anggaran pengeluaran.

Faktor-faktor penting sebelum menjalankan bisnis online diatas bisa Anda kembangkan menjadi lebih baik lagi untuk mempersiapkan usaha atau bisnis yang akan Anda lakukan. Bahkan faktor-faktor diatas juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis offline Anda. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.