Skip to main content

2 Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog di Wordpress

2 Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog di Wordpress
2 Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog di Wordpress - Sama halnya dengan mengganti tema atau template blog untuk Blogspot yang telah kami jelaskan sebelumnya, memasang atau mengganti tema blog di Wordpress juga sama mudahnya untuk merubah tampilan blog kedua platform ini. Begitu juga dengan proses yang dilakukan, ada 2 cara yang digunakan untuk memasang atau mengganti tema kedua blog tersebut dan kedua cara tersebut sama-sama mudahnya untuk dilakukan.

2 Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog di Wordpress
Namun, meski banyak yang mengatakan mengganti tema atau template lebih mudah dilakukan pada Wordpress, tidak begitu dengan pengeditan yang dilakukan. Jika Anda ingin merubah tampilan dari tema yang digunakan blog di Wordpress, maka Anda harus butuh sedikit pengetahuan dasar tentang cara-cara pengeditan tema untuk Wordpress. Begitu juga dengan setiap tata letak dari masing-masing kode yang ada pada tema yang digunakan, mulai dari kode Header sampai Footer memiliki kode yang berdiri sendiri namun tetap ada yang berhubungan.

Berbeda dengan Blogspot, jika Anda melakukan pengeditan tema atau template blog di Blogspot, mungkin Anda lebih mudah melakukannya karena semua kode mulai dari Header hingga Footer berada dalam satu halaman dinamis yang mudah di edit dalam satu halaman tersebut. Selain itu, jika di Blogspot Anda 3 cara dalam mengganti tema yang dibutuhkan, maka di Wordpress hanya menggunakan 2 cara kecuali dengan menggunakan cPanel.

Berikut 2 Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog di Wordpress
Sebelum mengganti template atau tema blog di Wordpress, pertama kali yang harus Anda ketahui tentang pembahasan artikel ini adalah blog yang digunakan bukan dari Wordpress.com tapi Wordpress.org dengan domain dan hosting sendiri. Jika blog Anda menggunakan Wordpress.com maka panduan ini tidak bisa diterapkan ke blog Anda namun sebagai pengetahuan tambahan saja.

Ada 2 Cara Mengganti Tema
Dalam memasang atau mengganti tema blog ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu secara otomatis dan manual:
  • Otomatis: Anda bisa mengganti tema dari tema yang telah disediakan oleh Wordpress di halaman dashboard menu Tema.
  • Manual: Anda bisa mengganti tema dengan cara mengupload file tema dengan ekstensi .zip dan mengekstraknya secara otomatis saat proses pemasangan.
Cara Mengganti Tema/Template Secara Otomatis
Untuk mengganti tema blog Wordpress Anda silahkan ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:
  1. Login ke blog wordpress Anda, misalnya digitalpoin.id/wp-admin
  2. Buka halaman dashboard dan pilih menu Tampilan >> Tema seperti gambar berikut ini:

    Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog Wordpress

  3. Jika blog yang Anda buat masih baru, maka akan tampil 3 tema yang siap digunakan. Pilih salah satu tema yang menurut Anda menarik

    Cara Memasang Tema Blog Wordpress

  4. Namun jika daftar 3 tema yang ada tidak ada yang menarik, cari lah tema baru dengan mengklik Tambahkan Baru sehingga akan tampilan halaman baru yang berisi bermacam-macam tema yang lebih menarik, kurang ada 15 tema

    Cara Mengganti Tema Blog Wordpress

  5. Jika masih belum puas mendapatkan tema blog yang diinginkan, gunakan menu Populer, Terbaru, Favorit dan kolom pencarian. Maka Anda akan mendapatkan banyak tema yang ujung-ujungnya bisa membuat bingung karena saking banyaknya pilihan tema yang akan digunakan :) Baik itu yang berbayar atau pun yang gratisan.

    Memasang Dan Mengganti Tema Blog Wordpress

  6. Jika masih belum menemukan tema yang dicari maka Anda bisa melakukan pencarian di Google atau membeli tema blog premium.
Cara Mengganti Tema/Template Secara Manual
Berbeda dengan cara yang pertama, untuk yang manual ini Anda harus menyediakan sebuah file tema dengan ekstensi .zip yang bisa didapatkan dengan cara membeli atau mendownloadnya diluaran. Jika file tema dengan ekstensi .zip sudah tersedia, silahkan lakukan caranya untuk mengganti tema blog berikut ini:
  1. Login ke blog wordpress Anda, misalnya digitalpoin.id/wp-admin
  2. Buka halaman dashboard dan pilih menu Tampilan >> Tema seperti gambar berikut ini:
  3. Lalu klik tombol Tambahkan Baru

    Mengganti Tema Blog Wordpress

  4. Klik Unggah Tema

    Memasang Tema Blog Wordpress

  5. Pilih File tema yang telah tersedia atau tersimpan di file komputer/laptop Anda atau Upload file tema Anda.

    Tema Blog Wordpress

  6. Jika file tema sudah terpilih, klik tombol Pasang Sekarang dan tunggu sampai proses Upload 100%, perhatikan pojok kiri bawah layar komputer Anda

    Blog Wordpress

    Tema Wordpress

  7. Jika tema berhasil di ekstrak maka akan ada pemberitahuan berhasil tidaknya tema di unggah. Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut:

    Wordpress

  8. Jika tema tidak bisa diunggah maka besar kemungkinan tema rusak atau saat proses upload koneksi internet bermasalah. Ulangi proses Upload, jika masih bermasalah berarti file tema rusak.
  9. Tema blog yang sudah berhasil di Unggah, bisa langsung diaktifkan dengan mengklik Aktifkan atau bisa juga mengaktifkan tema di halaman menu Tema

    Cara Memasang Dan Mengganti Tema Blog Wordpress

    Mengganti Tema Blog Wordpress

  10. Perhatikan juga, jika tema berhasil di Unggah maka ada penambahan jumlah tema, yang awalnya ada 3 dan kini ada 4 tema.
Sangat mudah sebenarnya untuk memasang dan mengganti tema blog di Wordpress karena semuanya sudah ada perintah-perintah yang mudah diikuti juga. Oiya, gara mudah dalam mengikuti panduan ini, alangkah baik untuk mengganti bahasa tampilan dashboard menggunakan bahasa Indonesia dan penjelasannya sudah kami sampaikan dalam artikel sebelumnya yaitu Cara Setting Wordpress
Newest Post
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.