Skip to main content
Menu

Cara Jitu Agar Minum Kopi Tidak Mual

Cara Jitu Agar Minum Kopi Tidak Mual

Nah bagi Anda yang tidak bisa merasakan nikmatnya kopi, ada cara jitu agar minum kopi tidak mual dan Anda tetap bisa menikmati secangkir kopi

Baca Juga

Ah, kopi lagi! Sampai sore ini saya sudah minum 2 cangkir kopi dengan aroma yang menggoda, rasa yang nikmat, dan efeknya yang membuat saya melek dan bersemangat. Tapi, nikmatnya kopi terkadang bikin beberapa orang merasa terganggu dengan perasaan mual, sakit perut, atau bahkan pusing.

Cara Jitu Agar Minum Kopi Tidak Mual

Nah bagi Anda yang tidak bisa merasakan nikmatnya kopi, ada cara jitu agar minum kopi tidak mual dan Anda tetap bisa menikmati secangkir kopi dengan nyaman dan nikmat.

Pertama, yang perlu diperhatikan sebelum minum kopiadalah apakah ada riwayat sakit lambung sebelumnya atau tidak. Jika punya riwayat sakit lambung, bukan tidak mungkin untuk minum kopi tapi ada aturannya.

Kopi itu sebenarnya bersifat asam, jadi kafein dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung meningkat, akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman yaitu mual, perut perut dan bahkan sampai muntah.

Cara Jitu Agar Minum Kopi Tidak Mual

Jika kondisinya seperti itu dan Anda ingin tetap minum kopi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Namun jangan pernah coba-coba jika sakit lambung Anda sudah kronis atau mengakibatkan sakit yang lebih parah saat minum kopi.

Semua kondisi tentang penyakit Anda yang ada dalam tubuh Anda, hanya lah Anda yang mengetahui. Kami tidak menganjurkan untuk menuruti atau mencoba segala tips yang ada didalam artikel blog ini, baik itu secara keseluruhan atau sebagian.

Berikut beberapa tips agar minum kopi tidak mual :

1. Perhatikan Waktu Minum Kopi

Hindari minum kopi saat perut kosong karena saat perut kosong dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan iritasi pada pencernaan. Sebaiknya minum kopi setelah makan atau bersamaan dengan camilan.

Selain itu tentukan waktu yang tepat saat minum kopi. Minum kopi saat akan tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Jika tidur terganggu dapat menimbulkan kecemasan dan akan meningkatkan asam lambung.

2. Pilih Jenis Kopi yang Tepat

Banyak yang mengatakan, beberapa jenis kopi dapat menurunkan atau mengurangi rasa mual. Berikut beberapa jenis kopi dengan kandungan kafein tinggi dan bahkan tanpa kafein:

  • Kopi robusta : Memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dan dapat menyebabkan rasa mual pada beberapa orang.
  • Kopi arabika : Memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dan biasanya lebih ramah untuk pencernaan.
  • Kopi decafein : Kopi tanpa kafein yang aman untuk orang yang sensitif terhadap kafein.
  • Kopi cold brew : Proses pembuatan yang lebih lama menghasilkan kopi dengan tingkat keasaman yang lebih rendah dan lebih ramah untuk pencernaan.

3. Perhatikan Cara Penyeduhan Kopi

Rasa dan aroma kopi yang dimasak dengan menggunakan air mendidih dan setengah masak memiliki rasa yang berbeda. Bahkan nikmat kopi juga akan terasa kurang jika tidak diseduh dengan benar.

  • Gunakan air bersih : Air yang kotor dapat memberikan rasa pahit dan mengganggu pencernaan.
  • Gunakan bubuk kopi yang segar : Bubuk kopi yang sudah lama dapat menghasilkan kopi yang pahit dan asam.
  • Gunakan takaran kopi yang sesuai : Terlalu banyak kopi dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan mual.
  • Hindari menambahkan gula berlebihan : Gula berlebihan dapat memperburuk gejala mual dan kembung. Karena manis yang berlebihan jika dicampur dengan rasa pahit akan menimbulkan rasa mual.

4. Tambahkan Bahan Pendamping

Menambahkan bahan pendamping kedalam minuman kopi bisa menurunkan kadar kafein dalam kopi tersebut sehingga membuat pencernaan terasa lebih nyaman dan tidak menimbulkan mules. Berikut beberapa bahan pendamping yang bisa ditambahkan kedalam minuman kopi:

  • Susu : Susu dapat membantu menetralisir asam lambung dan mengurangi rasa mual.
  • Madu : Madu dapat memberikan rasa manis alami dan membantu meredakan mual.
  • Jahe : Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan mual dan sakit perut.
  • Rempah-rempah : Rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga dapat membantu menenangkan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, yang paling tahu tentang kondisi perut Anda dalah Anda sendiri yang merasakan. Jika Anda memiliki riwayat sakit perut seperti asam lambung, gerd atau dispepsia, pencegahan pertama yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan.

  • Makan makanan yang sehat dan seimbang : Makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko mual dan sakit perut.
  • Minum air putih yang cukup : Air putih membantu melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi.
  • Kelola stres : Stres dapat memperburuk gejala mual dan sakit perut. Lakukan aktivitas yang dapat membantu mengelola stres, seperti jalan-jalan santai, bernyanyi, meditasi atau yoga.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda sering mengalami mual, sakit perut, atau gejala lain setelah minum kopi, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya agar mendapatkan solusi dan saran advis yang tepat.

Begitu juga jika Anda ingin minum kopi, konsultasikan dengan baik ke dokter agar mendapatkan saran dan advis yang tepat sesuai dengan anjuranyang diberikan oleh dokter.

Dengan mengikuti cara diatas, setidaknya ada pertimbangan dari Anda sendiri apakah tetap minum kopi atau tidak. Jangan memaksakan sesuatu jika kondisi tubuh Anda tidak kuat atau tidak bisa menerima dengan baik. Lebih baik tetap sehat tanpa sakit yang disebabkan oleh diri sendiri.