Skip to main content
Menu

Kapan Mulai Puasa Ramadhan 2024?

Kapan Mulai Puasa Ramadhan 2024?

Sebentar lagi puasa Ramadhan 2024 atau 1 Ramadhan 1445 H akan tiba, kapan puasa tahun akan dimulai? Jatuh pada bulan dan tanggal berapa?

Baca Juga

Sebentar lagi puasa Ramadhan 2024 atau 1 Ramadhan 1445 H akan tiba, kapan puasa tahun akan dimulai? Jatuh pada bulan dan tanggal berapa? Jika dihitung secara kalender, semua orang mungkin sudah bisa menentukan sendiri dimulainya puasa pada tahun ini.

Kapan Mulai Puasa Ramadhan 2024

Namun untuk menentukan kapan mulai puasa Ramadhan, tidak serta merta semua orang memulai dan melakukannya sendiri meskipu mereka sudah bisa menentukan sendiri dengan melakukan penghitungan dari tahun sebelumnya.

Dalam Islam, untuk menentukan dimulainya puasa Ramadan itu ada ketentuan khusus yang harus dilakukan. Dan sebagaimana diketahui, di Indonesia ada 3 versi yang menentukan dimulainya puasa dibulan suci ini yaitu versi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.

Dalam menentukan awal puasa Ramadhan dilakukan sidang isbat yaitu dengan menggelar pemantauan Hilal (rukyatulhilal) yang dilakukan oleh Pemerintah dan NU. Sedangkan Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki dan hasilnya termaktub dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kapan Mulai Puasa Ramadhan 2024?

Berdasarkan penetapan Muhammadiyah, 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024 yang tertulis dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.1/MLM/1.0/E/2024.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan pada tanggal 29 Sya'ban 1445 H yang bertepatan dengan hari Minggu, 10 Maret 2024.

Hasil sidang isbat dari Pemerintah ini sama dengan yang dilakukan oleh NU dan akan diumumkan pada malam harinya, dan biasanya penetapan ini berbeda dengan Muhammadiyah.

Jadi, ada kemungkinan awal puasa Ramadhan tahun ini akan berbeda antara Muhammadiyah dan pemerintah. Saat artikel ini dibuat sekarang ini tanggal 5 Maret 2024, berarti tinggal beberapa hari lagi menjelang Ramadhan.

Semoga kita semua dapat menyambut bulan suci ini dengan penuh kesiapan dan semangat. Dan untuk menyambut bulan suci ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  • Memperbanyak ibadah sunnah, seperti membaca Al-Qur'an agar nantinya terbiasa dilakukan saat menjalankan ibadah puasa.
  • Membaca buku-buku tentang Ramadhan agar menjadi rutinitas saat puasa nanti dan tidak melulu lihat sosial media.
  • Menyiapkan menu makanan agar bisa menentukan kreasi menu makanan yang berbeda.
  • Bersedekah kepada fakir miskin agar menjadi ibadah rutin dan membiasakan peduli terhadap sesama.
  • Menjalin silaturahmi dengan keluarga dan tetangga agar semakin tercipta hububungan yang harmonis dan saling tolong menolong.

Mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan jadikan momen ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta menjalin hubungan yang baik antar sesama, keluarga, tetangga dan orang lain.

Banyak dan hampir semua umat muslim yang ada di dunia ini menyambut dengan penuh suka cita kedatangan bulan penuh ramat, penuh ampunan dan penuh dengan pahala ini.

Janganlah kita menjadikan kedatangan bulan suci ini sebagai beban karena akan menjalankan ibadah puasa 1 bulan penuh. Dengan adanya puasa 1 bulan penuh ini menjadikan kita sebagai individu yang lbih bersabar lagi dalam meningkatkan iman dan taqwa.

Bahkan kita harus memaksakan diri kita untuk benar-benar meningkatkan keimnan dan ketaqwaan kita di bulan puasa ini dengan cara meningkatkan ibadah dan perbuatan-perbuatan baik lainnya.

Termasuk belajar menahan diri dari segara hal-hal yang tidak baik dengan kebiasaan-kebiasaan yang pernah dan biasa dilakukan sebelum puasa. Meninggalkan perbuataan-perbuatan yang tidak perlu agar ibadah puasa kita berjalan penuh dengan nikmat dan berkah.

Semoga dengan kedatangan bulan penuh rahmat dan ampunan ini, kita benar-benar mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya. Marhaban ya Ramadhan.

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: