Skip to main content
Menu

Penyedia Gambar Untuk Artikel Blog yang Bebas Hak Cipta dan Bebas Digunakan

Penyedia Gambar Untuk Artikel Blog yang Bebas Hak Cipta dan Bebas Digunakan

Dua hal yang menjadi kendala awal adalah bagaimana cara membuat artikel blog dan dimana mendapatkan penyedia gambar untuk artikel blog

Buat teman-teman yang baru atau sedang memulai membuat blog, dua hal yang menjadi kendala awal adalah bagaimana cara membuat artikel blog dan dimana mendapatkan penyedia gambar untuk artikel blog.

Dua hal ini harus benar-benar disiapkan agar proses mengembangkan blog dengan mengisi berbagai konten atau artikel bisa berjalan dengan lancar.

Penyedia Gambar Untuk Artikel Blog yang Bebas Hak Cipta dan Bebas Digunakan

Nah, jika pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara membuat artikel blog, diartikel ini akan dibahas dimana mendapatkan gambar untuk artikel blog.

Artikel blog yang menarik adalah artikel yang tulisannya mudah dibaca, dengan menggunakan huruf yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain itu, isi artikel mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Agar artikel yang sudah dibuat lebih menarik lagi dan enak untuk dibaca, maka harus disertakan gambar yang sesuai dengan isi artikel tersebut. Dari sini masalah itu muncul...

Dimana cara mendapatkan gambar untuk artikel yang sesuai?

Baca Juga: Download File Envato Gratis!

Syarat Penting Sebelum Menggunakan Gambar Artikel

Sebelum mencari dan menggunakan gambar yang sesuai dengan isi artikel, ada beberapa syarat penting yang harus diperhatikan agar antara artikel, gambar dan komponen lainnya seimbang menjadi konten yang menarik.

Berikut beberapa syarat penting sebelum menggunakan gambar untuk artikel yaitu :

  1. Relevansi dengan Konten

    Gambar yang dipilih haruslah relevan dengan konten artikel. Pilih gambar yang dapat memberikan ilustrasi visual tentang topik yang sedang dibahas.

    Ini tidak hanya membuat artikel lebih menarik, tetapi juga membantu pembaca untuk lebih memahami konten secara visual.

  2. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

    Kualitas gambar sangat berpengaruh terhadap kesan visual dan profesionalitas artikel. Hindari gambar yang buram atau pecah, dan pastikan resolusinya mencukupi.

    Dengan gambar berkualitas tinggi, pembaca akan lebih tertarik untuk terus membaca artikel Anda.

  3. Hindari Pelanggaran Hak Cipta

    Pastikan gambar yang digunakan tidak melanggar hak cipta. Sebaiknya gunakan gambar yang bebas royalti, atau dapat menggunakan situs-situs penyedia gambar gratis yang legal.

    Melanggar hak cipta dapat menimbulkan masalah hukum dan merugikan reputasi blog Anda.

  4. Sesuai dengan Branding

    Jika Anda memiliki blog atau situs web dengan branding tertentu, pilih gambar yang sesuai dengan identitas merek Anda. Hal ini membantu membangun citra konsisten dan meningkatkan daya ingat pembaca terhadap blog Anda.

  5. Optimalkan untuk SEO

    Agar artikel Anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari, pastikan gambar yang Anda pilih dioptimalkan untuk SEO. Beri nama file gambar yang deskriptif, tambahkan tag alt yang relevan, dan sesuaikan ukuran gambar agar mempercepat waktu muat halaman.

Baca Juga: Cara Optimasi Gambar Artikel SEO Friendly

Dalam mengembangkan artikel blog, penggunaan gambar yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik konten.

Dengan memilih gambar yang relevan, berkualitas tinggi, bebas pelanggaran hak cipta, konsisten dengan branding, dan dioptimalkan untuk SEO, Anda dapat memberikan pengalaman membaca yang lebih baik bagi pembaca Anda.

Jangan lupa bahwa gambar dapat menjadi alat kuat untuk menyampaikan pesan dan meningkatkan daya tarik visual artikel Anda secara keseluruhan.

Dengan menjaga keseimbangan antara teks dan gambar, Anda dapat menciptakan artikel blog yang lebih berkesan dan memikat.

Penyedia Gambar Artikel Bebas Hak Cipta

Terdapat beberapa situs web yang menyediakan gambar-gambar dengan lisensi bebas hak cipta atau dapat digunakan secara gratis. Berikut adalah beberapa penyedia gambar yang bisa Anda jadikan sumber gambar untuk artikel blog Anda:

  1. Unsplash - https://unsplash.com

    Unsplash menyediakan gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara bebas, bahkan untuk keperluan komersial. Mereka memiliki beragam kategori gambar yang mencakup banyak topik.

  2. Pexels - https://www.pexels.com

    Pexels menawarkan ribuan gambar dan video yang bebas hak cipta. Anda dapat menggunakannya secara gratis tanpa perlu memberikan atribusi kepada fotografernya, meskipun memberikan kredit tetap dihargai.

  3. Pixabay - https://pixabay.com

    Pixabay adalah situs penyedia gambar, vektor, dan video yang sepenuhnya bebas hak cipta. Anda dapat mengunduh dan menggunakan kontennya tanpa perlu memberikan atribusi.

  4. Freepik - https://freepik.com

    Freepik menawarkan gambar vektor dan foto berkualitas tinggi. Meskipun ada pilihan gratis, beberapa konten mungkin memerlukan atribusi, terutama jika digunakan untuk keperluan komersial.

  5. Gratisography - https://gratisography.com

    Jika Anda mencari gambar yang lebih unik dan kreatif, Gratisography dapat menjadi pilihan. Fotografernya, Ryan McGuire, menyediakan gambar-gambar yang tidak biasa dan memikat.

  6. SplitShire - https://www.splitshire.com

    SplitShire adalah situs yang menyediakan gambar berkualitas tinggi dengan beragam kategori. Fotografernya, Daniel Nanescu, membagikan koleksinya secara gratis untuk digunakan.

  7. Burst by Shopify - https://www.shopify.com/stock-photos

    Burst menyediakan gambar yang dibuat khusus untuk keperluan bisnis dan e-commerce. Semua gambar di Burst dapat digunakan secara gratis tanpa perlu memberikan atribusi.

Sebelum mengunduh dan menggunakan gambar, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan penggunaan di setiap website penyedia gambar gratis tersebut.

Meskipun banyak gambar dapat digunakan tanpa memberikan atribusi, memberikan kredit kepada fotografer atau penyedia gambar adalah tindakan yang baik dan dapat mendukung komunitas kreatif.

Pertanyaan:

Jika gambar bebas hak cipta atau bebas digunakan, apakah perlu menampilkan link kredit dari gambar tersebut?

Jadi teman-teman, harus tetap memperhatikan lisensi dari penggunaan gambar tersebut. Apakah 100% bisa digunakan secara bebas atau harus menyertakan info penyedia gambar tersebut.

Ketika Anda menggunakan gambar yang memiliki lisensi bebas hak cipta atau dapat digunakan secara gratis, ada perbedaan dalam persyaratan penggunaan antara satu penyedia gambar dengan penyedia gambar lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan penggunaan pada setiap situs atau sumber gambar yang Anda pilih.

Beberapa website penyedia gambar gratis, seperti Unsplash dan Pixabay, memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar tanpa perlu memberikan atribusi atau link kredit kepada pembuat gambar. Artinya, Anda dapat menggunakannya secara bebas, bahkan untuk keperluan komersial, tanpa harus menampilkan link kredit.

Namun, ada juga situs yang mungkin meminta atribusi atau tautan kredit saat Anda menggunakan gambar mereka. Dalam hal ini, sebaiknya Anda mematuhi persyaratan tersebut. Atribusi biasanya berupa menyertakan link kredit ke sumber gambar atau menyebutkan nama pembuat gambar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membaca dan mengikuti panduan yang diberikan oleh penyedia gambar untuk memastikan penggunaan yang sah dan sesuai dengan syarat-syarat yang berlaku.

Dengan begitu, Anda dapat menghindari potensi masalah hukum dan memberikan penghargaan kepada para fotografer atau seniman yang berkontribusi dengan menyertakan atribusi ketika diperlukan.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: