Skip to main content
Menu

Transformasi Pasar Real Estate Ketika Pandemi Melanda

Transformasi Pasar Real Estate Ketika Pandemi Melanda

Sebenarnya tidak hanya pasar real estate saja yang terpengaruh ketika Covid-19 melanda, tapi semua aspek kehidupan juga terdampak

Baca Juga

Sebenarnya tidak hanya pasar real estate saja yang terpengaruh ketika Covid-19 melanda, tapi semua aspek kehidupan juga terdampak. Mulai dari bersosialisasi, cara kita bekerja, memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dan bahkan dalam mencari dan membeli rumah juga terdampak.

Transformasi Pasar Real Estate Ketika Pandemi Melanda

Pada waktu masa pandemi, kita semua terbatas pada waktu, ruang dan bahkan tempat. Bahkan dimasa-masa itu, salah satu yang diharapkan adalah mendapatkan tempat yang aman dan nyaman dari penyebaran virus covid ini. Baik itu ditempat kerja dan memiliki rumah sendiri agar meminimalisir tertularnya virus ini.

Karena dampak yang begitu luas, ada beberapa pertimbangan dalam melakukan ativitas kehidupan sehari-hari selama pandemi melanda. Nah salah satunya adalah dalam membeli rumah, meskipun pada waktu itu daya beli rumah mengalami kenaikan, namun ada beberapa hal yang bisa diambil dari masalah waktu itu untuk saat ini.

Transformasi Pasar Real Estate Ketika Pandemi Melanda

Untuk memberikan gambaran dan beberapa tips membeli rumah atau mengahadpi hal yang sama dikemudian hari yang berhubungan dengan transformasi pasar real estate karena terdampak pandemi, dibawah ini ada beberapa ulasan tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian rumah.

1. Pandemi COVID-19 dan Pasar Real Estat

Waktu terjadinya pandemi, pasar real estat telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Beberapa dampak utama yang terjadi adalah:

  1. Daya Beli Rumah yang Meningkak: Banyak orang yang mencari rumah bahkan apartemen untuk dirinya sendir atau keluarganya. Hal ini terjadi karena mereka menghindari wabah ini agar tetap bisa bekerja dan belajar dari rumah.
  2. Ruang Kerja Meningkat: Selain permintaan rumah yang meningkat, beberapa bagian ruang kantor juga mengalami perubahan. Terdapat perubahan letak dan penambahan ruangan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi interaksi dan mencegah penyebaran virus.
  3. Perubahan Lokasi: Pembeli tidak lagi harus tinggal di dekat tempat kerja, karena banyak orang sekarang dapat bekerja dari jarak jauh. Ini memungkinkan pemilih untuk lebih bebas memilih lokasi hunian mereka.
  4. Permintaan Rumah Dengan Fitur Tambahan: Permintaan terhadap kolam renang pribadi, ruang kerja, dan taman meningkat tajam namun tetap sendirian atau bersama keluarga.

2. Bekerja dari Rumah Mengubah Prioritas Properti

Dengan bekerja dari rumah banyak orang telah memprioritaskan perubahan fitur-fitur tertentu dalam dalam mengatur tata letak rumah mereka yaitu:

  1. Ruangan Kerja: Ruang kerja yang nyaman dengan pencahayaan yang baik dan sambungan internet yang kuat menjadi penting. Koneksi Internet yang Kuat: Kecepatan internet yang cepat adalah suatu keharusan untuk menghindari gangguan dalam pekerjaan atau sekolah dari rumah.
  2. Ruangan Outdoor: Taman, teras, atau balkon yang luas menjadi penting untuk mendapatkan segar dan bersantai.
  3. Fasilitas Komunitas: Beberapa pembeli mencari fasilitas seperti pusat kebugaran atau kolam renang komunitas.

3. Kapan Anda Akan Mempertimbangkan untuk Membeli Rumah

Keputusan untuk membeli rumah adalah hal yang sangat penting waktu itu, bahkan untuk yang akan datang. Keputusan ini tentu dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk situasi keuangan, kehidupan pribadi, dan perkembangan ekonomi.

Beberapa pertimbangan yang digunakan pada masa pandemi dalam membeli rumah yaitu:

  1. Stabilitas Keuangan: Pastikan Anda memiliki stabilitas keuangan yang cukup untuk menangani pembayaran hipotek dan biaya hidup lainnya.
  2. Rencana Jangka Panjang: Pertimbangkan rencana jangka panjang Anda. Apakah Anda berencana untuk tinggal di wilayah tersebut dalam waktu yang lama?
  3. Kondisi Pasar: Amati kondisi pasar real estaet lokal dan nasional. Harga rumah dan tingkat suku bunga dapat memengaruhi dalam mengambil keputusan Anda.
  4. Tujuan Keuangan: Pertimbangkan apakah Anda membeli rumah sebagai investasi atau tempat tinggal.

4. Perimbangan Dalam Pembelian Rumah

Banyak orang telah memulai proses pencarian rumah baru selama pandemi, namun ada beberapa pertimbangan yang perlu diambil keputusan yang tepat yaitu:

  1. Memindahkan Tempat Tinggal: Pindah ke tempat yang lebih besar, lebih tenang, atau lebih dekat dengan keluarga.
  2. Investasi: Membeli properti sebagai investasi masa depan, mungkin sebagai sumber pendapatan sewaan.
  3. Kebutuhan yang Berkembang: Pekerjaan dari rumah dan perubahan kebutuhan keluarga dapat menjadi alasan untuk mencari rumah yang lebih sesuai.

5. Pembelian Rumah Baru

Bagi yang baru saja membeli rumah selama pandemi, ada beberapa pertimbangan penting yang harus dilakukan yaitu:

  1. Jaminan Keamanan: Pastikan rumah Anda aman dan sesuai dengan standar kebersihan dan sanitasi.
  2. Kesiapan untuk Bekerja dari Rumah: Siapkan ruang kerja yang nyaman jika Anda akan terus bekerja dari rumah.
  3. Asuransi dan Pemeliharaan: Pastikan Anda memiliki asuransi yang memadai dan merencanakan pemeliharaan properti Anda.

6. Penyesuaian Harga Properti

Meskipun waktu itu pandemi sedang melanda, sebenarnya untuk harga properti ada yang mengalami kenaikan dan juga mengalami penurunan. Ini tergantung dari wilayah terdampak dan tipe properti yang dikembangkan.

Namun yang menjadi masalah utama dalam kasus ini adalah merubah kebijakan dalam menentukan harga jual properti atau perumahan.

7. Peran Teknologi dalam Pemasaran

Mau tidak mau transformasi pasar real estate ini harus memanfaatkan tekonologi dalam pemasaran mereka agar perkembangan bisnis mereka tetap bertahan dan meningkat. Beberapa sumber daya teknologi yang paling digunakan adalah internet dengan beberapa media promosi.

Media-media promosi ini memanfatkan pemasaran situs dan akun sosial media dalam format video promosi, email marketing, TikTok marketing, Instagram, website dan yang lainnya mampu memberikan peluang yang lebih baik untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan pembelian.

8. Kalkulator Hipotek

Sangat penting untuk menggunakan kalkulator hipotek untuk memudahkan dalam menghitung segala sesuatu yang berhubungan dengan perumaha,. Kalkulator ini tidak hanya digunakan oleh pengembang tapi calon pembeli rumah juga bisa menggunakan kalkulator hipotek ini.

Kalkulator ini secara khusus dibuat untuk menghitung estimasi pembayaran bulanan yang diperlukan untuk melunasi pinjaman hipotek atau kredit pemilikan rumah (KPR).

Kalkulator hipotek membantu individu atau calon pembeli rumah untuk memperkirakan berapa banyak uang yang harus mereka bayar setiap bulan untuk membayar pinjaman hipotek mereka berdasarkan sejumlah faktor, termasuk jumlah pinjaman, suku bunga, dan jangka waktu pinjaman.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan kalkulator hipotek ini antara lain:

  1. Jumlah Pinjaman: Ini adalah jumlah uang yang Anda ingin meminjam dari bank atau lembaga keuangan untuk membeli rumah yang bisa disesuaikan dengan pendapatan Anda.
  2. Suku Bunga: Ini adalah tingkat bunga yang dikenakan pada pinjaman hipotek Anda. Suku bunga dapat bervariasi tergantung pada kondisi pasar dan jenis hipotek yang Anda pilih.
  3. Jangka Waktu Pinjaman: Ini adalah periode waktu dalam tahun berapa Anda berencana untuk melunasi pinjaman hipotek Anda. Umumnya, jangka waktu pinjaman hipotek bisa 15 tahun, 20 tahun, 30 tahun, atau lebih.

Setelah Anda memasukkan informasi ini, kalkulator hipotek akan menghasilkan perkiraan jumlah pembayaran bulanan yang Anda harus bayarkan selama jangka waktu pinjaman. Selain itu, kalkulator hipotek juga dapat memberikan informasi tambahan, seperti perkiraan biaya penutupan, pajak properti, dan total biaya pinjaman.

Jika Anda ingin mengetahui skema pembelian, pembayaran atau jumlah pinjaman serta suku bunga, silahkan akses Kalkulator Hipotek online melalui website Mortgage Calculator atau melalui link https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/

Menggunakan kalkulator hipotek asangat berguna dalam proses perencanaan keuangan Anda ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli rumah. Ini membantu Anda memahami seberapa terjangkau rumah yang Anda incar dan memberikan gambaran tentang berapa banyak uang yang harus Anda alokasikan untuk pembayaran bulanan Anda.

Namun, tetap diingat semua hasil perhitungan yang diberikan oleh kalkulator ini hanyalah perkiraan, dan pembayaran aktual Anda dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk biaya asuransi hipotek dan pajak properti.

Pandemi COVID-19 telah merubah cara kita melihat properti dan mempengaruhi pasar real estate. Kebijakan kerja dari rumah telah membuka peluang baru untuk pemilihan rumah yang lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan individu dan keluarga.

Keputusan untuk membeli rumah tetaplah keputusan besar yang dipengaruhi oleh banyak faktor pribadi dan ekonomi. Termasuk melakukan perhitungan dalam menggunakan biaya pembelian dengan menggunakan alat bantu berupa kalkulator hipotek yang dalam membantu pengeluaran Anda.